7 Rekomendasi Sekolah untuk Homeschooling


Homeschooling telah menjadi pilihan pendidikan yang semakin populer di kalangan orang tua di Indonesia. Metode ini memberikan fleksibilitas kepada orang tua untuk menentukan kurikulum, jadwal harian, dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Namun, meskipun homeschooling memberikan kebebasan dalam pendidikan anak, tidak semua orang tua memiliki waktu atau pengetahuan yang cukup untuk menyusun kurikulum dan mengajar anak secara efektif. Oleh karena itu, banyak lembaga homeschooling yang menawarkan bantuan dalam menyusun kurikulum dan memberikan panduan mengajar kepada orang tua.

Salah satu lembaga homeschooling yang direkomendasikan adalah Homeschooling Kak Seto (HSKS). Lembaga ini didirikan oleh psikolog anak tersohor, Kak Seto, dan memiliki jenjang pendidikan dari SD hingga SMA. HSKS memiliki tiga jenis program pembelajaran, yaitu komunitas, distance learning, dan distance learning tunggal. Dalam program komunitas, anak-anak dapat belajar dalam kelompok kecil yang didampingi oleh tutor. Sedangkan dalam program distance learning, anak-anak dapat belajar secara mandiri dengan bantuan materi dan modul yang disediakan oleh HSKS. Program distance learning tunggal adalah program yang fleksibel, di mana anak-anak dapat belajar sesuai dengan waktu dan kebutuhan mereka.

Selain HSKS, ada juga Technosa Homeschooling yang menawarkan pendidikan formal dan nonformal. Lembaga ini memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk mengembangkan potensi dan bakat mereka di bidang selain akademis, seperti seni, olahraga, dan keterampilan. Technosa Homeschooling menggunakan metode pembelajaran yang fleksibel, di mana anak-anak dapat menentukan waktu belajar mereka sendiri.

Anak Panah Cyberschool adalah lembaga pendidikan nonformal berbasis digital yang memberikan keleluasaan kepada anak-anak untuk belajar tanpa dibatasi jarak, ruang, dan waktu. Lembaga ini menawarkan kemudahan pelayanan di bidang pendidikan agar mudah dijangkau oleh anak-anak di seluruh Indonesia dan bahkan seluruh dunia. Dengan menggunakan teknologi digital, anak-anak dapat mengakses materi pembelajaran dan berinteraksi dengan tutor secara online. Anak Panah Cyberschool memiliki murid yang tergabung dari berbagai negara, sehingga anak-anak dapat belajar tentang budaya dan bahasa dari berbagai negara.

Baca Juga:  Perkembangan Janin 10 Minggu. Apa Saja Perubahannya?

INRII Homeschooling adalah lembaga pendidikan yang menggunakan pendekatan konsultasi dan bimbingan pribadi untuk mengoptimalkan potensi, bakat, minat, dan pengembangan karakter anak. Lembaga ini terbuka bagi siswa-siswi dengan keterbatasan fisik atau sosial. INRII Homeschooling memiliki tiga jenis pembelajaran, yaitu community class, tutorial visiting, dan distance learning. Kurikulum yang digunakan mengikuti standar pemerintah dan siswa yang berhasil menyelesaikan ujian penyetaraan akan menerima ijazah yang dikeluarkan oleh Kemdikbud RI. Selain di Jakarta, INRII Homeschooling juga hadir di Bekasi dan Pematang Siantar, Sumatera Utara.

Sinergia Homeschooling menawarkan dua pilihan pembelajaran, yaitu tutorial di rumah atau online melalui Zoom/Google Meet atau dengan kunjungan tutor ke rumah 3-4 kali seminggu. Lembaga ini juga menyediakan sertifikat nasional jenjang SD hingga SMA dan juga internasional seperti CPC, IGCSE, SAT, AP, TOEFL, dan lainnya. Sinergia Homeschooling memiliki metode pembelajaran yang terstruktur dengan jadwal, mata pelajaran, ujian, proyek, dan ujian akhir yang ditentukan bersama antara siswa, orang tua, tutor, dan konselor akademik.

Homeschooling Alam Depok adalah lembaga pendidikan yang menggabungkan konsep homeschooling dan sekolah alam. Lembaga ini menawarkan program pendidikan dari PG hingga SMA serta inklusi untuk anak-anak dengan berbagai kebutuhan khusus. Homeschooling Alam Depok memiliki visi untuk menjadi rumah tumbuh bagi setiap bakat anak. Dalam lembaga ini, anak-anak dapat belajar dengan metode yang inovatif dan melakukan kegiatan di alam bebas.

Homeschooling Primagama (HSPG) adalah lembaga homeschooling yang menawarkan empat sistem belajar, yaitu homeschooling individu, homeschooling komunitas, distance learning, dan sistem belajar mandiri. HSPG memiliki kehadiran di 26 kota di berbagai provinsi di Indonesia, sehingga orang tua dapat memilih lokasi yang terdekat dengan tempat tinggal mereka.

Baca Juga:  Saat Anak Mengaku Gay, Bagaimana Reaksi Kita Sebagai Orang tua?

Bunda yang berencana memilih metode homeschooling untuk pendidikan anak dapat mempertimbangkan beberapa rekomendasi sekolah di atas. Setiap lembaga homeschooling memiliki keunggulan dan metode pembelajaran yang berbeda, sehingga orang tua dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka. Dengan adanya lembaga homeschooling, orang tua tidak perlu khawatir tentang penyusunan kurikulum dan pengajaran yang efektif, karena lembaga tersebut telah menyediakan panduan dan bantuan dalam proses pembelajaran anak.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com