Aman, Nyaman, Hemat Selama Hamil? Bisa, Kok!

Aman Selama Hamil

Selama kehamilan, menjaga kebersihan tubuh sangatlah penting. Salah satu cara untuk menjaga kebersihan tubuh adalah dengan rutin membersihkan area intim atau alat kelamin. Hal ini penting dilakukan karena masalah ringan seperti keputihan bisa menyebabkan infeksi yang dapat menular pada janin. Oleh karena itu, selalu jaga kebersihan area intim dengan membersihkannya secara rutin.

Selain menjaga kebersihan tubuh, kita juga perlu memperhatikan produk kosmetik yang kita gunakan selama kehamilan. Ternyata kulit dapat menyerap sekitar 60% dari substansi kosmetik yang kita pakai. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memilih kosmetik yang aman dan tidak mengandung bahan berbahaya. Pilihlah kosmetik yang terbuat dari bahan alami dan telah melewati uji klinis. Hindarilah kosmetik yang mengandung Merkuri, Retinoid, Salicylic Acid (BHA), Hydroquinone, Soy, PABA, Benzophenone-3, dan Rodhanin. Bahan-bahan tersebut dapat mengganggu kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.

Selain menjaga kebersihan tubuh dan memilih kosmetik yang aman, kita juga perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi selama kehamilan. Hindarilah makanan mentah atau setengah matang, karena makanan tersebut dapat menyebabkan masuknya kuman dan bakteri penyakit ke dalam tubuh. Selain itu, batasilah konsumsi makanan laut karena beberapa jenis makanan laut mengandung logam berat seperti merkuri yang bisa berbahaya bagi janin.

Selama kehamilan, kita juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi obat-obatan. Kandungan dalam obat-obatan dapat masuk ke dalam tubuh janin melalui plasenta. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun, termasuk obat flu yang dijual bebas. Konsultasikanlah dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi obat yang aman bagi ibu dan janin.

Baca Juga:  Tips Cukur Rambut Bayi Saat Akikah

Nyaman Selama Hamil

Selama kehamilan, suhu tubuh kita seringkali naik-turun secara drastis. Untuk tetap nyaman, kita bisa mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan katun. Pakaian katun akan memberikan kenyamanan dan sirkulasi udara yang baik pada tubuh kita. Selain itu, jika kita merasa kegerahan, kita bisa melepaskan beberapa lapisan pakaian untuk mengurangi suhu tubuh.

Selama kehamilan, kita juga perlu menjaga kecukupan cairan tubuh dengan minum air secara rutin. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang mengganggu kegiatan sehari-hari kita. Oleh karena itu, pastikan kita minum air secukupnya untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Selama perjalanan jauh, kita juga perlu memperhatikan kenyamanan tubuh. Bawalah camilan dan minuman sehat untuk menghindari lapar dan haus selama perjalanan. Selain itu, usahakan untuk berjalan atau berdiri sejenak setiap beberapa jam untuk mencegah kram dan penyumbatan darah pada kaki.

Tidur yang nyaman juga sangat penting selama kehamilan. Jika kita sering kesulitan tidur, cobalah posisi tidur miring dengan kedua lutut ditekuk. Taruhlah bantal di antara lutut dan tambahkan bantal di punggung atau pinggang untuk memberikan dukungan pada tubuh. Selain itu, kita juga bisa menggunakan bra dan belt khusus hamil untuk mendapatkan tidur yang lebih nyaman.

Hemat Selama Hamil

Selama kehamilan, pengeluaran yang harus kita keluarkan bisa cukup besar. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa berhemat agar keuangan tetap terjaga. Berikut adalah beberapa tips untuk bisa berhemat selama kehamilan:

1. Saat membeli pakaian hamil, sebaiknya mulai berbelanja di trimester kedua ketika perut sudah semakin terlihat. Pilihlah pakaian yang bisa dipakai sepanjang kehamilan dan setelah melahirkan. Dengan membeli pakaian yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama, kita bisa menghemat pengeluaran untuk membeli pakaian hamil.

Baca Juga:  Ulang Tahun Tanpa Tiup Lilin

2. Jangan terburu-buru memilih rumah sakit untuk persalinan. Sebelum memilih rumah sakit, bandingkanlah biaya yang ditawarkan oleh beberapa rumah sakit. Ada kemungkinan bahwa dokter yang sama bisa praktek di beberapa rumah sakit yang berbeda dengan biaya yang berbeda pula. Dengan membandingkan biaya rumah sakit, kita bisa memilih rumah sakit yang sesuai dengan budget kita.

3. Selama kehamilan, kita juga bisa membuat makanan beku sendiri. Selain lebih hemat, membuat makanan beku sendiri juga memungkinkan kita untuk mengatur kandungan nutrisi dalam makanan tersebut. Saat ini, sudah banyak buku resep khusus makanan beku yang mudah dibuat. Dengan membuat makanan beku sendiri, kita bisa menghemat pengeluaran untuk membeli makanan beku di luar.

4. Untuk tetap bugar selama kehamilan, kita tidak harus ikut kelas senam khusus hamil. Kita juga bisa berlatih dengan mengikuti video tutorial di YouTube. Salah satu contohnya adalah Senam Segar Mama dari Frisian Flag. Dengan mengikuti video tutorial di YouTube, kita bisa berlatih senam secara mandiri tanpa mengeluarkan biaya untuk ikut kelas senam.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kita bisa menjalani kehamilan dengan aman, nyaman, dan hemat. Selamat mencoba dan semoga kehamilan kita berjalan lancar sampai hari kelahiran. Jika ada tips lain yang ingin dibagikan, silakan tulis di kolom komentar.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com