15 SD Swasta Favorit di Jakarta yang Bisa Jadi Pilihan Para Orang Tua


SD swasta favorit di Jakarta merupakan salah satu pilihan yang banyak dicari oleh para orang tua dalam mencari tempat pendidikan terbaik bagi anak-anak mereka. Dalam memilih SD swasta favorit, faktor pendidikan karakter, fasilitas pendukung, kurikulum, dan metode pembelajaran menjadi pertimbangan yang penting. Berikut ini adalah daftar 15 SD swasta favorit di Jakarta yang bisa menjadi pilihan Anda:

1. SD Cikal
SD Cikal merupakan salah satu pilihan sekolah swasta favorit di Jakarta. Selain terletak di Cilandak, SD Cikal juga memiliki cabang di Serpong, Tangerang Selatan, dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Keunggulan SD Cikal terletak pada pendekatan pendidikan karakter kepada anak-anak dan fasilitas teacher support yang dimiliki. Setiap awal tahun ajaran, para guru dan orang tua bekerja sama dalam menentukan target dan pencapaian anak dalam satu semester.

2. SD Kupu-Kupu
SD Kupu-Kupu masuk dalam daftar SD swasta favorit di Jakarta karena memiliki perhatian khusus terhadap kebudayaan Indonesia. Selain itu, sekolah ini juga menyediakan ruang terbuka dan kebun yang luas untuk memfasilitasi kegiatan aktif anak-anak. SD Kupu-Kupu juga memiliki guru penunjang belajar yang siap membantu siswa yang mengalami kesulitan baik dalam akademik maupun non-akademik.

3. SD Al-Azhar Pusat
Bagi orang tua yang menginginkan pendidikan agama Islam terbaik untuk anak-anak mereka, SD Al-Azhar Pusat menjadi salah satu pilihan SD swasta favorit di Jakarta. Selain fokus pada pembelajaran agama Islam, sekolah ini juga menerapkan kurikulum Cambridge dan menawarkan jenjang pendidikan yang berkelanjutan. Dengan demikian, para orang tua tidak perlu bingung dalam memilih sekolah untuk anak-anak mereka di masa depan.

4. SD Kembang
SD Kembang memiliki pendekatan yang fokus dalam mendampingi siswa-siswinya dalam belajar. Para pendidik di SD Kembang menjadi rekan diskusi dan teman bertanya bagi siswa-siswinya. Kelebihan lainnya adalah setiap tema, sumber belajar, dan pilihan kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Guru di SD Kembang tidak hanya menjadi sumber ilmu pengetahuan, tetapi juga mendorong setiap anak untuk menjadi pembelajar mandiri.

Baca Juga:  4 Posisi Bayi dalam Kandungan yang Wajib Diketahui Ibu Hamil

5. SDK 6 BPK Penabur
Bagi Anda yang mencari sekolah kristen untuk anak-anak, SDK 6 BPK Penabur merupakan salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan. Sekolah ini memiliki fokus pada pembentukan karakter siswa yang mandiri dan bertanggung jawab. Selain itu, SDK 6 BPK Penabur juga rutin mengadakan berbagai kegiatan tahunan yang mendukung pendidikan anak-anak.

6. SD Bina Gita Gemilang
SD Bina Gita Gemilang menerapkan kurikulum internasional Cambridge serta menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam mata pelajaran Matematika, Ilmu Pengetahuan, dan Bahasa Inggris. Selain itu, sekolah ini juga memiliki fasilitas perpustakaan yang lengkap. Terdapat juga ruang musik dan area terbuka di atap sekolah untuk praktik menanam tumbuhan yang dapat menarik minat anak-anak.

7. HighScope Indonesia
Di tengah masa pandemi, HighScope Indonesia menerapkan sistem Home-Based Interactive Learning (HBIL) untuk memastikan kondisi siswa tetap kondusif dan aman selama proses belajar. Siswa juga dilengkapi dengan take home kit atau alat-alat pembelajaran yang disediakan oleh sekolah. Selain itu, terdapat juga sesi privat antara guru dan orang tua untuk memaksimalkan penggunaan sumber daya, baik dalam bentuk digital maupun teknologi.

8. SD Global Islamic School
SD Global Islamic School menerapkan sistem Student Centered Oriented, yang berarti guru bukan hanya menjadi sumber pengetahuan, tetapi juga berperan sebagai fasilitator, edukator, dinamisator, motivator, dan evaluator. SD Global Islamic School juga menerapkan Kurikulum Nasional Plus dengan muatan nilai-nilai Islam yang diterapkan dalam semua aspek pembelajaran.

9. SD Gemala Ananda
Jika Anda mencari SD swasta favorit di Jakarta dengan pengantar bahasa Indonesia, maka SD Gemala Ananda dapat menjadi pilihan. Sekolah ini juga menerapkan metode Brain-based Learning, yaitu metode pembelajaran yang sesuai dengan cara kerja otak anak dan tahapan perkembangannya.

Baca Juga:  6 Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar Anak. Ibu Wajib Tahu!

10. SD Pelita
Visi misi utama dari SD Pelita adalah membentuk karakter peserta didik agar berprestasi dan memiliki akhlak baik serta rasa peduli terhadap lingkungan melalui perbuatan yang mulia. Pembelajaran agama Islam di SD Pelita dikemas dengan lebih banyak dan mendalam dengan menerapkan teknik pembelajaran yang mengutamakan efektivitas, proses kreatif, dan kemampuan mandiri siswa.

11. SD Perguruan Cikini
SD Perguruan Cikini menerapkan metode pembelajaran Active Learning dan menggunakan multimedia sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Di kelas, siswa akan diajar oleh dua orang guru dengan metode bilingual. Salah satu guru bertindak sebagai ahli dalam bidang tertentu, sedangkan satu guru lagi bertindak sebagai pendamping dan menyampaikan pengajaran dalam bahasa Inggris.

12. Sekolah Citra Alam
Sekolah Citra Alam menerapkan kurikulum nasional yang diperkaya dengan beberapa kegiatan dari berbagai kurikulum internasional. Sekolah ini juga menerapkan kurikulum karakter yang berlandaskan pada Asmaul Husna serta kurikulum alam yang mengajak siswa untuk belajar dengan memanfaatkan alam sebagai tempat dan media pembelajaran.

13. SD Don Bosco
Sekolah Don Bosco mengajarkan lima karakter utama kepada murid-muridnya, yaitu integritas, kreativitas, kepemimpinan, kasih sayang, dan rasa syukur. Pembelajaran di SD Don Bosco mengarah pada keakraban, sesuai dengan akal budi dan norma agama yang dilakukan secara bebas tapi terarah, dengan guru yang menempatkan diri sebagai teman dan motivator.

14. Green Montessori School
Metode Montessori yang diterapkan di Green Montessori School mendukung anak-anak untuk belajar dengan ritme mereka sendiri. Metode ini mengutamakan pemikiran independen, rasa percaya diri, dan kemampuan berpikir kritis anak. Selain itu, sekolah ini juga memiliki fasilitas yang lengkap. Pada tahun 2019, Green Montessori School dinominasikan sebagai sekolah sehat dan bersih oleh pemerintah DKI Jakarta.

Baca Juga:  Kelahiran Prematur dan Bayi Berat Lahir Rendah

15. Gandhi Memorial International School
Sebagai salah satu sekolah internasional tertua di Indonesia, Gandhi Memorial International School masuk dalam daftar SD swasta favorit di Jakarta. Sekolah ini menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan fokus pada pertumbuhan anak dalam berbagai aspek, termasuk akademik, fisik, sosial, emosional, dan budaya.

Dari daftar di atas, Anda dapat memilih SD swasta favorit di Jakarta yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sebagai orang tua. Pastikan untuk mengunjungi langsung sekolah-sekolah yang Anda pertimbangkan dan melakukan penilaian terhadap kualitas pendidikan, fasilitas, dan metode pembelajaran yang ditawarkan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih SD swasta favorit di Jakarta untuk anak-anak tercinta.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com