8 Manfaat Bermain Congklak untuk si Kecil

Petunjuk dan Cara Bermain Permainan Congklak

Dalam permainan congklak, terdapat beberapa petunjuk dan cara bermain yang perlu diikuti. Petunjuk permainan congklak ini meliputi:

Petunjuk permainan congklak:

1. Congklak dimainkan oleh dua orang pemain.
2. Congklak membutuhkan papan congklak dengan ukuran 40-50 sentimeter.
3. Papan congklak memiliki 16 lubang terdiri dari 14 lubang kecil yang berhadapan kanan dan kiri, serta 2 lubang besar di kiri dan kanan pada pojok papan.

Cara bermain congklak:

1. Setiap pemain mengisi lubang kecilnya dengan 5-7 biji congklak.
2. Pemain bergantian memilih satu lubang kecil yang ada di hadapannya.
3. Pemain memindahkan biji dari lubang yang dipilih untuk dipindahkan satu per satu ke lubang di sebelahnya searah jarum jam sampai biji di dalam genggaman habis.
4. Jika biji yang di dalam genggaman habis tepat di lubang kecil yang berisi biji lainnya, pemain dapat mengambil biji-biji tersebut dan melanjutkan mengisi lubang.
5. Jika habis di lubang besar miliknya, pemain dapat melanjutkan dengan memilih lubang kecil di sisinya.
6. Jika habis di lubang kecil di sisinya, pemain berhenti dan mengambil seluruh biji di sisi yang berhadapan.
7. Jika habis di lubang kosong, pemain berhenti dan berganti giliran dengan pemain selanjutnya.
8. Pemain saling bergantian bergiliran sampai semua biji di lubang kecil kosong dan berpindah ke lubang besar.
9. Pemenang ditentukan dari jumlah biji yang paling banyak di lubang besar masing-masing pemain.

Dengan mengikuti petunjuk dan cara bermain congklak ini, si Kecil dapat bermain dengan lancar dan memahami aturan permainan dengan baik.

Manfaat Bermain Congklak bagi Si Kecil

Permainan congklak memiliki berbagai manfaat yang baik untuk perkembangan si Kecil. Berikut adalah beberapa manfaat bermain congklak bagi si Kecil:

Baca Juga:  Kumpulan Film yang Baik Ditonton Si Kecil

1. Melatih si Kecil belajar menghitung

Dalam permainan congklak, para pemain diharuskan mengisi lubang kecil dengan 5-7 biji congklak. Hal ini melatih si Kecil untuk menghitung jumlah biji yang dimasukkan ke dalam setiap lubang. Selain itu, pada akhir permainan, mereka juga harus menghitung jumlah biji congklak yang mereka miliki untuk menentukan pemenang permainan. Dengan bermain congklak, si Kecil dapat belajar menghitung dengan lebih baik.

2. Melatih di Kecil untuk belajar jujur

Dalam permainan congklak, pemain harus jujur dalam mengisi lubang dengan biji congklak. Mereka tidak boleh menambahkan lebih banyak biji saat mengisi lubang. Hal ini melatih si Kecil untuk berlaku jujur dan tidak melakukan kecurangan dalam permainan. Selain itu, jika permainan mereka sudah mati atau harus berganti giliran dengan lawan, si Kecil juga harus jujur dan tidak mengaku masih dalam perjalanan mengisi lubang saat lawan sedang lengah.

3. Melatih si Kecil untuk belajar sabar

Dalam permainan congklak, pemain harus sabar menunggu giliran lawan selesai mengisi lubang dengan biji congklak. Hal ini melatih si Kecil untuk bersabar dan paham untuk menunggu gilirannya. Dengan bermain congklak, si Kecil dapat belajar mengendalikan emosi dan bersikap sabar dalam menunggu giliran.

4. Melatih si Kecil untuk memahami aturan

Permainan congklak memiliki aturan-aturan yang harus diikuti. Salah satu aturan dalam permainan ini adalah tidak boleh mengisi lubang besar milik lawan dengan biji congklak yang ada di dalam genggaman. Dengan bermain congklak, si Kecil dapat belajar memahami aturan-aturan yang berlaku dalam permainan dan mengikuti aturan dengan baik.

5. Melatih sensorik si Kecil

Dalam permainan congklak, si Kecil perlu menggerakkan tangannya untuk mengisi biji congklak ke dalam lubang kecil. Hal ini melatih sensorik motorik halus si Kecil karena melibatkan gerakan otot kecil, koordinasi mata, dan tangan. Dengan bermain congklak, si Kecil dapat mengembangkan kemampuan sensoriknya dengan lebih baik.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

6. Melatih kemampuan si Kecil untuk menganalisis

Dalam permainan congklak, tujuan utama adalah menjadi pemenang dengan mengumpulkan biji congklak lebih banyak daripada lawan. Oleh karena itu, si Kecil perlu menganalisis langkah yang diambilnya untuk meraih posisi pemenang. Dengan bermain congklak, si Kecil dapat melatih kemampuan analisisnya dalam mengambil keputusan dan strategi permainan.

7. Melatih kemampuan interaksi si Kecil

Permainan congklak harus dimainkan oleh dua orang pemain, sehingga si Kecil harus berinteraksi dengan temannya. Mereka harus saling mengawasi agar permainan tetap berjalan adil tanpa kecurangan. Dengan bermain congklak, si Kecil dapat melatih kemampuan interaksi sosialnya dan belajar bekerja sama dengan orang lain.

8. Mengurangi pemakaian gadget oleh si Kecil

Bermain congklak dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengurangi pemakaian gadget oleh si Kecil. Dengan memberikan perhatian pada permainan congklak, si Kecil dapat mengalihkan minatnya dari gadget. Selain itu, bermain congklak juga dapat memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan dan interaktif bagi si Kecil.

Dengan memahami manfaat bermain congklak bagi si Kecil, Bunda dapat memperhatikan pentingnya memperkenalkan permainan tradisional ini kepada si Kecil. Dengan bermain congklak, si Kecil tidak hanya dapat mengembangkan berbagai keterampilan dan kemampuan, tetapi juga mengurangi pemakaian gadget yang berlebihan.

Bermain congklak adalah salah satu cara yang efektif untuk mengajarkan si Kecil tentang kerjasama, keterampilan matematika dasar, keterampilan motorik halus, dan kedisiplinan. Selain itu, bermain congklak juga dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi si Kecil dan dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Dalam mengajarkan si Kecil bermain congklak, Bunda dapat memberikan pengarahan dan bimbingan yang tepat. Bunda dapat mendemonstrasikan cara bermain congklak secara langsung dan memberikan penjelasan tentang aturan dan strategi permainan. Selain itu, Bunda juga dapat meluangkan waktu untuk bermain congklak bersama si Kecil sebagai bentuk interaksi dan kebersamaan.

Baca Juga:  Mengatasi dan Mencegah Sembelit, Musuh Utama Ibu Hamil

Dalam kesimpulan, bermain congklak memiliki banyak manfaat bagi perkembangan si Kecil. Dengan melibatkan si Kecil dalam permainan tradisional ini, Bunda dapat membantu si Kecil mengembangkan berbagai keterampilan dan kemampuan serta mengurangi pemakaian gadget yang berlebihan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com