[7 Tips] Merayakan Ulang Tahun Anak di Era New Normal

Merayakan ulang tahun anak di era new normal memang menjadi tantangan bagi para orang tua. Namun, dengan mengikuti beberapa tips berikut, kita masih bisa membuat perayaan ulang tahun anak tetap bermakna dan spesial.

Mendekorasi Rumah dengan Pernak-pernik Ulang Tahun

Salah satu cara untuk meramaikan suasana perayaan ulang tahun anak di rumah adalah dengan mendekorasi rumah menggunakan pernak-pernik ulang tahun. Bunda bisa menggunakan kertas berwarna-warni untuk membuat dekorasi seperti bintang atau bunga. Selain itu, pasanglah balon dan ucapan ulang tahun yang besar untuk menambah suasana ceria. Dengan mendekorasi rumah dengan pernak-pernik ulang tahun, rumah akan dipenuhi dengan nuansa yang cerah dan menyenangkan.

Membuat Kue Bersama

Selain mendekorasi rumah, membuat kue ulang tahun bersama anak juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bunda bisa mencari resep kue ulang tahun di internet dan meminta anak untuk membantu dalam proses pembuatan kue. Selain itu, Bunda juga bisa membiarkan anak memilih rasa, warna, dan dekorasi kue sesuai dengan keinginannya. Membuat kue ulang tahun bersama anak adalah momen yang berharga dan akan selalu dikenang oleh anak.

Pesta Ulang Tahun Secara Virtual

Di era new normal ini, kita tidak diperbolehkan untuk mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat. Namun, hal ini bukan berarti kita tidak bisa merayakan ulang tahun anak dengan orang-orang terdekat. Bunda bisa mengadakan pesta ulang tahun secara virtual menggunakan aplikasi video call seperti Zoom atau Google Meet. Undanglah teman-teman anak dan anggota keluarga untuk bergabung dalam panggilan video dan merayakan ulang tahun anak secara virtual. Ajak mereka untuk menyanyikan lagu ulang tahun, meniup lilin, dan bermain game bersama. Meskipun tidak bertemu langsung, pesta ulang tahun secara virtual tetap bisa menyenangkan dan bermakna.

Baca Juga:  Ingin Memuji Anak? Lakukan Dengan Cara yang Tepat

Jadikan Sebagai Hari Kebebasan Anak

Hari ulang tahun adalah hari spesial bagi anak. Oleh karena itu, jadikanlah hari ulang tahun anak sebagai hari kebebasan bagi anak untuk melakukan apa yang dia inginkan. Berikan anak kebebasan untuk memilih aktivitas yang dia suka, memilih makanan kesukaannya, dan memilih pakaian yang ingin dia kenakan. Dengan memberikan anak kebebasan ini, anak akan merasa spesial dan merasa dihargai pada hari ulang tahunnya.

Bermain Game Bersama

Pesta ulang tahun anak tidak lengkap tanpa adanya permainan seru yang dimainkan bersama-sama. Bunda bisa menciptakan sesi permainan di hari ulang tahun anak agar semakin meriah. Ada banyak jenis permainan yang bisa dimainkan, baik dalam ruangan maupun di luar ruangan. Misalnya, bermain sambung kata, flash card, monopoli, atau permainan luar ruangan seperti menembak balon air atau mencari harta karun. Bermain game bersama tidak hanya menyenangkan, tapi juga bisa meningkatkan kemampuan anak.

Pesta Ulang Tahun Amal

Selain merayakan ulang tahun anak, kita juga bisa mengajarkan anak untuk berbagi kepada sesama melalui pesta ulang tahun amal. Bunda bisa mengajak anak untuk membuat bingkisan berisi makanan atau alat tulis untuk dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Melalui kegiatan ini, anak akan belajar tentang empati dan kepedulian terhadap sesama. Pesta ulang tahun amal juga bisa menjadi pengingat bagi anak bahwa tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk merayakan ulang tahun dengan mewah.

Berikan Kartu Ucapan Ulang Tahun yang Bermakna

Selain memberikan hadiah, Bunda juga bisa membuat kartu ucapan ulang tahun yang ditulis sendiri untuk anak. Minta juga teman-teman anak dan keluarga untuk mengirimkan ucapan mereka. Kartu ucapan ulang tahun yang indah akan memberikan kesan yang mendalam bagi anak dan akan selalu dikenang. Pasanglah kartu-kartu tersebut di kamar anak sebagai tambahan dekorasi agar perayaan ulang tahun semakin meriah.

Baca Juga:  Rekomendasi Panti Jompo dan Senior Living di Jabodetabek, Serta Biayanya

Merayakan ulang tahun anak di era new normal memang memiliki tantangan tersendiri. Namun, dengan mengikuti tips di atas, Bunda masih bisa membuat perayaan ulang tahun anak tetap bermakna dan spesial. Penting bagi kita untuk tetap menciptakan momen berkesan bagi anak, meskipun dalam situasi yang tidak biasa. Jangan lupa juga untuk memberikan hadiah yang sesuai dengan keinginan anak agar perayaan ulang tahunnya semakin berkesan.

Bagi Bunda yang membutuhkan konsultasi seputar anak, dapat mengunjungi laman Tanya Pakar di website ini. Para ahli di sana akan dengan senang hati membantu menjawab pertanyaan Bunda. Jadi, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur ini.

Sumber:
Viva.co.id

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com