7 Jenis Tes Bahasa Inggris, Biaya, dan Tempat Tesnya


Tes Bahasa Inggris merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia pendidikan dan karier. Melalui tes ini, seseorang dapat menunjukkan kemampuan berbahasa Inggrisnya secara tertulis maupun lisan. Ada banyak jenis tes bahasa Inggris yang dapat diambil, dan setiap jenis tes memiliki fungsinya tersendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas 7 jenis tes bahasa Inggris yang umum diambil, beserta dengan biaya dan tempat tesnya.

1. TOEFL (Test of English as a Foreign Language)
TOEFL adalah tes bahasa Inggris yang digunakan untuk non-native speaker atau mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Tes ini menguji kemampuan bahasa Inggris berdasarkan American English. TOEFL umumnya digunakan untuk mendaftar pekerjaan dan universitas yang berbahasa Inggris di Indonesia dan Amerika. Tes TOEFL terbagi menjadi empat jenis, yaitu PBT (Paper-Based Test), CBT (Computer-Based Test), iBT (Internet-Based Test), dan ITP (Institutional Testing Program). Setiap jenis tes memiliki durasi dan skor yang berbeda-beda. Biaya tes TOEFL sekitar Rp3.382.000 dan tempat tesnya dapat dilakukan di lembaga resmi penyelenggara tes seperti International Test Center (ITC) dan Lembaga Bahasa Universitas Indonesia.

2. IELTS (International English Language Testing System)
IELTS adalah tes bahasa Inggris yang umumnya berbasis British English. Tes ini digunakan dan diterima oleh negara-negara Eropa, Australia, dan New Zealand untuk penerimaan di universitas. Di Indonesia, beberapa universitas dan institusi pekerjaan juga mulai menggunakan IELTS. Ada dua jenis tes IELTS, yaitu General Training yang digunakan untuk bekerja atau imigrasi, dan Academic Training yang digunakan untuk mendaftar sekolah, universitas, atau profesi-profesi kedokteran. Tes IELTS memiliki durasi sekitar 2 jam 45 menit dan skor tertinggi adalah 9. Biaya tes IELTS sekitar Rp3.000.000 dan tempat tesnya dapat dilakukan di lembaga resmi penyelenggara tes seperti British Council dan International Education Specialists (IDP).

Baca Juga:  Penting! Inilah Sumber Protein Hewani Bagi Tumbuh Kembang Anak

3. TOEIC (Test of English for International Communication)
TOEIC umumnya digunakan sebagai syarat bekerja di perusahaan asing baik di Indonesia maupun di luar negeri. Tes ini menguji kemampuan bahasa Inggris dalam komunikasi internasional. Tes TOEIC terdiri dari tes listening, comprehension, dan reading comprehension. Skor TOEIC berkisar antara 10-990. Biaya tes TOEIC Listening Reading sekitar Rp675.000, sedangkan biaya tes TOEIC Speaking Writing sekitar Rp1.452.000. Tempat tes TOEIC dapat dilakukan di lembaga resmi penyelenggara tes seperti International Language Programs (ILP) dan International Test Center (ITC).

4. SAT (Scholastic Aptitude Test)
SAT adalah jenis tes yang digunakan untuk standar penerimaan mahasiswa baru S1 di Amerika Serikat. Tes ini mencakup beberapa materi seperti Evidence-Based Reading and Writing, Math, dan Essay (opsional). Skor SAT berkisar antara 400-1600. Tes SAT bukan pengganti TOEFL atau IELTS, jadi peserta tetap harus mengambil tes TOEFL atau IELTS jika ingin mendaftar di universitas di luar negeri. Biaya tes SAT sekitar $108 dan tempat tesnya dapat ditemukan di College Board.

5. GMAT (Graduate Management Admission Test)
GMAT digunakan untuk mahasiswa program studi bisnis yang akan melanjutkan studi ke Master of Business Administration (MBA) di luar negeri. Tes GMAT mencakup beberapa kategori seperti Analytical Writing Assessment, Integrated Reasoning, Quantitative Reasoning, dan Verbal Reasoning. Skor GMAT berkisar antara 200-800. Biaya tes GMAT berkisar antara $250-275 dan tempat tesnya dapat ditemukan di mba.com.

6. PTE (Pearson Test of English)
PTE adalah tes bahasa Inggris yang hampir mirip dengan TOEFL. Tes ini mencakup 4 kategori yaitu speaking and writing, reading, dan listening. Namun, penilaian pada PTE dilakukan secara otomatis (computerized) sehingga lebih objektif dan akurat. Skor PTE berkisar antara 10-90. Biaya tes PTE sekitar $185 dan tempat tesnya dapat ditemukan di IALF.

Baca Juga:  TULISAN: Brand Lokal yang Mendunia

7. CAE (Certificate of Advanced English)
CAE adalah tes bahasa Inggris yang disediakan oleh Cambridge Assessment English. Tes ini digunakan untuk program studi lanjutan atau karier di Britania Raya. Tes CAE menguji 4 kemampuan berbahasa Inggris, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Skor CAE berkisar antara 180-210. Biaya tes CAE sekitar Rp1.250.000 dan tempat tesnya dapat ditemukan di Cambridge Assessment English.

Melalui penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap jenis tes bahasa Inggris memiliki fungsinya tersendiri. Peserta tes perlu memilih jenis tes yang sesuai dengan tujuan pendidikan atau karier mereka. Biaya tes juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan budget yang dimiliki. Tempat tes juga penting agar peserta dapat mengambil tes dengan nyaman dan terpercaya. Dengan mengikuti tes bahasa Inggris yang sesuai, diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya dan mencapai tujuan pendidikan atau karier yang diinginkan.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com