7 Rekomendasi Tempat Tes Minat dan Bakat untuk Anak dan Kisaran Biayanya!


Tes minat dan bakat merupakan metode yang penting dalam mendukung perkembangan potensi anak. Dalam mengikuti tes ini, anak akan diajak untuk menyelesaikan berbagai tugas dan aktivitas yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Dengan mengikuti tes ini, orang tua akan mendapatkan informasi yang lebih detail tentang hal-hal yang disukai anak dan kelebihan yang mereka miliki. Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa tempat di mana tes minat dan bakat anak dapat dilakukan.

Pertama, tempat yang bisa menjadi pilihan untuk tes minat dan bakat anak adalah Tes Bakat Indonesia. Tempat ini menyediakan tes yang dilakukan secara individual oleh psikolog anak profesional. Anak-anak akan diajak untuk menyelesaikan tugas dan aktivitas selama 2 jam, seperti wawancara, aktivitas belajar menggunakan media balok, puzzle, kartu bergambar, serta kegiatan bergambar dan bercerita. Tes ini dapat dilakukan di Testing Centre Jakarta Barat, APL Tower. Biaya tes online di Tes Bakat Indonesia sekitar Rp150.000.

Selain Tes Bakat Indonesia, Byume.id juga menyediakan tes minat dan bakat secara online. Di Byume.id, tes dilakukan menggunakan alat tes RIASEC untuk membantu menentukan arah minat dan bakat anak. Setelah hasil tes keluar, anak dapat melakukan konsultasi dengan psikolog. Tempat ini berlokasi di Office 18 Lt.25 Suite A2 Jl. TB Simatupang No.18, Kebagusan, Jakarta Selatan. Biaya tes di Byume.id sekitar Rp370.000.

Astagina Praptama adalah lembaga psikologi yang juga menyediakan tes minat dan bakat anak. Lembaga ini berdiri sejak tahun 2012 dan menyediakan berbagai layanan psikologi, termasuk tes psikotes, asesmen, training, terapi, dan tes minat dan bakat anak. Tes minat dan bakat di Astagina Praptama dapat dilakukan oleh anak usia 14 tahun hingga dewasa, seperti SMP, SMA, dan umum. Alamat Astagina Praptama berada di Perumahan Griya Timur Indah, Jatimulya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kisaran biaya tes di Astagina Praptama adalah Rp350.000-600.000.

Baca Juga:  Ini Jawaban Tepat Saat Anak Laki-Laki Bertanya Tentang Menstruasi

NS Development atau NSD juga merupakan tempat tes minat dan bakat yang direkomendasikan oleh psikolog. Tempat ini menyediakan tes yang mudah digunakan dengan hasil yang cepat, akurat, dan realtime. Tes ini dilengkapi dengan fitur Proctoring atau Hidden Camera, yang dapat merekam wajah peserta tes untuk memperhatikan aktivitas dan ekspresi wajah mereka dengan jelas. NS Development berlokasi di Menara Cakrawala, Jl. MH. Thamrin, Jakarta Pusat. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi (021) 50106260 ext (671), (021) 50106260 ext (672), atau 085840243364. NS Development juga menyediakan masa uji coba gratis selama 7 hari yang dapat dicoba oleh peserta tes.

TigaGenerasi juga merupakan tempat yang menyediakan tes minat dan bakat untuk anak usia 14 tahun ke atas. Tempat ini percaya bahwa pada usia tersebut, minat dan bakat anak sudah mulai terlihat. TigaGenerasi berlokasi di Jl. Boulevard Bintaro Jaya Sektor 7, Ruko Kebayoran Arcade III no. 22, Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 0856 7944 154. Kisaran biaya tes di TigaGenerasi adalah Rp1.265.000.

Rumah Dandelion juga merupakan tempat yang menyediakan tes minat dan bakat anak. Di Rumah Dandelion, tes psikologi yang ditawarkan termasuk tes minat dan bakat untuk anak usia 14 tahun ke atas. Alamat Rumah Dandelion berada di Jalan Taman Wijaya Kusuma Blok E No.4, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 0812-8489-1683.

Selain tempat-tempat di atas, Ruang Guru juga menyediakan tes minat dan bakat untuk membantu siswa menemukan program studi yang sesuai dengan minat mereka. Tes ini juga memperhatikan kepribadian dan gaya belajar siswa. Ruang Guru berlokasi di Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Jakarta Selatan. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi (021) 40008000.

Baca Juga:  6 Cara Menyapih Anak dari ASI yang Efektif

Dengan mengikuti tes minat dan bakat, orang tua akan mendapatkan informasi yang lebih detail tentang hal-hal yang disukai anak dan kelebihan yang mereka miliki. Informasi ini penting untuk dapat memberikan dukungan yang tepat dan maksimal dalam perkembangan potensi anak. Dengan mengetahui minat dan bakat anak, orang tua dapat membantu mereka dalam memilih jalur pendidikan dan karir yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Tes minat dan bakat juga dapat membantu anak dalam mengembangkan kepercayaan diri dan memahami diri mereka sendiri dengan lebih baik.

Dalam mengikuti tes minat dan bakat, penting bagi orang tua untuk memberikan dukungan dan dorongan kepada anak. Tes ini bukanlah untuk mengukur keberhasilan atau kegagalan anak, tetapi untuk membantu mereka dalam menemukan apa yang mereka sukai dan apa yang mereka kuasai dengan baik. Orang tua juga perlu mengingat bahwa minat dan bakat anak dapat berubah seiring dengan perkembangan mereka, oleh karena itu penting untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk terus menjelajahi minat dan bakat mereka.

Dalam menginterpretasikan hasil tes minat dan bakat anak, orang tua juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat dan bakat mereka, seperti lingkungan, pengalaman, dan pendidikan. Tes minat dan bakat hanya sebagai salah satu alat yang dapat digunakan untuk membantu menemukan minat dan bakat anak, tetapi bukan satu-satunya faktor yang harus dipertimbangkan.

Dalam mengambil keputusan mengenai pendidikan dan karir anak, penting untuk memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengikuti minat dan bakat mereka. Dengan begitu, mereka akan lebih termotivasi dan merasa bahagia dalam menjalani kehidupan dan mencapai kesuksesan. Tes minat dan bakat dapat menjadi langkah awal yang berguna dalam membantu anak menemukan arah yang tepat dalam hidup mereka.

Baca Juga:  Pemulihan Pasca Persalinan Normal


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com