Atasi Flu tanpa Obat bagi Ibu Hamil

Atasi Flu tanpa Obat bagi Bunda Hamil

Flu merupakan penyakit yang sering menyerang siapa saja, termasuk ibu hamil. Namun, ibu hamil perlu berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan untuk mengatasi flu. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan tentang cara mengatasi flu tanpa obat bagi ibu hamil.

Pada masa kehamilan, sistem imun tubuh ibu hamil akan berubah. Hal ini bertujuan untuk melindungi janin yang ada dalam kandungan. Namun, perubahan ini juga membuat ibu hamil lebih rentan terhadap infeksi termasuk flu. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh agar terhindar dari flu.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi flu tanpa obat:

1. Istirahat yang Cukup
Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi flu adalah dengan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh ibu hamil untuk pulih dan memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, dengan istirahat yang cukup, ibu hamil juga dapat mengurangi gejala flu seperti demam, nyeri tubuh, dan batuk.

2. Minum Air Putih yang Banyak
Ketika mengalami flu, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak cairan melalui keringat dan lendir. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Air putih juga membantu melancarkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir yang ada di dalam tubuh.

3. Konsumsi Makanan Bergizi
Selain minum air putih yang cukup, ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan bergizi untuk membantu mengatasi flu. Makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran, dan protein hewani dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh. Selain itu, makanan bergizi juga memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melawan infeksi.

Baca Juga:  4 Resep Ayam Kecap yang Lezat, Bisa Bikin Ketagihan Lho, Bu

4. Gargle dengan Air Garam
Gargle dengan air garam merupakan cara yang efektif untuk mengatasi sakit tenggorokan yang sering kali disertai dengan flu. Air garam membantu mengurangi peradangan pada tenggorokan dan membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi. Caranya sangat mudah, cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur-kumur selama beberapa detik.

5. Gunakan Air Hangat untuk Meredakan Hidung Tersumbat
Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala umum dari flu. Untuk meredakannya, ibu hamil dapat menggunakan air hangat. Caranya adalah dengan mencampurkan seperempat sendok teh garam dan seperempat sendok teh baking soda ke dalam 237 ml air hangat. Setelah itu, gunakan alat penghisap lendir untuk meneteskan larutan tersebut ke dalam hidung. Lakukan ini 2-3 kali sambil menutup lubang hidung yang lain.

6. Mandi dengan Air Hangat
Mandi dengan air hangat dapat membantu mengurangi gejala flu seperti demam dan nyeri tubuh. Air hangat juga dapat membantu melembutkan lendir yang ada di hidung dan tenggorokan sehingga lebih mudah dikeluarkan. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan air panas yang terlalu tinggi, karena dapat menyebabkan dehidrasi.

7. Konsumsi Sup Ayam
Sup ayam merupakan makanan yang lezat dan bergizi yang dapat membantu mengatasi flu. Sup ayam mengandung nutrisi yang dapat memperkuat sistem imun tubuh dan meredakan gejala flu. Selain itu, aroma dan rasa sup ayam juga dapat membantu mengurangi gejala flu seperti hidung tersumbat dan batuk.

8. Hindari Kontak dengan Orang yang Sakit
Selama mengalami flu, penting bagi ibu hamil untuk menghindari kontak dengan orang yang sedang sakit. Flu dapat menyebar melalui percikan air liur atau lendir yang keluar saat batuk atau bersin. Oleh karena itu, hindari berjabat tangan dengan orang yang sakit dan gunakan tisu atau siku untuk menutup mulut saat batuk atau bersin.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Shampoo Korea yang Terkenal Bisa Mengurangi Rambut Rontok!

9. Jaga Kebersihan Tangan
Flu dapat ditularkan melalui sentuhan dengan benda yang terkontaminasi virus flu. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kebersihan tangan. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, terutama sebelum makan dan setelah menggunakan toilet.

10. Konsultasikan dengan Dokter
Jika gejala flu tidak kunjung membaik atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat memberikan pengobatan yang aman untuk ibu hamil dan janin yang ada dalam kandungan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi flu tanpa obat. Penting bagi ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh agar terhindar dari flu. Jika flu tidak kunjung membaik atau gejalanya semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Semoga ibu hamil dapat segera pulih dan tetap sehat selama masa kehamilan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com