Biaya Masuk SD di Jakarta Selatan Tahun Ajaran 2024/2025, Mulai dari 7 Juta Rupiah!

Pendaftaran siswa baru untuk sekolah dasar tahun ajaran 2024/2025 sudah dimulai, dan ini sontekan biaya masuk SD di daerah Jakarta Selatan!

Kalau si kecil usianya sudah cukup untuk masuk sekolah dasar, kini saatnya Bunda yang memilih sekolah mana yang ingin dituju. Bagi Bunda yang tinggal di area Jakarta selatan, berikut daftar biaya masuk sekolah dasar di Jakarta Selatan yang bisa jadi acuan.

Tentu selain harga deretan hal lainnya juga perlu pertimbangan. Mulai dari fasilitas, kurikulum yang digunakan, serta kegiatan yang ditawarkan oleh sekolah. Sambil melihat biayanya, pastikan juga Bunda tak lupa perhatikan hal lainnya, ya!

Daftar Biaya Masuk Sekolah Dasar di Jakarta Selatan TA 2024/2025.

Ini dia daftar biaya beberapa sekolah dasar di Jakarta Selatan yang bisa jadi pilihan anak mengenyam bangku sekolah.

1. SD Cikal Lebak Bulus Jakarta Selatan

SD Cikal punya beberapa cabang di penjuru Jakarta dan juga Serpong, Bandung, hingga Surabaya. Untuk Bunda yang berdomisili atau ingin menyekolahkan anak di area Jakarta Selatan, bisa intip SD Cikal Lebak Bulus sebagai pilihan.

Alamat : Jl. Lb. Bulus I No.6, RT.6/RW.4, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Kontak CS Cikal : +62-811-1051-1178 (WhatsApp)

Biaya Masuk SD Cikal Lebak Bulus
Uang Pangkal : Mulai dari 104 Juta
Tuition Fee Perbulan : Mulai dari 6,6 Juta
Tuition Fee Perterm : Mulai dari 19 Juta
*CatatanTuition Fee di Cikal disesuaikan dengan pilihan program yang diambil murid dari ribuan program yang dihadirkan di Cikal bagi setiap anak.

2. SD Kupu-Kupu

Sekolah dasar yang kental dengan suasana hijau dan segar ini akan memulai jadwal penerimaan siswa barunya di bulan November mendatang. Untuk kisaran biaya masuk dan biaya sekolahnya tentu akan ada perbedaan dengan harga di tahun ini, dengan estimasi kenaikan sekitar Rp1 juta rupiah.

Alamat: Jl. Bangka VII Dalam No.14, RT.9/RW.11, Pela Mampang, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan
Telp: (021) 7190431

Baca Juga:  Didik Anak Usia 2 Tahun dengan Cara yang Tepat

Biaya masuk SD Kupu-Kupu
Uang pangkal 2022/2023: Rp49.750.000
Spp bulanan: Rp2.450.000

3. SD Kembang

SD Kembang adalah salah satu sekolah yang tidak menerapkan tes dalam proses pendaftarannya. Anak-anak yang mendaftar hanya akan diobservasi lewat kegiatan mengobrol bersama untuk melihat kematangan dan kesiapan mereka untuk masuk sekolah. Semua itu dikemas dalam bentuk quesioner yang kemudian akan dikonsultasikan ke psikolog.

Alamat: Jl. Kemang II no.1, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12730
Telp: (021) 7199655

Biaya masuk SD Kembang
Uang pangkal 2023/2024: Rp52. 000.000
Biaya kegiatan tahunan: Rp3.5 juta
Uang sekolah:3.9 juta per bulan

4. SD Sumbangsih Duren Bangka

SD Sumbangsih Duren Bangka punya lingkungan sekolah yang asri dan luas sehingga membuat anak-anak merasa nyaman. Semua fasilitas yang dimiliki juga merupakan milik pribadi sehingga sangat menekan biaya operasional dan biaya sekolah jadi lebih terjangkau.

Alamat: Jl. Duren Bangka No.36, RT.9/RW.1, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12670
Telp: 0877-8991-2969

Biaya masuk SD Sumbangsih Duren Bangka
Uang pangkal: Mulai dari 7-10 juta (sudah termasuk seragam, buku, tes, dan lainnya)
Spp bulanan: Rp850 ribu

5. SD Bakti Mulya 400

Mulai 3 Oktober-25 November 2022, gelombang pertama penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran 2023/2024 di SD Bakmu Mulya 400 sudah dimulai. Namun, pastikan anak Bunda sudah berusia 6 tahun pada bulan agustus 2023 nanti, ya. Kalau tidak mencukupi usianya maka tidak bisa mendaftar di sini.

Alamat: Jl. Gedung Pinang No.2, RT.14/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
Telp: (021) 7653629

Biaya masuk SD Bakti Mulya 400
Kelas Program Bilingual:
Uang pangkal gelombang 1: Rp35.8 – Rp40.7 juta
Uang tahunan: Rp5 juta
Uang SPP Juli: Rp2.5 juta
Kelas Program Cambrige:
Uang pangkal gelombang 1: Rp38.5 – Rp44 juta
Uang tahunan: Rp7.5 juta
Uang SPP Juli: Rp3 juta

6. SD Pangudi Luhur Jakarta

Terletak di Gandaria Selatan, nama SD Pangudi Luhur tentu sudah tidak asing di telinga banyak orang tua. Pendidikan di Pangudi Luhur mendidik anak-anak jadi pribadi yang berani, agung, luhur penuh keperkasaan, ketegasan serta kebijaksanaan, dengan memegang teguh prinsip-prinsip kristiani, berdasarkan UUD 1945 dan Pancasila.

Baca Juga:  Review Serial And Just Like That: Sex and The City Versi Masa Kini

Alamat: Jl. H. Nawi Raya No.21, RT.3/RW.2, Gandaria Sel., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, 12420
Telp: (021) 7513693

Biaya masuk SD Pangudi Luhur
Pendaftaran: 150.000
Paket A: Rp24 juta (UPP dan DPP), Rp1,225jt/bln (US dll)
Paket B: Rp22 juta (UPP dan DPP), Rp1,325jt/bln (US dll)
Paket C: Rp20 juta (UPP dan DPP), Rp1,425jt/bln (US dll)
*Paket belum termasuk biaya buku dan seragam

7. SD Highschoope TB Simatupang

Sekolah ini juga bisa jadi pilihan Bunda untuk jenjang pendidikan anak di masa depan. Isi kurikulumnya dirancang berdasarkan standar Internasional, dengan tetap mengacu pada muatan Nasional yang dipersyaratkan. Kegitan sekolahnya juga dikemas untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dan tingkatkan kemampuan akademik dan sosialnya.

Alamat: Jl. TB Simatupang No.8, RW.2, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430
Telp: (021) 75917888

Biaya masuk SD Highscope TB Simatupang
Enrollment fee: Rp78 juta
Uang sekolah: Kelas 1-6: Rp6,95 – Rp7,3 juta per bulan

Kesimpulan

Setelah melihat daftar biaya masuk sekolah dasar di Jakarta Selatan, tentu Bunda bisa mempertimbangkan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Namun, perlu diingat bahwa biaya masuk sekolah bukanlah satu-satunya faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sekolah untuk anak.

Selain biaya masuk, Bunda juga perlu memperhatikan fasilitas yang disediakan oleh sekolah, kurikulum yang digunakan, dan kegiatan yang ditawarkan kepada anak. Semua ini penting untuk memastikan bahwa anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhannya.

Misalnya, sekolah seperti SD Cikal Lebak Bulus menawarkan berbagai program yang dapat dipilih oleh siswa sesuai minat dan bakat mereka. Hal ini dapat membantu anak mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Baca Juga:  Si Kecil Malas Masuk Sekolah, Boleh Diizinkan Bolos Atau Tidak?

Sementara itu, SD Kupu-Kupu menawarkan suasana hijau dan segar yang dapat menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak. Hal ini penting untuk memastikan bahwa anak merasa senang dan termotivasi dalam belajar.

Selain itu, SD Kembang tidak menerapkan tes dalam proses pendaftarannya. Anak-anak hanya akan diobservasi melalui kegiatan mengobrol bersama untuk melihat kematangan dan kesiapan mereka untuk masuk sekolah. Pendekatan ini dapat membantu anak merasa lebih santai dan nyaman dalam proses pendaftaran.

Selanjutnya, SD Sumbangsih Duren Bangka menawarkan lingkungan sekolah yang asri dan luas. Hal ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi anak untuk belajar dengan baik.

SD Bakti Mulya 400 menawarkan program bilingual dan program cambridge yang dapat membantu anak mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Hal ini penting untuk mempersiapkan anak menghadapi tantangan global di masa depan.

SD Pangudi Luhur Jakarta merupakan sekolah yang berbasis nilai-nilai kristiani. Sekolah ini menekankan pentingnya pendidikan karakter dan moral bagi anak. Dengan demikian, anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang berani, agung, luhur, dan penuh keperkasaan.

Terakhir, SD Highscope TB Simatupang menawarkan kurikulum berstandar internasional yang tetap mengacu pada muatan nasional. Sekolah ini juga mengutamakan pengembangan rasa percaya diri anak dan meningkatkan kemampuan akademik serta sosial mereka.

Dari daftar sekolah di atas, Bunda dapat memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi anak. Pastikan untuk mempertimbangkan tidak hanya biaya masuk, tetapi juga faktor-faktor lain seperti fasilitas, kurikulum, dan kegiatan yang ditawarkan oleh sekolah.

Ingatlah bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk masa depan anak. Oleh karena itu, pilihlah sekolah yang dapat memberikan pendidikan berkualitas dan membantu anak mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bunda yang sedang mencari sekolah dasar di Jakarta Selatan. Selamat memilih sekolah dan semoga anak-anak kita dapat meraih kesuksesan dalam pendidikan mereka!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com