8 Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami

Penyebab Bayi Flu

Flu pada bayi adalah hal yang wajar terjadi karena daya tahan tubuh si Kecil belum sempurna seperti daya tahan tubuh orang dewasa. Bisa saja frekuensi flu ini sering terjadi sehingga mengganggu waktu tidur dan kesehatannya. Jadi, Bunda wajib memahami beberapa cara mengatasi flu ringan pada bayi secara alami untuk membantu si Kecil lebih nyaman dan bisa segera pulih kembali. Namun jika kondisi semakin parah atau berlarut, ada baiknya Bunda segera bawa si Kecil ke dokter ya.

Cara Mengatasi Flu Pada Bayi Secara Alami

Cara-cara mengatasi flu pada bayi secara alami ini bisa Bunda lakukan di rumah dengan bahan-bahan yang biasanya sudah tersedia. Berikut beberapa cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang bisa Bunda lakukan saat si Kecil muncul keluhan flu atau pilek ringan:

Memperbanyak cairan

Air berfungsi untuk mengencerkan lendir di hidung. Sehingga hidung si Kecil tidak tersumbat dan tidurnya bisa lebih nyaman. Selain itu, air juga bisa mencegah kondisi dehidrasi yang sering kali bisa muncul saat pilek atau flu melanda.

Jika si Kecil berusia 6 bulan ke atas, cara mengatasi flu pada bayi secara alami bisa Bunda lakukan dengan memberikan banyak air putih dan memberikan MPASI dengan kandungan air yang tinggi seperti buah dan sayur. Namun, jika si Kecil berusia di bawah 6 bulan, Bunda bisa memperbanyak asupan ASI atau susu formulanya untuk mencukupi kebutuhan cairan si Kecil saat flu. Bunda bisa memastikan kebutuhan cairan si Kecil terpenuhi atau belum dari warna urinnya. Semakin bayi kekurangan cairan, maka cairan urine nya semakin kuning pekat. Namun jika cairan mereka cukup, cairannya cenderung akan berwarna kuning terang.

Baca Juga:  Jangan Lewatkan 5 Imunisasi Bayi yang Perlu Diberikan

Menyedot lendir di hidung

Saat flu, sering kali si Kecil akan kesulitan bernafas karena hidungnya tersumbat. Dalam hal ini, cara mengatasi flu pada bayi secara alami bisa Bunda lakukan dengan menyedot ingus atau lendir dari hidungnya. Bunda bisa gunakan alat sedot ingus khusus bayi. Saat menggunakannya pastikan sesuai aturan dan tangan Bunda sudah bersih ya.

Atur posisi tidurnya

Cara mengatasi flu pada bayi secara alami selanjutnya adalah mengatur posisi tidurnya dengan menaikkan bagian kepalanya. Bunda bisa meletakkan handuk atau tambahan bantal di bantalnya. Dengan bantuan gravitasi, cara ini bisa membantu menurunkan cairan ingus dari hidung si Kecil.

Beri uap alami

Bunda bisa menghangatkan kamar mandi dengan membawa air panas di ember atau bak mandi supaya suhu dan uap udara naik. Bawa si Kecil selama 10-15 menit untuk menghangatkan dirinya. Cara mengatasi flu pada bayi secara alami ini bisa Bunda lakukan di waktu mandinya ya.

Berikan Madu

Cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang ini bisa Bunda lakukan jika si Kecil berusia minimal 12 bulan. Studi menunjukkan jika 1 sendok teh madu sebelum tidur bisa membantu mengatasi flu pada bayi.

Memanfaatkan kunyit

Cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang ini adalah memanfaatkan bahan tradisional yaitu kunyit. Bunda bisa campur sedikit kunyit dengan air hangat untuk membuatnya menjadi pasta yang halus, kemudian oleskan pada dada, dahi dan telapak kaki si Kecil. Panas dari kunyit bisa membantu mengencerkan lendir dan membuatnya mudah keluar.

Istirahat

Mengajak si Kecil istirahat dan membangun kamarnya nyaman untuk tidur menjadi cara mengatasi flu pada bayi secara alami selanjutnya. Sebab, membutuhkan banyak energi untuk melawan infeksi. Hal ini tentu bisa membuat lelah si Kecil.

Baca Juga:  Pentingnya Protein untuk Ibu Hamil

Lakukan hal yang diinginkan si Kecil untuk merasa lebih nyaman, seperti didekap, atau suhu ruangan yang tepat sehingga mereka mudah untuk tertidur.

Membangun suasana udara lembab

Si Kecil bisa mengalami flu dikarenakan udara yang kering di dalam rumah. Cara mengatasi flu pada bayi secara alami yang bisa Bunda lakukan adalah dengan memanfaatkan humidifier. Dengan aroma yang alami dan baik untuk si Kecil, diharapkan udara lembap ini bisa membantu si Kecil lebih merasa nyaman.

Namun jika ASI dirasa tidak cukup, Bunda bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Bunda bertanya susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya Bu!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com