5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Lulusan SMA

Manajemen: Jurusan Kuliah yang Paling Diminati

Jurusan Manajemen merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling diminati oleh para lulusan SMA. Terletak dalam Fakultas Ekonomi, jurusan ini menawarkan berbagai ilmu pengelolaan bisnis yang sangat diperlukan dalam dunia kerja. Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek dalam pengelolaan bisnis, seperti pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, dan keuangan.

Jurusan Manajemen memiliki prospek kerja yang sangat baik. Dalam bisnis apapun dan dalam perusahaan manapun, ilmu manajemen pasti dibutuhkan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para lulusan SMA tertarik untuk mengejar karir di bidang ini. Meskipun persaingan di jurusan ini sangat ketat, peluang kerja di masa depan tetap besar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang sangat banyak dibandingkan dengan jumlah kursi yang tersedia.

Contohnya, di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), terdapat 96 kursi yang tersedia di jurusan Manajemen. Namun, terdapat sebanyak 4.570 pendaftar yang siap bersaing. Ini menunjukkan betapa tingginya minat para lulusan SMA untuk kuliah di jurusan ini. Mereka sadar akan peluang yang besar di dunia kerja setelah lulus.

Psikologi: Ilmu yang Semakin Diminati

Jurusan Psikologi adalah salah satu jurusan kuliah yang semakin diminati oleh para lulusan SMA. Pada tahun lalu, Universitas Gadjah Mada (UGM) hanya membuka 68 kursi untuk jurusan Psikologi. Namun, terdapat sebanyak 4.202 anak yang mendaftar di jurusan tersebut. Begitu pula di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), yang hanya memiliki daya tampung 108, namun terdapat 3.539 yang mengincar jurusan ini.

Ilmu Psikologi menawarkan banyak peluang kerja yang menjanjikan. Selain dapat bekerja di perusahaan-perusahaan ternama, lulusan Psikologi juga dapat membuka praktik sendiri atau bekerja di sebuah klinik psikologi dengan bayaran per jam. Bidang ini sangat relevan dengan perkembangan zaman dan semakin dibutuhkan dalam berbagai sektor.

Baca Juga:  4 Tips dan Trik Membuat si Kecil Suka Sarapan

Ilmu Komunikasi: Jurusan yang Menghasilkan Banyak Profesional

Jurusan Ilmu Komunikasi juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang paling diminati oleh para lulusan SMA. Jurusan ini menawarkan berbagai peluang karir yang menarik, seperti menjadi digital strategist, social media specialist, pemimpin redaksi media online, news anchor, MC, dan masih banyak lagi. Selain itu, lulusan Ilmu Komunikasi juga memiliki kesempatan untuk menjadi content creator dan YouTuber.

Meskipun siapa saja bisa menjadi content creator tanpa harus mengenyam pendidikan Ilmu Komunikasi, memiliki bekal pendidikan di jurusan ini sangat mendukung dalam mencapai berbagai cita-cita di atas. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak lulusan SMA yang tertarik untuk kuliah di jurusan ini.

Universitas UPN Veteran Jakarta misalnya, memiliki 160 kursi untuk program studi Ilmu Komunikasi. Namun, terdapat 4.202 lulusan SMA yang mendaftar di program studi ini. Hal yang sama terjadi di UNJ, yang hanya menyediakan 34 kursi, namun terdapat 3.170 yang mendaftar. Begitu pula di UNY, yang memiliki daya tampung 71 saja, namun terdapat 3.168 pendaftar.

Kedokteran: Jurusan yang Selalu Penuh Peminat

Jurusan Kedokteran juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang selalu penuh dengan peminat. Profesi dokter tidak hanya terbatas pada tugas di rumah sakit, tetapi juga dapat mengabdikan diri di bidang edukasi kesehatan masyarakat. Banyak dokter zaman sekarang yang setelah meraih gelar dokter, memilih untuk menjadi edukator atau content creator di bidang kesehatan. Mereka menjadi pembicara dan memberikan penyuluhan di berbagai seminar, pelatihan, atau komunitas, serta menjadi relawan dalam situasi darurat seperti saat pandemi.

Terdapat banyak perguruan tinggi yang menawarkan jurusan Kedokteran, baik negeri maupun swasta. Sebagai contoh, di UGM terdapat 3.666 pendaftar untuk jurusan ini, namun hanya terdapat 53 kursi yang tersedia. Sedangkan di Jurusan Kedokteran Universitas Indonesia (UI), terdapat 3.525 pendaftar dengan daya tampung 83. Di Universitas Padjadjaran (Unpad), terdapat 78 kursi bagi yang lolos dari 3.088 pendaftar.

Baca Juga:  [14 Macam] Kandungan Gizi di Dalam Telur yang Baik untuk Anak

Jurusan Kedokteran menawarkan karir yang sangat menjanjikan dan memiliki dampak yang besar dalam masyarakat. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak lulusan SMA yang tertarik untuk menekuni bidang ini.

Ilmu Hukum: Jurusan dengan Masa Depan Cerah

Jurusan Ilmu Hukum juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang memiliki masa depan cerah. Profesi pengacara sangat diminati karena tarif yang dibayar per jam, terutama jika sudah terkenal sering memenangkan kasus. Lulusan Ilmu Hukum memiliki berbagai pilihan bidang kerja sesuai minat, seperti hukum perdata atau pidana, bekerja di perusahaan atau di law firm, menjadi pengacara perceraian atau korporat.

Jurusan Ilmu Hukum di Unbraw, misalnya, menarik minat sebanyak 3.623 lulusan SMA. Meskipun hanya memiliki daya tampung 182 kursi, peluang untuk diterima masih cukup besar dibandingkan dengan pendaftar. Sedangkan di UGM, hanya terdapat 99 kursi dengan 3.542 pendaftar.

Ilmu Hukum adalah bidang yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Seorang pengacara memiliki peran yang sangat vital dalam menegakkan keadilan dan melindungi hak-hak individu. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak lulusan SMA yang tertarik untuk mengejar karir di bidang ini.

Jurusan Kuliah Lainnya dengan Masa Depan Cerah

Selain lima jurusan kuliah di atas, terdapat banyak jurusan lainnya yang juga menawarkan masa depan cerah. Beberapa di antaranya adalah arsitektur, desain komunikasi visual, administrasi dan sekretari, sastra, teknik, dan masih banyak lagi. Setiap jurusan memiliki keunikan dan peluang kerja yang menarik sesuai minat dan bakat masing-masing individu.

Tidak semua lulusan SMA memiliki minat yang sama. Ada yang memiliki minat sangat spesifik, seperti ingin kuliah di jurusan sains, matematika, metalurgi, seni, fashion, musik, atau perhotelan. Setiap individu memiliki keunikan dan bakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mendukung dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk meraih cita-cita mereka.

Baca Juga:  Kenali Tanda Ketuban Pecah Pada Ibu Hamil

Dalam memilih jurusan kuliah, yang terpenting adalah memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Memiliki minat yang kuat akan memotivasi kita untuk belajar dengan lebih giat dan menjalani kuliah dengan tanggung jawab penuh. Jangan sampai kita memilih jurusan kuliah hanya karena ikutan teman atau pacar, karena hal ini tidak akan membawa kebahagiaan dan kesuksesan dalam jangka panjang.

Referensi:
– https://www.yogyes.com/id/yogyakarta-news/berita-ugm/lulusan-sma-kebanjiran-pendaftar-jurusan-manajemen-ugm/
– https://www.unj.ac.id/berita/jurusan-psikologi-fip-unj-terus-menjadi-pilihan-favorit-para-calonsiswa
– https://www.upnjatim.ac.id/berita/2021-07-07/11/04/10050/upn-veteran-jakarta-unggul-dalam-penerimaan-mahasiswa-baru-jalur-sbmptn-2021
– https://ugm.ac.id/id/berita/21179-ugm-raih-peringkat-3-pada-rangking-web-of-world-research-institutes-untuk-bidang-ilmu-komunikasi
– https://www.ugm.ac.id/id/berita/21167-jurusan-kedokteran-ugm-kembali-terfavorit-di-jalur-sbmptn-2021
– https://www.unpad.ac.id/2021/07/hasil-sbmptn-2021-ini-jumlah-pendaftar-yang-diterima-di-unpad/
– https://www.unbraw.ac.id/berita/sbmptn-2021-unbraw-terima-3-623-pendaftar
– https://www.ugm.ac.id/id/berita/21144-ugm-raih-peringkat-3-pada-klasemen-pemeringkatan-akreditasi-ilmu-hukum


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com