Cara Membuat Susu Formula yang Benar untuk Mendukung Pertumbuhan Si Kecil

Cara Membuat Susu Formula yang Benar untuk Mendukung Pertumbuhan Si Kecil

Bayi usia 0-12 bulan membutuhkan asupan gizi lengkap untuk membantunya bertumbuh dengan optimal. Salah satu sumber gizinya bisa berasal dari susu formula atau sesuai dengan ajuran tenaga kesehatan. Namun orang tua harus paham betul cara membuat susu formula yang benar sehingga kandungan nutrisi dalam susu bisa mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Mari cari tahu seperti apa cara tepat menyajikan susu formula untuk anak.

Cara Membuat Susu Formula yang Benar

Penyajian susu formula bagi bayi memang harus diperhatikan. Tidak asal-asalan, proses pembuatan susu harus memenuhi aturan yang tepat demi kebaikan dan kesehatan si kecil. Berikut adalah beberapa cara membuat susu formula yang benar dan disarankan:

1. Membersihkan tempat penyiapan makanan
– Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, kemudian keringkan.
– Rebus air minum sampai mendidih selama 10 menit dalam panci tertutup, kemudian diamkan selama 10-15 menit agar suhunya turun menjadi tidak kurang dari 70 derajat celcius.
– Tuangkan air tersebut ke dalam botol susu yang telah disterilkan.
– Tambahkan bubuk susu sesuai takaran yang dianjurkan pada label dengan menggunakan sendok takar yang tersedia.
– Tutup kembali botol susu dengan baik dan kocok sampai susu larut dengan baik.
– Dinginkan segera dengan merendam bagian bawah botol susu di dalam air bersih dingin sampai suhunya sesuai untuk diminum (dicoba dengan meneteskan susu pada pergelangan tangan, akan terasa agak hangat, tidak panas). Sisa susu yang telah dilarutkan dibuang setelah 1 jam.
– Tutuplah kemasan dengan rapat dan simpan kemasan serta sendok takar dalam keadaan bersih di dalam wadah yang bersih dan tertutup rapat. Simpan di tempat sejuk dan kering dan bukan di lemari es.

Baca Juga:  Bacakan Dongeng untuk Anak Banyak Manfaatnya, Lho!

Tips memilih Susu Formula yang Tepat

Saat ini ada banyak pilihan produk susu formula yang bisa diberikan kepada anak usia 0-12 bulan. Namun, orang tua harus benar-benar cermat dalam memilih produk susu tersebut. Selain mengetahui cara membuat susu formula yang benar maka penting juga untuk memahami tips pemilihan.

Poin paling penting adalah pilih jenis susu formula yang punya kandungan protein lengkap karena ini penting untuk pertumbuhan anak. Selain itu pastikan juga kandungan zat gizinya mudah dicerna dan bisa mendukung daya tahan tubuh. Tak kalah penting zat gizi dalam susu juga harus bisa mendukung perkembangan otak anak secara optimal.

Selain fokus pada cara membuat susu formula yang benar, pastikan juga susu yang akan dikonsumsi mengandung 9 Asam Amino Esensial (9AAE). Ini merupakan zat gizi penting yang terdiri dari histidin, leusin, isoleusin, lisin, metionin, fenilalanin, triptofan, valin, dan treonin. 9AAE ini ini akan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal, memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan metabolisme.

9 Asam Amino Esensial (9AAE) harus dikonsumsi secara rutin dan setiap hari karena tubuh tidak bisa menggantikan nutrisi ini jika asupannya kurang. Kehadiran 9AAE yang lengkap hanya bisa didapatkan dari sumber protein tinggi, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih.

Pastikan juga susu formula mengandung nutrisi DHA yang tinggi untuk si Kecil, ya Bu. DHA adalah asam lemak yang termasuk dalam kelompok omega-3 yang merupakan nutrisi utama untuk membantu fungsi otak. Nah, DHA berperan penting untuk mengoptimalkan kecerdasan otak dan kesehatan retina mata si Kecil.

Pilih Frisian Flag PRIMAMUM

Produk susu ini memiliki kandungan protein lengkap. Sangat bagus memenuhi kebutuhan gizi ibu dan janin sehingga pertumbuhannya berjalan lancar. Kecukupan gizi di masa kehamilan ini juga sangat dibutuhkan bagi ibu setelah masuk masa menyusui. Bagaimanapun juga ASI tetap yang terbaik bagi sang buah hati.

Baca Juga:  Resep Bubur Havermut Manis

Produk susu ini mengandung zat besi yang tinggi, zinc, dan menjadi sumber serat pangan inulin yang akan mendukung daya tahan tubuh ibu maupun janin. Selain itu terdapat kandungan kalsium dan vitamin C yang bagus untuk pertumbuhan si kecil. Terdapat kandungan 190 kalori dan 9 gram protein dalam satu sajian. Hadir dalam rasa cokelat yang lezat, sehingga tidak memicu mual dan enek saat Bunda mengonsumsinya.

Setelah melakukan cara membuat susu formula yang benar, maka orang tua bisa memenuhi kewajibannya dalam melengkapi kebutuhan gizi si kecil. Diharapkan pemberian susu formula yang tepat ini bisa membantu anak tumbuh sehat dan optimal. Apalagi jika didukung pemilihan produk susu yang tepat dan bergizi lengkap.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Selain mengetahui cara membuat susu formula yang benar, konsultasi dengan ahli gizi juga sangat penting. Ahli gizi dapat memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kebutuhan gizi anak dan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi si kecil. Jika Anda memiliki pertanyaan atau kebingungan terkait nutrisi anak, jangan ragu untuk menghubungi ahli gizi terpercaya.

Dapatkan info parenting dan hadiah spesial dari Bunda & Balita

Untuk mendapatkan informasi parenting yang lebih lengkap dan hadiah-hadiah spesial, Anda dapat bergabung dengan komunitas Bunda & Balita. Komunitas ini memberikan informasi seputar parenting, kesehatan anak, dan perkembangan balita secara lengkap. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik yang dapat meningkatkan kebahagiaan Anda dan si kecil.

Dengan mengetahui cara membuat susu formula yang benar dan memilih produk susu yang tepat, Anda dapat memberikan nutrisi yang optimal bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan akurat. Selamat mengasuh si kecil dengan penuh kasih sayang!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com