4 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Ketika Menyapih

4 Cara Menjaga Kesehatan Payudara Ketika Menyapih

Saat proses menyapih si Kecil, banyak Bunda memiliki keluhan pada payudaranya. Coba lakukan 4 langkah menjaga kesehatan payudara ini agar menyapih jadi nyaman!

1. Pijat Payudara secara Rutin

Bu, biasanya pembengkakan payudara pasca menyapih anak disebabkan oleh penyumbatan saluran air susu. Oleh sebab itu, Bunda perlu melakukan pijat payudara secara rutin untuk menghilangkan penyumbatan tersebut. Pijatan yang lembut dapat membantu memperlancar peredaran darah di area payudara dan mengurangi pembengkakan. Selain itu, pijatan juga dapat merangsang produksi hormon oksitosin yang membantu mengeluarkan susu yang tersisa di payudara.

Cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan memberikan kompres. Gunakan handuk bersih yang telah direndam dengan air hangat atau air dingin dan tempelkan pada payudara selama 15-20 menit. Kompres ini dapat membantu meredakan pembengkakan dan mengurangi rasa nyeri. Namun, jika muncul warna kemerahan pada payudara dan Bunda mengalami gejala demam, segera periksakan ke dokter ya.

2. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Selain melakukan pijat payudara, dokter juga menyarankan saya untuk memperbanyak asupan nutrisi dengan mengonsumsi Vitamin D dan B. Kandungan vitamin tersebut dipercaya dapat dapat mengurangi risiko kanker payudara. Buah-buahan, sayuran, dan makanan yang mengandung serat tinggi juga dianjurkan untuk menjaga kesehatan payudara. Selain itu, penting untuk menghindari konsumsi alkohol dan merokok karena dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara.

Oh iya, pastikan juga untuk istirahat yang cukup ya, Bu. Tahukah Bunda? Tidur menjadi cara terbaik untuk mendukung proses pemulihan pada tubuh. Selama tidur, tubuh akan melakukan perbaikan sel-sel yang rusak dan mengeluarkan zat-zat yang tidak dibutuhkan. Yuk, kembalikan kesehatan tubuh Bunda dengan mendapatkan tidur yang cukup.

Baca Juga:  Tips Agar Bayi Bisa Belajar Bersosialisasi

3. Jaga Kebersihan Puting dan Aerola

Selama proses menyapih, sangat penting untuk menjaga kebersihan puting dan aerola agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Kelembapan dapat memudahkan kuman untuk berkembang biak. Itu sebabnya, sebisa mungkin jaga area payudara Bunda dalam keadaan kering. Hindari penggunaan sabun saat membersihkan puting karena kandungan soda di dalamnya dapat membuat kulit menjadi kering sehingga mudah lecet dan iritasi. Nah, untuk proses pembersihannya, Bunda cukup menggunakan kapas dan air hangat.

Selain itu, pastikan untuk selalu menggunakan bra yang bersih dan nyaman. Bra yang terlalu ketat dapat membatasi sirkulasi udara di area payudara dan menyebabkan iritasi. Pilihlah bra yang terbuat dari bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik.

4. Konsultasikan ke Dokter

Terlepas dari cara di atas, akan lebih baik jika Bunda konsultasikan masalah pasca menyapih ke dokter, ya. Terlebih jika Bunda merasakan gejala seperti demam, kulit kemerahan, dan rasa nyeri yang berlebihan. Dengan konsultasi ke dokter, proses menyapih akan jadi lebih nyaman dan Bunda dapat mendapatkan penanganan yang tepat.

Itu dia Bu, beberapa cara perawatan payudara yang bisa Bunda lakukan selama proses menyapih. Penting untuk tetap menjaga kesehatan payudara agar selalu sehat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Bunda.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com