Bu, Ini 7 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI Si Kecil

Bu, Ini 7 Jenis Ikan yang Bagus untuk MPASI Si Kecil

Jenis ikan yang bagus untuk MPASI adalah yang memiliki kandungan merkuri rendah di dalamnya. Supaya tidak salah pilih, simak selengkapnya di sini ya, Bu!

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) menjadi salah satu tahapan penting dalam tumbuh kembang si Kecil. MPASI merupakan saat dimana si Kecil mulai diperkenalkan dengan makanan padat selain ASI atau susu formula. Salah satu jenis makanan yang penting diperkenalkan dalam MPASI adalah ikan. Ikan memiliki banyak manfaat dan nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Namun, tidak semua jenis ikan cocok untuk MPASI. Beberapa jenis ikan mengandung merkuri yang tinggi, yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan si Kecil jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri rendah untuk MPASI si Kecil.

Berikut ini adalah 7 jenis ikan yang bagus untuk MPASI si Kecil:

1. Ikan Tuna
Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan yang bagus untuk MPASI si Kecil. Ikan tuna mengandung protein yang tinggi dan lemak sehat, serta berbagai nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan kalium. Selain itu, ikan tuna juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak si Kecil. Namun, perlu diingat bahwa ikan tuna juga mengandung merkuri, sehingga sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas.

2. Ikan Salmon
Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang sangat baik untuk MPASI si Kecil. Ikan salmon mengandung protein yang tinggi, lemak sehat, dan asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak si Kecil. Selain itu, ikan salmon juga mengandung vitamin D, kalsium, dan fosfor yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil.

Baca Juga:  10 Rekomendasi Permainan Anak Laki-laki yang Edukatif

3. Ikan Lele
Ikan lele merupakan jenis ikan air tawar yang bagus untuk MPASI si Kecil. Ikan lele mengandung protein yang tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B12. Ikan lele juga mudah dicerna oleh si Kecil, sehingga cocok untuk menjadi makanan pendamping ASI.

4. Ikan Nila
Ikan nila adalah jenis ikan air tawar yang juga bagus untuk MPASI si Kecil. Ikan nila mengandung protein yang tinggi, rendah lemak, dan berbagai nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B12. Ikan nila juga mudah dicerna oleh si Kecil, sehingga cocok untuk menjadi makanan pendamping ASI.

5. Ikan Patin
Ikan patin merupakan jenis ikan air tawar yang juga bagus untuk MPASI si Kecil. Ikan patin mengandung protein yang tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B12. Ikan patin juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak si Kecil.

6. Ikan Teri
Ikan teri merupakan jenis ikan kecil yang juga bagus untuk MPASI si Kecil. Ikan teri mengandung protein yang tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin B12. Ikan teri juga mudah dicerna oleh si Kecil, sehingga cocok untuk menjadi makanan pendamping ASI.

7. Ikan Kembung
Ikan kembung merupakan jenis ikan yang juga bagus untuk MPASI si Kecil. Ikan kembung mengandung protein yang tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting seperti kalsium, fosfor, zat besi, dan vitamin D. Ikan kembung juga mudah dicerna oleh si Kecil, sehingga cocok untuk menjadi makanan pendamping ASI.

Baca Juga:  9 Ide Kegiatan Ayah dan Anak Perempuan untuk Memperkuat Bonding

Dalam memilih dan mengolah ikan untuk MPASI si Kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan ikan yang digunakan masih segar dan berkualitas baik. Pilih ikan segar yang tidak memiliki bau amis atau busuk. Kedua, cuci ikan dengan bersih sebelum diolah. Cuci ikan dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang mungkin ada pada ikan. Ketiga, buang sisik, sirip, dan duri ikan sebelum mengolahnya. Pastikan tidak ada bagian ikan yang bisa menyebabkan si Kecil tersedak. Keempat, masak ikan hingga matang dan lunak. Hindari mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang, karena dapat menyebabkan infeksi bakteri atau parasit.

Dalam memberikan ikan kepada si Kecil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Mereka dapat memberikan panduan dan saran yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi si Kecil. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan reaksi si Kecil setelah mengonsumsi ikan. Jika terjadi reaksi alergi atau gangguan pencernaan, segera hentikan pemberian ikan dan konsultasikan dengan dokter.

Itulah beberapa jenis ikan yang bagus untuk MPASI si Kecil. Pastikan memilih ikan yang memiliki kandungan merkuri rendah dan mengolahnya dengan baik sebelum diberikan kepada si Kecil. Dengan memberikan makanan yang sehat dan bergizi, diharapkan si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com