7 Asam Amino ini penting untuk tumbuh kembang anak

7 Asam Amino Ini Penting untuk Tumbuh Kembang Anak: Kenali Jenisnya!

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pentingnya asam amino dalam tumbuh kembang anak. Asam amino merupakan senyawa penyusun protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anak-anak. Protein sendiri memiliki peran yang sangat penting dalam membangun dan memperbaiki sel serta jaringan dalam tubuh. Selain itu, protein juga berperan dalam memproduksi enzim, hormon, dan zat-zat lain yang diperlukan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai aktivitasnya.

Asam amino terdapat dalam dua jenis protein, yaitu protein hewani yang berasal dari hewan dan protein nabati yang berasal dari tumbuhan. Keduanya memiliki manfaat yang sama dalam memenuhi kebutuhan gizi balita akan protein yang diperlukan oleh tubuh. Namun, pada artikel ini kita akan lebih fokus membahas asam amino yang terdapat pada protein hewani.

Berikut ini adalah 7 jenis asam amino yang penting untuk tumbuh kembang anak:

1. Triptofan
Triptofan merupakan salah satu asam amino yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Asam amino ini membantu menjaga pola tidur anak, mengendalikan berat badan, serta mengoptimalkan produksi hormon serotonin dalam tubuh. Hormon serotonin berperan sebagai neurotransmitter yang mengantarkan sinyal antar jaringan saraf. Selain itu, hormon ini juga memiliki peran penting dalam proses pembekuan darah, fungsi seksual, pembentukan tulang, dan sistem pencernaan.

2. Lisin
Lisin juga merupakan asam amino yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak. Selain itu, lisin juga membantu mempertahankan keseimbangan nitrogen dalam tubuh, mengoptimalkan penyerapan kalsium, memaksimalkan produksi enzim dan antibodi tubuh, serta membantu pemulihan luka pasca operasi.

3. Metionin
Metionin memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan juga dapat memperlancar sistem pencernaan anak serta menjaga kekuatan otot. Asam amino ini juga membantu menjaga kekuatan dan kesehatan rambut anak agar tidak mudah rontok dan terlihat lebih lembut.

Baca Juga:  Kenali 7 Bentuk Vagina Wanita, Semua Normal dan Tidak Perlu Minder!

4. Valin
Valin merupakan asam amino yang penting untuk memenuhi kebutuhan gizi balita. Selain berperan dalam menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, valin juga membantu perbaikan jaringan yang rusak dan mengoptimalkan metabolisme otot anak.

5. Leusin
Leusin adalah asam amino yang paling umum dijumpai dalam protein. Asam amino ini diperlukan anak untuk mengoptimalkan pertumbuhan tubuhnya serta membantu perbaikan kerusakan kulit, otot, dan tulang.

6. Treonin
Treonin bekerja pada sistem pencernaan tubuh anak, melindungi hati, serta mempertahankan keseimbangan protein di dalam tubuh. Selain itu, treonin juga berperan penting dalam memaksimalkan perkembangan otak anak. Jika otak berkembang dengan maksimal, maka kecerdasannya pun akan meningkat.

7. Fenilalanin
Fenilalanin merupakan asam amino yang berperan dalam produksi pigmen melanin kulit dan hormon. Asam amino ini dapat meningkatkan kekuatan memori, menjaga keseimbangan nafsu makan, serta mengoptimalkan stamina tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan asam amino harian anak, ada beberapa sumber protein hewani yang dapat diberikan, antara lain:

1. Telur
2. Ikan
3. Daging ayam, sapi, kambing, kerbau, dan olahannya seperti sosis, dendeng, dan bakso
4. Makanan laut seperti cumi, kerang, kepiting, udang, dan lainnya
5. Susu

Selain itu, ada juga beberapa sumber protein nabati yang dapat diberikan kepada anak, antara lain:

1. Jamur
2. Kacang-kacangan seperti kedelai, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, almond, edamame, dan lainnya
3. Tempe
4. Tahu
5. Oncom

Kekurangan asam amino dalam tubuh anak dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti fisik tubuh yang kecil, berat badan rendah, rambut rapuh dan tipis, edema atau penumpukan cairan pada ruang di antara sel-sel tubuh, lesi kulit yang kemerahan karena infeksi virus, serta pertumbuhan otot yang tidak normal.

Baca Juga:  Jangan Panik Bu, Ini 6 Penyebab Bayi Sering Kentut

Untuk memastikan kebutuhan asam amino anak terpenuhi, penting bagi orang tua untuk memberikan berbagai jenis sumber protein yang bervariasi setiap hari. Dengan demikian, tumbuh kembang anak dapat optimal dan tubuhnya tetap sehat.

Demikianlah penjelasan mengenai 7 jenis asam amino yang penting untuk tumbuh kembang anak. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda sebagai orang tua dalam memberikan asupan gizi yang seimbang bagi anak-anak. Selalu perhatikan kebutuhan gizi anak agar mereka dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com