5 Cara Mempercepat Pembukaan yang Alami dan Mudah

Cara Mempercepat Pembukaan yang Alami dan Mudah

Hormon prolaktin diketahui sebagai hormon esensial yang berperan agar produksi ASI dapat berjalan dengan lancar dan optimal. Namun, selain itu, hormon ini juga memiliki manfaat lainnya bagi kesehatan ibu. Di sini, kami akan membahas tentang cara mempercepat pembukaan secara alami dan mudah.

Saat memasuki masa persalinan, banyak ibu yang merasakan perasaan tidak menentu. Salah satunya adalah perasaan cemas menanti kelahiran buah hati. Namun, dalam proses persalinan, ada tahapan yang harus dilalui oleh ibu, yaitu pembukaan. Tahapan ini penting untuk mengetahui seberapa besar terbukanya rahim sebagai jalur lahir bagi si kecil. Selain itu, pembukaan juga dapat mempengaruhi apakah proses persalinan akan dilakukan secara normal atau caesar. Semakin besar pembukaan yang ibu alami, semakin cepat juga bayi akan lahir.

Namun, setiap ibu memiliki pembukaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, banyak ibu yang mencari tahu tentang cara mempercepat pembukaan. Mencari tahu cara mempercepat pembukaan ini menjadi hal yang sering dilakukan karena proses pembukaan persalinan memiliki 10 tahap yang cepat atau lambatnya kerap kali berbeda dari satu ibu ke ibu lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat pembukaan secara alami yang bisa dilakukan ibu:

1. Sering Berjalan Kaki
Aktivitas fisik yang ringan dan low impact seperti berjalan kaki dianjurkan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Namun, ternyata berjalan kaki secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara mempercepat pembukaan yang alami dan baik. Berjalan kaki dengan santai dalam waktu yang tidak terlalu intensif dianggap bisa menjadi salah satu cara agar janin lebih cepat turun menuju jalur lahir. Ketika ibu sering berjalan kaki, kepala janin akan bergerak menekan mulut rahim. Tekanan ini nantinya akan membantu proses pembukaan menjadi lebih cepat. Selain itu, tekanan yang dihasilkan dari cara mempercepat pembukaan ini juga akan menstimulasi kontraksi yang membuat jalur lahir cepat terbuka.

Baca Juga:  Wajib Diperhatikan Saat Membersihkan Telinga si Kecil

Dalam melakukan aktivitas berjalan kaki ini, ibu tidak perlu melakukannya dalam waktu yang cukup lama atau jarak yang jauh. Berjalan kaki di sekitar rumah atau di taman yang ada di dekat rumah bisa menjadi pilihan yang baik. Jika mulai merasa lelah, ibu bisa langsung pulang untuk beristirahat dengan nyaman. Bunda juga bisa mengajak suami untuk menjadi teman berolahraga agar mengurangi kesan bosan saat berjalan kaki sendirian.

2. Melakukan Olahraga Ringan
Selain berjalan kaki, ibu juga bisa melakukan olahraga ringan di rumah sebagai salah satu cara mempercepat pembukaan yang alami. Ada banyak jenis olahraga ringan yang bisa ibu lakukan demi menemukan cara mempercepat pembukaan yang alami. Salah satunya adalah rutin melakukan senam hamil. Senam hamil ini biasanya terdiri dari beberapa tahap yang disesuaikan dengan usia kehamilan. Untuk ibu yang sedang menunggu waktu persalinan, senam kegel bisa menjadi pilihan yang baik sebagai olahraga ringan dalam cara mempercepat pembukaan. Senam kegel ini dinilai mampu membantu membuat otot panggul menjadi lebih elastis jika dilakukan secara rutin. Dengan otot panggul yang elastis, jalan lahir dan proses persalinan dapat dilakukan dengan lancar dan optimal. Cara mempercepat pembukaan ini juga mampu mencegah risiko rahim turun di masa kehamilan.

3. Hadirkan Stimulasi Kontraksi dengan Ball Birth
Selain senam kegel, olahraga ringan lainnya yang bisa menjadi cara mempercepat pembukaan secara alami adalah senam menggunakan ball birth sebagai alat bantu. Ball birth merupakan sejenis bola gym dengan ukuran, berat, dan fleksibilitas yang disesuaikan untuk ibu hamil. Senam menggunakan ball birth secara rutin dianggap mampu memperlancar proses persalinan sekaligus juga mengurangi rasa sakit saat kontraksi datang. Dengan arahan yang tepat, cara mempercepat pembukaan ini dinilai mampu mengurangi rasa sakit di bagian punggung. Selain itu, ball birth juga dapat membuat otot tubuh ibu menjadi lebih elastis, sehingga menjadi cara mempercepat pembukaan yang efektif di usia kehamilan yang mendekati masa persalinan. Untuk cara awal, ibu bisa mencoba untuk membiasakan terlebih dahulu duduk di atas ball birth dengan kaki yang lurus. Lakukan secara perlahan dan bertahap hingga ibu merasa nyaman agar cara mempercepat pembukaan ini tidak menjadi salah satu penyebab cidera yang mengkhawatirkan saat kehamilan. Bunda juga bisa meminta bantuan suami agar menjaga tubuh tetap seimbang saat menggunakan cara mempercepat pembukaan ini.

Baca Juga:  3 Penyebab Hernia Pada Bayi Ini Harus Ibu Waspadai

4. Mandi Air Hangat
Mandi air hangat juga bisa menjadi salah satu cara mempercepat pembukaan secara alami. Mandi air hangat ini merupakan hal yang paling mudah untuk dilakukan di rumah. Mandi air hangat juga bermanfaat untuk mempercepat kontraksi, sehingga ibu tidak perlu merasa sakit akibat mulas yang terlalu besar dan lama.

5. Buang Air Kecil Secara Teratur
Rasa cemas menjelang waktu persalinan kerap kali membuat ibu mudah merasa haus dan minum dalam jumlah banyak dalam waktu yang singkat. Minum air putih memang memiliki banyak manfaat, namun menjelang persalinan, ibu juga harus memerhatikan frekuensi buang air kecil. Pastikan ibu memiliki frekuensi buang air kecil yang teratur. Buang air kecil secara teratur ini juga merupakan salah satu cara mempercepat pembukaan yang alami. Kandung kemih yang penuh berisiko memperlambat proses pembukaan serta menghambat kontraksi yang berdampak pada proses persalinan yang kurang lancar.

Tetapi, ibu juga perlu waspada terhadap rekomendasi cara mempercepat pembukaan dengan menggunakan rumput fatimah. Rumput fatimah dianggap berbahaya untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu risiko besar yang terjadi berkat rumput fatimah adalah risiko keguguran yang besar, karena rumput fatimah memaksa tubuh untuk mengirimkan sinyal kontraksi yang jadi bahaya bagi ibu hamil.

Selain cara-cara di atas, ibu juga sebaiknya mengikuti anjuran dokter atau bidan yang menangani kehamilan dan persalinan. Konsultasikan dengan tenaga medis mengenai cara mempercepat pembukaan yang aman dan sesuai dengan kondisi ibu dan janin.

Dalam setiap langkah yang dilakukan untuk mempercepat pembukaan, ibu juga sebaiknya tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Istirahat yang cukup, pola makan yang seimbang, dan menghindari stres juga merupakan faktor penting dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan.

Baca Juga:  Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tempe untuk Bayi

Selain itu, ibu juga harus memperhatikan tanda-tanda persalinan yang sudah dekat, seperti kontraksi yang semakin sering dan lebih kuat, pecah ketuban, serta penurunan berat badan yang signifikan. Jika ibu mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah berkonsultasi dengan tenaga medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Dalam menghadapi proses persalinan, ibu juga sebaiknya mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Bersiaplah dengan baik, belajar teknik pernapasan yang benar, dan bersiaplah untuk menjalani proses persalinan dengan tenang dan sabar.

Demikianlah beberapa cara mempercepat pembukaan secara alami dan mudah yang bisa ibu lakukan. Namun, tetap ingat untuk berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang menangani kehamilan dan persalinan ibu untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat dan sesuai dengan kondisi ibu dan janin.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com