5 Kiat Menyiasati Halaman Rumah Sempit Jadi Taman Asri


Kehadiran taman di rumah bisa menyegarkan suasana, sekaligus sebagai sumber produksi oksigen. Tapi bagaimana kalau nggak begitu luas ya? Nggak masalah! Atasi dengan beberapa kiat berikut ini.

Halaman di rumah saya termasuk mungil, tapi karena orangtua saya senang menanam segala macam tanaman jadilah taman rumah kami tetap rimbun. Tapi tentu saja harus memerhatikan beberapa trik, supaya taman kecil kami tetap sedap untuk dipandang. Mendesain halaman mungil ini memang susah-susah gampang sih, tapi tetap banyak jalan menuju Roma 😀

Hati-hati memilih jenis tanaman

Pilihan tanaman yang tepat sangat penting dalam mendesain taman rumah yang mungil. Memilih tanaman yang ukurannya tidak terlalu besar adalah langkah pertama yang harus diperhatikan. Dengan memilih tanaman yang agak tinggi, kita dapat memanipulasi persepsi luas taman. Selain itu, kita juga harus memilih tanaman yang tidak menghasilkan terlalu banyak sampah daun. Tanaman yang sudah dibonsai bisa menjadi pilihan yang baik, karena dapat memberikan kesan bahwa taman kita lebih luas. Saya merekomendasikan untuk memilih pohon yang memiliki dedaunan memanjang dan agak runcing agar tampilan taman menjadi lebih menarik.

Manfaatkan dinding

Selain memanfaatkan lahan horizontal, kita juga dapat memanfaatkan dinding sebagai tempat menanam tanaman. Vertical garden adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mengoptimalkan penggunaan ruang. Cara paling sederhana adalah dengan menggunakan pot yang ditempel atau digantung pada dinding. Kita juga bisa menanam tanaman rambat dan mengarahkannya ke bagian dinding. Dengan memanfaatkan dinding, kita dapat menambah variasi tanaman dan menciptakan tampilan yang lebih menarik.

Pencahayaan

Selain desain, pencahayaan juga merupakan faktor penting dalam menciptakan tampilan yang menarik pada taman rumah kita. Pada malam hari, kita dapat menggunakan lampu LED yang ramah lingkungan untuk memberikan efek cahaya pada tanaman yang ingin kita tonjolkan. Dengan memanfaatkan permainan cahaya, taman kita akan terlihat lebih indah dan menarik. Selain itu, pencahayaan yang baik juga dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan memberikan nuansa yang lebih nyaman.

Baca Juga:  Waspada Ini Efeknya Bila si Kecil Suka Pilih-pilih Makanan

Jalan setapak

Menggunakan jalan setapak adalah salah satu cara untuk menjaga kebersihan dan keindahan taman rumah kita. Dengan adanya jalan setapak, kita tidak perlu menginjak rumput ketika ingin menyiram tanaman atau berjalan-jalan di taman. Selain itu, jalan setapak juga dapat memberikan kesan bahwa taman kita memiliki dimensi yang lebih luas. Kita bisa membuat jalan setapak dengan berbagai macam bahan, seperti batu bata atau bahan lain yang banyak dijual di tukang taman. Kita juga bisa membuat jalan setapak dengan desain yang agak berkelok atau lurus, sesuai dengan selera dan kebutuhan kita.

Komposisi

Komposisi tanaman juga merupakan faktor penting dalam mendesain taman rumah yang mungil. Untuk menciptakan taman yang indah dan tidak terlihat “sesak”, kita dapat menempatkan tanaman besar hanya pada beberapa sudut taman. Misalnya, kita bisa menempatkan dua tanaman besar di sudut taman untuk menciptakan fokus yang menarik. Selain itu, permainan warna tanaman juga dapat memberikan efek yang menarik. Sebaiknya kita tidak menggunakan hanya satu jenis warna tanaman, melainkan mencampur beberapa jenis warna. Pilihlah tumbuhan yang memiliki bunga-bunga kecil untuk menambah manis tampilan taman kita.

Bunda punya trik lainnya? Silakan bagi ke kami, ya 🙂 Taman rumah adalah tempat yang menyenangkan untuk melepas penat dan bersantai. Meskipun halaman rumah kita mungil, dengan beberapa trik diatas kita dapat menciptakan taman yang indah dan nyaman untuk dinikmati.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com