Agar Anak Menyukai Sayuran

Agar Anak Menyukai Sayuran

I. Pengantar
Sayur-mayur adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam usia tumbuh kembang. Namun, membuat anak menyukai sayuran bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak ibu yang mengalami kesulitan dalam mengajak anak-anak mereka untuk makan sayur. Beberapa anak bahkan menolak untuk mencoba sayuran dan lebih memilih makanan kesukaan mereka seperti ayam goreng. Namun, sebagai orang tua, kita harus tetap berusaha agar anak-anak kita mau makan sayur. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa strategi yang bisa kita gunakan untuk membuat anak-anak menyukai sayuran.

II. Membuat Anak Lapar Sebelum Makan
Menurut seorang pakar kesehatan keluarga, Dr. Ann Kulze, anak-anak cenderung lebih mau makan saat mereka merasa lapar. Oleh karena itu, kita bisa mencoba untuk memberikan sayuran ketika mereka sedang lapar. Sebagai contoh, kita bisa memberikan mereka sayuran berwarna-warni sebelum makan utama. Warna-warni sayuran tersebut akan menarik minat anak-anak untuk mencobanya.

III. Makan Bersama Anak
Makan bersama anak-anak bisa menjadi cara yang efektif untuk mengajak mereka makan sayur. Ketika anak-anak melihat kita dan anggota keluarga lainnya menikmati sayuran, mereka akan merasa tertarik untuk mencobanya. Ajak mereka untuk makan bersama kita dan berikan contoh yang baik dengan menunjukkan bahwa kita menyukai sayuran. Kita bisa mencoba untuk menikmati sayuran bersama tanpa perlu memaksa mereka.

IV. Sembunyikan Sayur dalam Makanan Lain
Jika anak-anak sulit menerima sayur secara langsung, kita bisa mencoba untuk menyembunyikan sayur dalam makanan lain yang mereka suka. Misalnya, kita bisa mencampurkan potongan sayur dalam burger atau membuat kue dengan campuran sayuran. Dengan cara ini, anak-anak bisa mendapatkan nutrisi dari sayuran tanpa mereka sadari.

Baca Juga:  Tips Menghemat Budget Belanja Bulanan

V. Buat Bentuk yang Menarik
Anak-anak cenderung tertarik dengan bentuk makanan yang unik. Kita bisa mencoba menyajikan sayuran dengan bentuk dan tampilan yang menarik. Misalnya, kita bisa membuat wortel dengan bentuk bintang atau seledri dengan bentuk jari. Pastikan kita memotong sayuran sekecil mungkin agar mudah dimakan oleh anak-anak. Kreativitas dalam menyajikan sayuran bisa menjadi kunci untuk membuat anak-anak menyukainya.

VI. Beri Nama Unik pada Sayuran
Anak-anak suka dengan hal-hal yang lucu dan unik. Kita bisa memberi nama yang lucu pada sayuran untuk menarik minat anak-anak. Misalnya, kita bisa menyebut wortel sebagai “helikopter” jika anak-anak menyukai helikopter atau menyebut bayam sebagai “mobil balap” jika anak-anak suka mobil-mobilan. Dengan memberikan nama yang menarik, anak-anak akan lebih tertarik untuk mencoba sayuran.

VII. Membuat Variasi Sup
Jika anak-anak bosan dengan makan sup, kita bisa mencoba membuat variasi sup dengan menggunakan sayuran. Misalnya, kita bisa membuat sup yang isinya sayuran berbentuk alphabet atau sup jagung dengan whip cream untuk sarapan mereka. Dengan variasi sup yang menarik, anak-anak akan lebih bersemangat untuk makan sayur.

VIII. Kesimpulan
Membuat anak-anak menyukai sayuran bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi sebagai orang tua, kita harus tetap berusaha. Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa strategi yang bisa kita gunakan untuk mengajak anak-anak makan sayur. Sajikan sayur ketika mereka lapar, makan bersama mereka, sembunyikan sayur dalam makanan lain, buat bentuk yang menarik, beri nama unik pada sayuran, dan buat variasi sup. Dengan strategi yang kreatif dan kesabaran, kita bisa membuat anak-anak menyukai sayuran dan mendapatkan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan mereka.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  Cara Mudah Mendidik Anak Usia Dini Agar Patuh