Cara Mudah Membuat Alat Musik dari Barang Bekas di Rumah



Cara Membuat Alat Musik dari Barang Bekas

Alat musik adalah salah satu media yang efektif untuk merangsang perkembangan kreativitas dan kecerdasan anak. Dengan membuat alat musik sendiri dari barang bekas, kita tidak hanya mengajarkan anak untuk menghemat dan memanfaatkan barang yang ada di sekitarnya, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat alat musik dari barang bekas:

1. Drum Kaleng
Drum kaleng adalah salah satu alat musik yang paling mudah dibuat dari barang bekas. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa kaleng bekas susu atau sarden, cat warna, gunting, pita, dan selotip. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

– Lepaskan label kaleng bekas dan cuci bersih. Pastikan kaleng sudah kering sebelum melanjutkan.
– Hias kaleng bekas dengan cat warna sesuai dengan selera Anda. Biarkan cat kering sepenuhnya sebelum melanjutkan.
– Tambahkan pita-pita pada kaleng untuk memberikan sentuhan dekoratif. Gunakan selotip untuk memastikan pita tetap menempel dengan baik.
– Terakhir, siapkan pensil atau sumpit sebagai stik drum. Anda dapat menggunakan benda-benda lain yang memiliki kepala yang keras untuk menghasilkan suara yang berbeda.

2. Gitar dari Kotak Bekas
Membuat gitar dari kotak bekas adalah salah satu cara yang mudah dan murah untuk mengajarkan anak tentang alat musik. Anda hanya perlu menyiapkan kotak bekas dan karet gelang. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

– Gambar pola gitar pada kotak bekas dengan menggunakan pensil.
– Gunting kotak bekas sesuai dengan pola yang telah digambar. Tempelkan kedua potongan kotak dengan menggunakan lem hingga membentuk gitar.
– Buat lubang di salah satu sisi gitar dan pasang karet gelang sebagai senar. Pastikan karet gelang terpasang dengan kencang.
– Terakhir, tambahkan pegangan gitar dengan menggunakan kertas karton tambahan. Anda juga dapat menghias gitar dengan cat atau stiker untuk menambah tampilan yang menarik.

Baca Juga:  3 Langkah Mudah Membuat Cerita untuk Anak

3. Marakas dari Botol Air Mineral Bekas
Marakas adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dikocok. Anda dapat membuat marakas menggunakan botol air mineral bekas. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

– Bersama dengan anak, isi botol bekas dengan beras secukupnya. Jumlah beras yang Anda masukkan akan mempengaruhi suara yang dihasilkan.
– Setelah mendapatkan suara yang diinginkan, letakkan ujung sendok plastik pada bagian mulut botol.
– Rekatkan selotip di sekitar botol untuk memastikan sendok tetap menempel dengan baik.
– Terakhir, hias botol menggunakan kertas warna atau spidol untuk menambahkan sentuhan dekoratif.

4. Seruling dari Sedotan
Sedotan dapat dijadikan sebagai alat musik seruling yang sederhana. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa sedotan dengan panjang yang berbeda. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

– Siapkan sekitar 6 hingga 8 sedotan dengan panjang yang berbeda.
– Gunting dua sedotan dengan panjang yang sama untuk setiap pasang sedotan. Misalnya, jika Anda memiliki 6 sedotan, Anda dapat membuat 3 pasang sedotan dengan panjang yang berbeda.
– Susun sedotan yang telah dipotong berdasarkan panjangnya dan rekatkan dengan menggunakan selotip.
– Hias seruling yang telah terbentuk dengan menggunakan kertas origami atau bahan dekoratif lainnya. Anda juga dapat menambahkan warna pada sedotan untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

5. Gambang dari Gelas Beling
Gambang adalah alat musik tradisional yang terbuat dari gelas beling yang diisi dengan air. Anda dapat membuat gambang sederhana menggunakan gelas beling yang tersedia di rumah. Berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

– Susun gelas beling secara berbaris.
– Ketuk masing-masing gelas dengan sendok dan dengarkan suara yang dihasilkan. Pastikan suara yang dihasilkan berbeda-beda.
– Isi masing-masing gelas dengan air dengan volume yang berbeda-beda. Anda juga dapat menambahkan pewarna makanan untuk membedakan suara setiap gelas.
– Mainkan gambang dengan mengetukkan sendok ke setiap gelas, dimulai dari gelas dengan air paling sedikit hingga gelas dengan air paling banyak.

Baca Juga:  [7 Cara Memandikan Bayi] yang Tepat di Era New Normal

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat alat musik sederhana yang unik dan kreatif menggunakan barang bekas yang ada di sekitar Anda. Selain dapat mengasah kreativitas anak, membuat alat musik sendiri juga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan dapat mempererat hubungan antara orang tua dan anak. Jadi, ayo ajak si Kecil untuk berkreasi dan membuat alat musik dari barang bekas di rumah!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com