7 Layanan Pengumpulan dan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga


Rekosistem: Pengumpulan dan Daur Ulang Sampah Rumah Tangga yang Mudah dan Efisien

Rekosistem merupakan salah satu layanan pengumpulan dan daur ulang sampah rumah tangga yang sangat membantu dalam mengatasi masalah penanganan sampah di Indonesia. Melalui layanan ini, Bunda dapat dengan mudah dan efisien membuang sampah rumah tangga tanpa harus khawatir akan mencemari lingkungan sekitar.

Redrop: Pengumpulan Sampah Anorganik Melalui Aplikasi Rekosistem

Salah satu layanan yang disediakan oleh Rekosistem adalah Redrop. Melalui Redrop, Bunda dapat mendaftar melalui aplikasi Rekosistem dan langsung membawa sampah anorganik yang sudah diersihkan dan dipilah ke beberapa Drop Point yang disediakan. Beberapa Drop Point yang tersedia antara lain di stasiun MRT Blok M BCA, kantor Rekosistem di Mampang, SPBU Shell Gatot Subroto, Komunal 88 Pasar Minggu, dan Waste Hub PIK.

Bunda juga dapat membawa sampahnya secara mandiri tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu di aplikasi. Untuk Redrop Mandiri ini, Bunda dapat melakukannya di Drop Point seperti Bulksource Outlet Bintaro dan PIK.

Rekosistem sangat memudahkan Bunda dalam membuang sampah rumah tangga. Dengan adanya aplikasi Rekosistem, Bunda dapat melacak Drop Point terdekat dan memilih waktu yang tepat untuk membawa sampahnya. Selain itu, Rekosistem juga memberikan informasi mengenai jenis sampah yang diterima, seperti bahan dasar plastik, kertas, kaca, karet, metal, hingga alat elektronik bekas. Jika Bunda memiliki jenis sampah lainnya, Bunda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak Rekosistem untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut.

Rekosistem sebagai layanan pengumpulan dan daur ulang sampah rumah tangga juga memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengurangi jumlah sampah yang akhirnya berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dengan mengumpulkan dan mendaur ulang sampah rumah tangga, Rekosistem berhasil mengurangi beban di TPA dan mengurangi pencemaran lingkungan.

Waste4Change: Manajemen Sampah yang Terpercaya

Selain Rekosistem, ada juga layanan pengumpulan sampah rumah tangga yang disediakan oleh Waste4Change. Waste4Change merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manajemen sampah. Melalui layanan ini, Waste4Change telah berhasil menangani lebih dari 5,4 juta kilogram sampah rumah tangga. Dengan begitu, beban di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dapat berkurang secara signifikan.

Bunda dapat membantu mendaur ulang sampah dengan mengikuti program Send Your Waste yang disediakan oleh Waste4Change. Caranya cukup mudah, Bunda hanya perlu mengumpulkan, memilah, dan membersihkan sampah plastik, kaca, kardus, kertas, metal, termasuk sampah kemasan produk yang digunakan sehari-hari. Setelah sampah-sampah tersebut rapi dan dikemas, Bunda dapat langsung mengirimkan sampah anorganik menggunakan jasa ekspedisi ke fasilitas daur ulang Waste4Change.

Selain program Send Your Waste, Waste4Change juga menyediakan Dropbox sampah di beberapa area. Namun, selama pandemi ini, fasilitas tersebut ditutup untuk sementara demi menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Waste4Change merupakan salah satu perusahaan yang terpercaya dalam bidang manajemen sampah. Dengan pengalaman dan keahliannya, Waste4Change mampu memberikan solusi yang efektif dalam mengatasi masalah sampah rumah tangga. Melalui kerjasama dengan Bunda, Waste4Change berhasil mendaur ulang sampah rumah tangga dengan baik dan mengurangi beban di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Baca Juga:  Sakit di Bawah Perut di Atas Kemaluan? Ini Penyebabnya

Lyfe with Less: Minimalis dan Peduli Lingkungan

Lyfe with Less merupakan salah satu komunitas minimalis di Indonesia yang peduli terhadap lingkungan. Komunitas ini mengusung kampanye #PakaiSampaiHabis dan mengajak kita untuk menjadi Empties Heroes. Melalui komunitas ini, Bunda dapat menggunakan jasa pengumpulan sampah khusus kemasan produk kecantikan.

Jika Bunda memiliki botol-botol skincare yang sudah kosong, Bunda dapat mengirimkannya ke Lyfe with Less agar dapat didaur ulang dengan baik. Caranya sangat mudah, Bunda hanya perlu mengisi form yang disediakan oleh Lyfe with Less. Setelah itu, Bunda akan mendapatkan e-mail terkait tata cara mengirim sampah tersebut. Selain itu, Bunda juga akan mendapatkan diskon untuk biaya pengiriman, sehingga tidak perlu khawatir akan mengeluarkan banyak biaya.

Lyfe with Less merupakan komunitas yang sangat peduli terhadap lingkungan. Dengan mengumpulkan dan mendaur ulang kemasan produk kecantikan, komunitas ini berhasil mengurangi jumlah sampah yang akhirnya berakhir di TPA dan mencemari lingkungan. Melalui kampanye #PakaiSampaiHabis, Lyfe with Less mengajak kita untuk lebih bijaksana dalam menggunakan produk kecantikan dan meminimalisir sampah yang dihasilkan.

EwasteRJ: Mengatasi Masalah Sampah Elektronik

Sampah elektronik merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi oleh masyarakat saat ini. Data dari Global E-Waste Monitor 2020 menunjukkan bahwa jumlah sampah elektronik pada 2019 mencapai 53 juta ton. Jika tidak dikelola dengan baik, jumlah sampah elektronik ini diperkirakan akan melonjak menjadi 74 juta ton pada tahun 2030. Selain itu, sampah elektronik juga mengandung Bahan Berbahaya Beracun (B3) yang dapat mengontaminasi jenis sampah lainnya.

Untuk mengatasi masalah sampah elektronik ini, komunitas EwasteRJ hadir dengan solusi yang efektif. Jika Bunda memiliki barang elektronik yang sudah rusak dan tidak terpakai, Bunda dapat mengirim sampahnya ke EwasteRJ. Komunitas ini menyediakan beberapa dropbox di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan wilayah lainnya.

Dengan mengirim sampah elektronik ke EwasteRJ, Bunda membantu dalam mengurangi jumlah sampah elektronik yang akhirnya berakhir di TPA. Selain itu, EwasteRJ juga melakukan pengelolaan sampah elektronik secara aman dan bertanggung jawab. Melalui upaya ini, komunitas ini berhasil meminimalisir dampak negatif dari sampah elektronik terhadap lingkungan dan kesehatan manusia.

Sadari Sedari: Mengubah Baju Bekas Menjadi Produk Baru

Komunitas Sadari Sedari hadir dengan solusi untuk mengatasi masalah baju bekas yang sudah tidak terpakai. Jika Bunda memiliki banyak baju bekas yang tidak dipakai lagi, Bunda dapat menggunakan jasa pengumpulan baju bekas yang disediakan oleh Sadari Sedari. Baju bekas yang dikumpulkan akan diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan atau korban bencana. Sementara itu, baju bekas yang menjadi limbah akan didesain ulang dan diberdayakan menjadi produk baru, seperti selimut, tirai, atau instalasi seni.

Bunda dapat mengirimkan baju bekas yang tidak terpakai lagi ke lokasi dropbox Sadari Sedari yang terletak di Barossie Dry Clean and Laundry Bintaro dan Barito. Bunda dapat memilih apakah ingin membawanya sendiri ke lokasi dropbox atau menggunakan jasa ekspedisi dan ojek online. Sebelum mengirimkan baju bekasnya, Bunda diharapkan untuk mengisi form yang disediakan oleh Sadari Sedari terlebih dahulu.

Baca Juga:  6 Tips Memilih Sikat Gigi untuk Anak yang Tumbuh Gigi

Sadari Sedari merupakan komunitas yang peduli terhadap lingkungan dan masyarakat. Melalui pengumpulan dan pemanfaatan baju bekas, komunitas ini berhasil mengurangi jumlah sampah tekstil yang berakhir di TPA. Selain itu, komunitas ini juga memberikan manfaat sosial kepada orang-orang yang membutuhkan dan memberdayakan limbah tekstil menjadi produk bernilai.

Octopus: Aplikasi yang Membantu Mencari Lokasi Daur Ulang Terdekat

Selain beberapa layanan pengumpulan dan daur ulang sampah rumah tangga yang telah disebutkan sebelumnya, Bunda juga dapat menggunakan aplikasi Octopus untuk mencari lokasi daur ulang terdekat. Aplikasi ini menghubungkan kita dengan para pelestari (waste collectors) dan pebisnis produksi sampah (checkpoints) yang akan membantu mendaur ulang sampah-sampah rumah tangga.

Keunikan dari aplikasi Octopus adalah sampah-sampah yang kita kumpulkan dapat dikonversi menjadi poin yang bisa ditukar dengan uang tunai. Poin tersebut juga dapat ditukar dengan beberapa voucher, seperti diskon di kedai kopi. Saat ini, layanan Octopus baru tersedia di beberapa kota seperti Makassar, Badung, Gianyar, Denpasar, dan Bandung.

Aplikasi Octopus sangat membantu Bunda dalam mencari lokasi daur ulang terdekat. Dengan adanya aplikasi ini, Bunda dapat dengan mudah menemukan tempat-tempat yang menerima sampah-sampah rumah tangga untuk didaur ulang. Selain itu, Bunda juga dapat memanfaatkan sampah-sampah tersebut untuk mendapatkan poin yang dapat ditukar dengan berbagai keuntungan lainnya.

GrabExpress Recycle: Pengumpulan dan Pengantaran Sampah Anorganik

GrabExpress bekerja sama dengan Danone Aqua untuk menyediakan layanan pengumpulan dan pengantaran sampah anorganik. Melalui layanan GrabExpress Recycle, Bunda dapat mengirimkan sampah anorganik yang sudah dipilah dan dikemas ke Bank Sampah yang tersedia di Jakarta dan Tangerang Selatan.

Bunda hanya perlu memesan layanan GrabExpress Recycle dan memilih lokasi bank sampah dengan kata kunci “GRAB AQUA”. Layanan ini tersedia pada hari Senin hingga Sabtu dari jam 08:00 hingga 14:00. Biaya pengantaran akan disesuaikan dengan jarak tempuh yang harus ditempuh oleh kurir GrabExpress.

Layanan GrabExpress Recycle sangat membantu dalam mengatasi masalah sampah anorganik. Dengan adanya layanan ini, Bunda dapat dengan mudah membuang sampah anorganik tanpa harus khawatir akan mencemari lingkungan sekitar. Selain itu, kolaborasi antara GrabExpress dan Danone Aqua juga dapat memberikan manfaat sosial dan lingkungan yang positif.

Menangani Masalah Sampah dengan Bijak

Dalam menghadapi masalah penanganan sampah di Indonesia, diperlukan upaya kolaboratif dari berbagai pihak. Komunitas dan perusahaan-perusahaan yang telah disebutkan di atas merupakan contoh nyata dari upaya pengelolaan dan daur ulang sampah rumah tangga yang dapat dilakukan oleh setiap individu.

Dengan menggunakan layanan pengumpulan dan daur ulang sampah rumah tangga yang disediakan oleh Rekosistem, Waste4Change, Lyfe with Less, EwasteRJ, Sadari Sedari, Octopus, dan GrabExpress Recycle, Bunda dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Melalui pemilahan dan pengumpulan sampah rumah tangga yang benar, Bunda dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang berakhir di TPA dan mencemari lingkungan sekitar.

Baca Juga:  Tips Optimalkan Pertumbuhan Tinggi Anak

Selain itu, Bunda juga dapat memberikan manfaat sosial dengan menyumbangkan baju bekas yang masih layak pakai kepada mereka yang membutuhkan. Dengan begitu, baju bekas yang sudah tidak terpakai lagi dapat diberdayakan menjadi produk baru yang memiliki nilai ekonomi dan sosial.

Dalam menghadapi masalah sampah, penting bagi kita untuk memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengurangi, mendaur ulang, dan menggunakan kembali sampah rumah tangga, kita dapat mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan dan memperbaiki kualitas hidup kita.

Mengelola sampah rumah tangga dengan bijak merupakan tanggung jawab kita sebagai individu dan anggota masyarakat. Dengan menggunakan layanan pengumpulan dan daur ulang sampah rumah tangga yang telah disediakan, kita dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Conclusion

Penanganan sampah di Indonesia masih jauh dari kata ideal. Sebagian besar sampah masih menumpuk di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dan mencemari lingkungan sekitar. Untuk mengatasi masalah tersebut, beberapa komunitas dan perusahaan telah menyediakan layanan pengumpulan dan pengelolaan sampah rumah tangga. Dengan menggunakan layanan-layanan ini, Bunda dapat dengan mudah dan efisien membuang sampah rumah tangga tanpa harus khawatir akan mencemari lingkungan.

Rekosistem, Waste4Change, Lyfe with Less, EwasteRJ, Sadari Sedari, Octopus, dan GrabExpress Recycle adalah contoh layanan pengumpulan dan daur ulang sampah rumah tangga yang dapat Bunda pilih. Melalui layanan-layanan ini, Bunda dapat berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Dalam menghadapi masalah sampah, penting bagi kita untuk memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengurangi, mendaur ulang, dan menggunakan kembali sampah rumah tangga, kita dapat mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan dan memperbaiki kualitas hidup kita. Mengelola sampah rumah tangga dengan bijak merupakan tanggung jawab kita sebagai individu dan anggota masyarakat.

Melalui upaya kolaboratif antara individu, komunitas, dan perusahaan, kita dapat mengatasi masalah penanganan sampah di Indonesia. Dengan menggunakan layanan pengumpulan dan daur ulang sampah rumah tangga yang telah disediakan, kita dapat berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang.

Mari kita tingkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar. Dengan mengelola sampah rumah tangga dengan bijak, kita dapat menjadi bagian dari solusi dalam mengatasi masalah penanganan sampah di Indonesia. Bersama-sama, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan lestari untuk generasi mendatang.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com