4 Resep Makanan Asam Amino Esensial Untuk Kesehatan Si Kecil

4 Resep Makanan Asam Amino Esensial Untuk Kesehatan Si Kecil

Makanan merupakan elemen penting dalam menjaga tumbuh kembang anak agar optimal. Sebagaimana yang telah Bunda ketahui, makanan punya peranan penting dalam memproduksi 9 asam amino esensial yang sangat diperlukan oleh tumbuh kembang si buah hati. 9 asam amino esensial atau 9AAE merupakan elemen penting yang berguna untuk pembentukan otot dan tulang pada anak di masa pertumbuhannya.

Jika dipikirkan, mungkin Bunda akan kesulitan dalam menentukan resep makanan asam amino esensial untuk sang buah hati. Nyatanya, dengan bahan-bahan masakan yang mudah tersedia di rumah, Bunda sudah bisa menyajikan resep makanan asam amino esensial yang dapat membuat anak tumbuh dan berkembang jadi anak yang sehat dan kuat.

Perlu dipahami, bahwa tubuh manusia, baik anak-anak maupun orang dewasa secara otomatis mampu memproduksi asam amino. Namun tidak untuk 9 asam amino esensial atau yang juga dikenal dengan istilah 9AAE. Untuk memproduksi 9 asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh anak-anak, Bunda perlu senantiasa menyajikan makanan asam amino esensial yang memiliki kandungan protein tinggi. Dalam memproduksi 9 asam amino esensial, tubuh mengurai kandungan protein yang didapatkan dari berbagai jenis sumber makanan asam amino esensial, seperti telur, susu, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan serta hasil olahnya.

Dalam artikel ini, akan dibahas 4 resep makanan asam amino esensial yang mudah dikreasikan di rumah. Resep-resep ini dapat membantu Bunda dalam memenuhi kebutuhan 9 asam amino esensial untuk tumbuh kembang anak dengan mudah dan praktis.

1. Tempe Panggang ala Thailand
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 1 balok atau 500 gram tempe
– 150 ml kaldu sayuran
– 2 sdm minyak zaitun
– 2 sdm kecap manis rendah sodium
– 2 sdm air jeruk nipis
– 1 sdm jahe parut
– 1 sdm irisan daun ketumbar

Baca Juga:  Aman dan Sehat Bekerja Saat Hamil

Cara membuat:
– Pertama, ibu bisa memulai dengan memotong tempe dalam ukuran dadu. Selanjutnya, masak tempe yang sudah dipotong ke dalam air mendidih. Kecilkan apinya dan masak selama 10 menit. Lalu tiriskan.
– Campur minyak zaitun, kecap manis rendah sodium, air jeruk nipis, jahe parut, dan irisan daun ketumbar ke dalam wadah. Aduk hingga merata.
– Masukkan tempe yang sudah direbus ke dalam wadah campuran bumbu dan diamkan selama satu jam hingga bumbu meresap ke dalam tempe.
– Panaskan oven hingga mencapai suhu 190 derajat celcius. Ketika oven sudah panas, panggang tempe selama 12 hingga 15 menit. Lalu panggang kembali sisi lainnya selama 10 menit.
– Keluarkan dari oven dan tempe panggang ala Thailand bisa disajikan sebagai makanan asam amino esensial untuk anak.

2. Tahu Goreng Crispy
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Tahu
– Tepung maizena
– Tepung jagung
– Keju parmesan
– Minyak zaitun
– Garam

Cara membuat:
– Siapkan mangkuk, campurkan keju, tepung jagung, tepung maizena, dan garam. Aduk hingga seluruh bahan adonan kering merata.
– Selanjutnya, potong dadu kecil tahu yang telah disiapkan. Lalu masukkan ke dalam bahan adonan kering yang telah dipersiapkan. Pastikan seluruh permukaan tahu telah tertutup dengan adonan kering secara merata.
– Panaskan minyak zaitun secukupnya di dalam wajan. Setelah panasnya merata, goreng tahu hingga warnanya berubah golden brown. Masak dengan menggunakan api sedang sehingga tahu dapat matang secara menyeluruh tanpa mengurangi teksturnya yang crispy.

3. Sate ayam
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
– 1 1/2 sdm air perasan lemon
– 1 sdm kecap manis
– 1 sdm madu
– 1 sdm bumbu kacang, halus atau crunchy bisa pilih sesuai selera
– 4 potong dada ayam

Baca Juga:  Pijatan Lembut, Cara Agar Si Kecil Nyaman Tidur

Cara membuat:
– Pertama, Bunda bisa memulai dengan mencampurkan bahan-bahan seperti bawang putih yang telah dihaluskan, madu, air perasan lemon, bumbu kacang, serta kecap manis sebagai bumbu utama agar menambahkan cita rasa pada sate ayam.
– Sebelum mulai memotong bagian dada ayam, ada baiknya Bunda perlu pipihkan dulu daging menggunakan meat hammer agar tekstur daging ayam jadi lebih lembut. Selanjutnya, barulah potong daging ayam secara memanjang hingga 4 sampai 5 bagian.
– Lumuri daging ayam yang telah dipotong dengan bumbu yang telah dipersiapkan di awal secara merata. Diamkan selama 15 hingga 20 menit agar bumbu meresap hingga ke bagian daging yang paling dalam.
– Sembari menunggu bumbu meresap, rendam tusuk sate di dalam air dingin selama kurang lebih 20 menit. Hal ini diperlukan agar tusuk sate tidak mudah putus dan terbakar saat dipanggang.
– Setelah bumbu meresap ke dalam daging ayam, mulai susun daging ke dalam bentuk sate menggunakan tusuk sate yang sudah direndam.
– Setelah semua daging ayam sudah tertusuk, mulai panggang sate, baik menggunakan arang atau panggangan kompor selama empat menit di masing-masing sisi. Jangan lupa agar sate senantiasa diputar agar matang secara merata.
– Sate ayam sebagai makanan asam amino esensial sudah siap disajikan untuk sang buah hati.

4. Banana Milkshake
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
– Pisang
– Susu cair
– Madu sesuai selera

Cara membuat:
– Potong pisang menjadi bagian yang lebih kecil untuk dapat diolah menggunakan blender atau food processor. Tambahkan susu cair.
– Lumatkan pisang dan susu hingga teksturnya lembut dan creamy.
– Tambahkan madu untuk meningkatkan cita rasa dari banana milkshake.
– Banana milkshake siap dihidangkan untuk jadi pelengkap makanan asam amino esensial untuk tumbuh kembang anak.

Baca Juga:  9 Tanda Awal Pernikahan yang Akan Berakhir dengan Perceraian

Dengan resep-resep di atas, Bunda dapat menyajikan makanan asam amino esensial yang lezat dan bergizi untuk anak. Selain itu, Bunda juga dapat mengajarkan anak tentang pentingnya memilih makanan yang sehat dan bergizi sejak dini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Bunda dalam menjaga kesehatan dan tumbuh kembang si kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com