8 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak [Bayi Usia 7-12 Bulan]

Cara Meningkatkan Daya Ingat Anak Usia 7-12 Bulan

Daya ingat merupakan salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi proses belajar setiap anak, termasuk bayi usia 7-12 bulan. Daya ingat yang baik akan membantu bayi dalam menyimpan dan mengolah informasi yang diterima, sehingga dapat meningkatkan kemampuan belajar mereka. Oleh karena itu, sebagai orang tua, perlu kiranya untuk mengetahui cara meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan agar dapat membantu perkembangan mereka secara optimal.

Dalam artikel ini, akan dijelaskan 8 cara meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan secara detail. Cara-cara ini didasarkan pada informasi yang ditemukan di situs yang telah disebutkan di atas. Dalam menjelaskan setiap cara, akan digunakan format tulisan dengan menggunakan heading 2 dan heading 3 untuk memudahkan pembaca dalam memahami setiap poin.

I. Buat Sesuatu yang Kreatif

Untuk meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat sesuatu yang kreatif. Anak-anak pada umumnya lebih tertarik dan mudah mengingat sesuatu yang menarik dan kreatif. Oleh karena itu, sebagai orang tua, bisa mencoba membuat metode belajar yang simpel namun mudah diingat.

Misalnya, Bunda bisa membuat miniatur atau gambar yang menarik perhatian bayi. Dengan melibatkan bayi secara langsung dalam kegiatan ini, mereka akan lebih tertarik untuk belajar dan akan lebih mudah mengingat apa yang telah dipelajari. Selain itu, Bunda juga bisa menggunakan buku cerita yang menarik dengan gambar-gambar yang menarik untuk meningkatkan daya ingat anak.

II. Bermain Permainan Edukatif

Bermain permainan edukatif juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan. Pada usia ini, anak-anak sangat senang bermain dan ini dapat dimanfaatkan untuk merangsang otak mereka. Namun, tidak semua jenis permainan cocok untuk meningkatkan daya ingat anak.

Baca Juga:  Kandungan Udang dan Manfaatnya Untuk Tumbuh Kembang Anak

Sebaiknya, Bunda memberikan permainan edukatif yang dapat merangsang otak anak. Misalnya, Bunda bisa memberikan permainan teka-teki sederhana atau permainan yang melibatkan memori seperti permainan memasangkan kartu. Permainan ini dapat membantu meningkatkan fokus dan memori anak, serta melatih kemampuan motorik mereka.

III. Hindari Belajar Menggunakan Gadget

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua adalah mengajari anak menggunakan gadget sebagai alat belajar. Meskipun gadget dapat memberikan informasi dengan cepat, namun penggunaan gadget pada usia bayi dapat mengganggu perkembangan mereka, termasuk daya ingat.

Penggunaan gadget dalam belajar memberikan hasil yang berbeda dengan metode belajar di luar gadget. Oleh karena itu, sebaiknya Bunda menghindari mengajari anak menggunakan gadget pada usia 7-12 bulan. Lebih baik menggunakan metode belajar yang lebih tradisional seperti bermain, bernyanyi, atau membaca buku.

IV. Beri Asupan Makanan Bergizi

Selain faktor pendidikan, asupan makanan juga mempengaruhi daya ingat anak. Untuk meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan, Bunda perlu memberikan asupan makanan yang bergizi. Nutrisi yang baik untuk kesehatan otak antara lain protein, karbohidrat kompleks, vitamin B12, vitamin E, omega 3 dan 6, zat besi, kolin, dan alfa laktalbumin.

Asupan makanan yang bergizi dapat membantu otak bayi untuk berkembang dan bekerja lebih optimal. Bunda bisa memberikan makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut sebagai bagian dari MPASI (Makanan Pendamping ASI) bayi setiap hari. Dengan memberikan makanan yang bergizi, bayi akan memiliki daya ingat yang lebih tajam.

V. Tidur Cukup dan Teratur

Tidur yang cukup dan teratur juga penting untuk meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan. Saat tidur, tubuh dan otak bayi beristirahat dan proses metabolisme tubuh berjalan dengan baik. Hal ini sangat membantu bayi dalam menguatkan ingatan dan memperkuat daya ingat mereka.

Baca Juga:  13 Buah Penambah Darah, Ampuh Cegah Anemia Ibu Hamil

Sebagai orang tua, Bunda perlu memastikan bahwa bayi mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap hari. Pada usia 7-12 bulan, bayi membutuhkan waktu tidur selama 14 jam dalam sehari. Dengan tidur yang cukup dan teratur, bayi akan memiliki daya ingat yang lebih baik.

VI. Aktivitas Fisik juga Penting

Aktivitas fisik juga penting dalam meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan. Menurut penelitian, aktivitas fisik dapat membantu menjaga kestabilan otak, memperbaiki sistem kognitif, dan mempengaruhi sistem saraf pusat.

Pada usia ini, Bunda bisa memberikan anak senam ringan atau mengajaknya berlatih berjalan. Aktivitas fisik ini dapat membantu meningkatkan daya tangkap anak dan melatih kemampuan motorik mereka. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat membantu dalam perkembangan otak anak secara keseluruhan.

VII. Tidak Memberikan Televisi

Meskipun televisi dapat memberikan hiburan bagi bayi, namun menonton televisi pada usia 7-12 bulan dapat mengganggu perkembangan mereka, termasuk daya ingat. Bayi pada usia ini belum mampu menangkap gambar yang bergerak cepat dengan baik, sehingga menonton televisi dapat membuat mereka menjadi malas bergerak dan membatasi aktivitas otak mereka.

Oleh karena itu, sebaiknya Bunda tidak memberikan bayi tayangan di televisi pada usia 7-12 bulan. Tunggulah hingga bayi berusia 2 tahun dan dalam batasan waktu yang ditentukan sebelum memperkenalkan televisi kepada mereka. Sebagai gantinya, Bunda bisa melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat bagi perkembangan mereka.

VIII. Belajar Melalui Lingkungan

Lingkungan sekitar juga dapat menjadi sumber pembelajaran yang baik bagi bayi. Melalui lingkungan sekitar, bayi dapat belajar banyak hal, seperti mengenal alam, hewan, tumbuhan, dan transportasi. Dengan melihat langsung, bayi dapat lebih mudah mengingat informasi dan membuatnya lebih terkesan dalam ingatan mereka.

Baca Juga:  Selamat Tinggal Kerutan Mata Berkat Botox

Sebagai orang tua, Bunda bisa mengajak bayi untuk berjalan-jalan dan mengenal alam secara rutin. Misalnya, Bunda bisa membawa bayi berjalan-jalan di sekitar rumah, ke pantai, kebun binatang, sawah, kebun, atau tempat lain yang menarik. Dengan mengenal lingkungan sekitar, bayi akan memiliki pengalaman belajar yang berbeda dan dapat meningkatkan daya ingat mereka.

Demikianlah 8 cara meningkatkan daya ingat anak usia 7-12 bulan yang bisa Bunda coba praktekkan. Setiap cara memiliki kelebihan dan manfaat sendiri-sendiri, namun semua bertujuan untuk membantu meningkatkan daya ingat anak. Sebagai orang tua, Bunda perlu memahami perkembangan anak dan memilih cara yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan anak. Selamat mencoba!

Sumber:
– dosenpsikologi.com

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com