Pentingnya Kandungan Susu bagi Pertumbuhan Anak

Pentingnya Kandungan Susu bagi Pertumbuhan Anak

Pendahuluan

Banyak orang tua merasa khawatir dengan pertumbuhan buah hatinya. Apakah anak sudah mendapatkan gizi yang cukup? Apakah anak tumbuh sesuai dengan usianya? Apa yang harus orang tua berikan agar anaknya bisa tumbuh sehat dan ideal? Salah satu faktor penting dalam pertumbuhan anak adalah kandungan susu.

Susu dianggap sebagai nutrisi penting yang dapat menjaga pertumbuhan anak berjalan optimal. Terutama pada masa pra sekolah, anak dengan usia 4 hingga 6 tahun sangat membutuhkan asupan nutrisi agar bisa tumbuh dengan optimal. Bunda harus terus memberikan asupan makanan bergizi serta susu pertumbuhan tinggi badan anak setiap hari. Namun, apa sebenarnya kandungan susu yang penting untuk pertumbuhan anak? Berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai kandungan-kandungan penting dalam susu untuk pertumbuhan anak.

Tinggi Ideal Anak

Sebelum membahas kandungan susu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu berapa tinggi badan yang ideal untuk anak usia 4 hingga 6 tahun. Pada dasarnya, tidak ada patokan yang pasti untuk tinggi badan anak, karena setiap anak memiliki kecepatan pertumbuhan yang berbeda-beda. Namun, berdasarkan ketentuan WHO tahun 2007, terdapat batasan kapan anak dianggap pendek dan memiliki gizi buruk (stunting). Berikut adalah batasan tinggi badan anak perempuan dan laki-laki pada usia 4 hingga 6 tahun:

– Anak perempuan:
– Usia 4 tahun: 94,1 cm
– Usia 5 tahun: 100,1 cm
– Usia 6 tahun: 104,9 cm

– Anak laki-laki:
– Usia 4 tahun: 94,9 cm
– Usia 5 tahun: 100,7 cm
– Usia 6 tahun: 106,1 cm

Kandungan Susu Pertumbuhan

Susu pertumbuhan tinggi badan anak mengandung beberapa zat yang sangat baik untuk mengoptimalkan tinggi badan anak. Berikut adalah kandungan-kandungan penting dalam susu pertumbuhan:

Baca Juga:  Rekomendasi 13 Drama Korea Terbaik yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

1. Protein
Protein adalah zat pertama yang sangat penting untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang anak. Protein diibaratkan sebagai fondasi terpenting bagi tubuh untuk membangun berbagai jaringan. Asam amino yang terdapat dalam protein sangat bermanfaat untuk hormon pertumbuhan dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, jaringan, otot, kulit, dan organ. Pada tahap pertumbuhan yang pesat ini, anak membutuhkan lebih banyak asupan protein dibandingkan orang dewasa. Kekurangan protein dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti pertumbuhan abnormal, perkembangan mental yang terhambat, daya tahan tubuh yang melemah, dan hilangnya massa otot.

2. Vitamin D
Vitamin D memiliki manfaat yang sangat penting bagi pertumbuhan tulang, terutama pada anak-anak. Vitamin D bekerja sama dengan kalsium dan fosfat untuk membentuk tulang yang kuat dan sehat. Jika tubuh kekurangan vitamin D, pertumbuhan anak tidak akan optimal. Bahkan, kekurangan vitamin D secara kronis dapat menyebabkan penyakit rakhitis, yaitu kelainan tulang yang mengakibatkan tulang menjadi lemah dan lunak. Rakhitis paling sering menyerang anak dengan usia 6 bulan hingga 3 tahun dan sering ditemui di negara-negara berkembang.

3. Kalsium
Kalsium merupakan kandungan terbesar dalam susu pertumbuhan anak. Kalsium memiliki peranan besar dalam pertumbuhan tulang anak. Selain itu, kalsium juga berperan sebagai penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah. Saat tubuh kekurangan asupan kalsium, zat tersebut akan diambil dari tulang, yang dapat menyebabkan osteoporosis atau tulang rapuh. Oleh karena itu, anak perlu mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya, yang disarankan sekitar 1.000 hingga 1.200 mg per hari oleh Yayasan Osteoporosis Amerika Serikat.

4. Fosfor
Fosfor merupakan kandungan terakhir dalam susu pertumbuhan anak. Fosfor sangat baik untuk kesehatan tulang, karena dapat menyeimbangkan asam basa dalam tubuh. Proses ini akan mendukung pembentukan struktur tulang dan gigi sehingga menjadi kuat. Kekurangan fosfor dapat meningkatkan aktivitas enzim fosfatase dalam tubuh, yang dapat menyebabkan penurunan kualitas tulang dan gigi.

Baca Juga:  Bu, Kalau Aku Nggak Naik Kelas Bagaimana?

Penutup

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kandungan susu sangat penting untuk pertumbuhan anak secara optimal. Protein, vitamin D, kalsium, dan fosfor adalah beberapa kandungan penting dalam susu pertumbuhan yang berperan dalam mengoptimalkan tinggi badan anak. Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk memberikan asupan susu pertumbuhan yang mengandung kandungan-kandungan tersebut agar anak bisa tumbuh sehat dan ideal.

Referensi:
– WHO Child Growth Standards: Length/height-for-age, weight-for-age, weight-for-length, weight-for-height and body mass index-for-age
– National Institutes of Health: Calcium
– National Institutes of Health: Phosphorus
– National Institutes of Health: Vitamin D and Calcium

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com