3 Perawatan Mulut Untuk Si Kecil yang Baru Lahir

Perawatan mulut dan gigi sangat penting untuk kesehatan si Kecil yang baru lahir. Meskipun belum memiliki gigi, perawatan mulut dan gigi sejak dini sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Dalam tulisan ini, kita akan membahas perawatan mulut dan gigi bagi si Kecil yang baru lahir secara lebih detail.

1. Perawatan Bagian dalam Mulut

Bagian dalam mulut merupakan bagian yang penting untuk diperhatikan pada si Kecil yang baru lahir. Membersihkan bagian dalam mulutnya setiap kali selesai menyusui sangat penting untuk mencegah infeksi jamur yang disebabkan oleh Candida. Infeksi ini sering menyerang jaringan bagian mulut si Kecil yang sobek karena sering menyedot dari botol atau saat menyusui.

Untuk membersihkan bagian dalam mulut si Kecil, Anda dapat menggunakan lap basah yang sudah direndam air hangat. Usapkan lap basah tersebut pada bagian dalam mulut si Kecil dengan lembut. Hal ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih menempel di mulutnya. Selain itu, membersihkan bagian dalam mulut juga dapat membantu mencegah infeksi dan menjaga kebersihan mulut si Kecil.

2. Perawatan Gusi

Selain bagian dalam mulut, perawatan gusi juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan pada si Kecil yang baru lahir. Meskipun belum memiliki gigi, perawatan gusi dapat membantu menjaga kesehatan gusi si Kecil sebelum gigi pertama tumbuh. Membersihkan gusi si Kecil saat mandi dapat dilakukan dengan menggunakan kain kasa atau lap basah. Bungkus kain kasa tersebut pada jari telunjuk dan gosokkan secara perlahan pada gusi si Kecil. Membersihkan gusi si Kecil secara rutin dapat membantu mencegah infeksi dan menjaga kesehatan gusi.

3. Perawatan Gigi

Baca Juga:  10 Sekolah Dasar Favorit di Solo, Dari Negeri Sampai Swasta

Perawatan gigi juga penting meskipun si Kecil belum memiliki gigi yang tumbuh. Beberapa bayi dapat lahir dengan gigi yang disebut natal teeth. Jika si Kecil memiliki natal teeth, Anda dapat membersihkan giginya dengan menggunakan sikat gigi bayi yang lembut. Lakukan pembersihan gigi setelah pertama kali menyusui dan sebelum tidur. Perawatan gigi sejak dini dapat membantu menjaga kesehatan gigi si Kecil dan membiasakan si Kecil dengan rutinitas menyikat gigi.

Selain perawatan mulut dan gigi, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi si Kecil yang baru lahir. Berikut adalah beberapa tips tambahan:

1. Hindari memberikan makanan atau minuman manis pada si Kecil sebelum tidur. Gula dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi pada si Kecil.

2. Jaga kebersihan botol susu dan dot yang digunakan oleh si Kecil. Bersihkan botol susu dan dot setelah digunakan dan sterilkan secara rutin.

3. Jaga kesehatan gigi dan mulut Anda sendiri. Kuman yang dapat menyebabkan kerusakan gigi dan infeksi mulut dapat ditularkan kepada si Kecil melalui air liur.

4. Bawa si Kecil ke dokter gigi setidaknya dua kali dalam setahun. Pemeriksaan rutin ke dokter gigi dapat membantu mendeteksi masalah gigi dan mulut sedini mungkin.

Dengan menjaga kesehatan mulut dan gigi si Kecil sejak dini, Anda dapat membantu mencegah masalah gigi dan mulut yang dapat mengganggu pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Selain itu, membiasakan si Kecil dengan rutinitas perawatan mulut dan gigi sejak dini juga dapat membantu membentuk kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatan gigi di masa depan.

Penutup

Perawatan mulut dan gigi sangat penting bagi si Kecil yang baru lahir. Dengan membersihkan bagian dalam mulut, merawat gusi, dan menjaga kesehatan gigi, Anda dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi si Kecil. Selain itu, perawatan mulut dan gigi yang baik juga dapat membantu membentuk kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatan gigi di masa depan. Jadi, mulailah merawat mulut dan gigi si Kecil sejak dini dan jadikan perawatan mulut dan gigi sebagai bagian dari rutinitas sehari-hari si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  4 Tes untuk Diagnosa Penyakit Menular Seksual, Beserta Kisaran Biaya dan Lokasi Tes