5 Manfaat Pijat Vagina Bagi Wanita


Pijat Vagina: Merawat dan Memperkuat Organ Intim Wanita

Seiring dengan perkembangan zaman dan semakin terbukanya masyarakat dalam membahas topik perawatan tubuh, pijat vagina menjadi salah satu topik yang semakin diminati. Bicara soal perawatan tubuh, yang terlintas di kepala kita pasti pijat badan atau spa, manicure pedicure, perawatan rambut, dan perawatan bagian luar tubuh lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa vagina juga butuh dirawat? Sebagai salah satu organ wanita yang sibuk, vagina punya serangkaian tugas harian seperti dipakaikan celana ketat, berkemih, rentan terkena kuman dan bakteri, berhubungan seksual, hingga tugas besar yaitu melahirkan. Semua tugas ini membuat vagina bisa merasa “lelah” dan membutuhkan perawatan khusus.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa perlu melakukan pijat vagina? Apa manfaatnya? Pijat vagina memiliki sejumlah manfaat yang tidak hanya membuat vagina menjadi lebih sehat, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup seksual wanita. Mari kita bahas secara lebih mendalam mengenai manfaat pijat vagina.

Menguatkan Otot Vagina

Vagina merupakan organ penting bagi wanita yang memiliki peran yang sangat vital. Otot-otot pada vagina dan dasar panggul memiliki peran penting dalam mendukung organ panggul dan mencegah terjadinya prolaps. Ketidakseimbangan otot-otot ini dapat menyebabkan disfungsi. Oleh karena itu, pijat pada area vagina dan dasar panggul dapat membantu merawat dan menguatkan otot-otot tersebut. Ketika otot-otot vagina kuat, hubungan seksual akan lebih nyaman dan saat proses persalinan, otot-otot tersebut akan membantu melahirkan dengan lebih mudah.

Membuat Vagina dan Area Sekitarnya Relaks

Setelah seharian bekerja, mengurus anak, dan merawat rumah, tubuh kita tentu saja merasa lelah. Bagaimana jika Anda pergi ke spa dan mendapatkan pijatan relaksasi dari seorang terapis? Rasanya pasti sangat menyenangkan dan membuat tubuh menjadi segar kembali, bukan? Begitu pula dengan vagina, setelah seharian dipakaikan celana ketat dan lembap, melakukan aktivitas fisik, serta bergerak kesana-kemari, pijat vagina dapat membuat vagina dan area sekitarnya menjadi lebih rileks. Hal ini akan memberikan rasa nyaman dan membuat mommies merasa segar kembali.

Baca Juga:  5 Manfaat Brokoli bagi Kesehatan si Kecil

Meredakan Nyeri dan Meningkatkan Kualitas Hubungan Seksual

Menurut Health.com, sekitar 75% wanita mengalami nyeri saat berhubungan seksual. Jika masalah ini tidak ditangani dengan baik, hubungan seksual dengan pasangan dapat menjadi tidak menyenangkan. Pijat vagina dipercaya dapat membantu mengatasi rasa nyeri tersebut. Selain itu, otot-otot vagina juga akan menjadi lebih kencang. Sehingga, aktivitas seksual akan menjadi lebih berkualitas tanpa adanya rasa nyeri.

Mengatasi Inkontinensia

Inkontinensia merupakan kondisi ketika seseorang tidak dapat mengontrol buang air kecil atau buang air besar. Hal ini disebabkan oleh kelemahan otot kandung kemih dan rektum sehingga tidak mampu mengontrol keinginan untuk buang air kecil atau buang air besar. Pijat pada vagina dan dasar panggul dipercaya dapat membantu mengatasi masalah ini. Otot dasar panggul yang sehat dan fleksibel akan membantu menopang kandung kemih dan rektum, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya inkontinensia.

Meredakan Nyeri Panggul

Kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari dapat menyebabkan nyeri pada panggul yang kemudian berujung pada nyeri pada bagian vagina. Misalnya, menahan keinginan untuk buang air kecil atau duduk dalam waktu yang lama. Terapi pijat vagina, khususnya latihan otot dasar panggul yang dilakukan oleh terapis profesional, dapat membantu meredakan nyeri pada panggul dan tulang belakang serta mengatasi masalah konstipasi.

Tidak hanya itu, menurut Laura Y. Huang, MD, seorang ahli kedokteran rehabilitasi fisik di University of Miami Miller School of Medicine, pijat vagina juga dapat mengatasi gangguan pada sistem muskuloskeletal yang meliputi tulang, otot, sendi, tulang rawan, ligamen, dan tendon. Pijat ini sebenarnya tidak ditujukan langsung untuk terapi vagina itu sendiri, tetapi lebih fokus pada otot-otot di sekitar dasar panggul dan pinggul. Namun, proses pijat tersebut harus dilakukan melalui vagina.

Baca Juga:  Sikat Gigi Setelah Makan Bisa Membuat Gigi Anak Keropos?

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba pijat vagina, Anda dapat mengunjungi terapis terpercaya yang telah terlatih dalam melakukan pijat vagina. Namun, jika Anda masih merasa sungkan, Anda juga dapat mempelajari teknik pijat vagina dari sumber yang terpercaya dan melakukan pijat vagina sendiri di rumah.

Dalam melakukan pijat vagina, perlu diingat bahwa kebersihan adalah hal yang sangat penting. Pastikan area sekitar vagina dan tangan Anda dalam keadaan bersih sebelum melakukan pijatan. Selain itu, gunakanlah minyak atau pelumas yang aman dan sesuai dengan anjuran dokter atau terapis yang Anda konsultasikan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan keadaan tubuh Anda dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki keluhan atau masalah kesehatan pada area vagina.

Dalam menjaga kesehatan vagina, selain melakukan pijat vagina, penting juga untuk menjaga kebersihan dengan membersihkan vagina secara rutin dan menggunakan produk perawatan vagina yang aman dan sesuai dengan anjuran dokter. Jangan lupa pula untuk menghindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat dan mengganti pakaian dalam secara teratur.

Dalam menghadapi tantangan sehari-hari, kesehatan dan kesejahteraan tubuh kita sangat penting. Dengan melakukan pijat vagina, kita dapat merawat dan menjaga kesehatan organ intim wanita. Jadi, mommies, jangan hanya memikirkan perawatan tubuh secara umum, tetapi juga berikan perhatian khusus pada kesehatan dan perawatan vagina.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com