15 Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak yang Aman dan Menambah Ilmu



Game Edukasi Anak yang Aman untuk Si Kecil

Game edukasi anak saat ini telah menjadi salah satu pilihan yang populer bagi para orang tua dalam mengajarkan anak-anak mereka berbagai keterampilan dan pengetahuan yang penting. Dengan menggunakan permainan yang menyenangkan, anak-anak dapat belajar dengan lebih mudah dan menyenangkan. Sebagai orang tua, penting bagi kita untuk memilih game edukasi yang tepat dan aman bagi si kecil. Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan beberapa game edukasi yang aman dan cocok untuk anak-anak di berbagai usia.

1. Endless Alphabet

Endless Alphabet adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 4-10 tahun. Dalam game ini, anak-anak akan belajar mengenal huruf-huruf abjad dengan cara yang menyenangkan. Game ini menampilkan karakter-karakter kartun yang lucu dan fitur permainan yang seru. Anak-anak akan diajak untuk mengenal huruf-huruf abjad melalui interaksi dengan karakter-karakter yang lucu dan menarik. Dengan menggunakan gambar dan suara yang menarik, game ini dapat membantu anak-anak dalam mengenal huruf-huruf abjad dengan lebih mudah dan menyenangkan.

2. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 2-8 tahun. Game ini menawarkan ribuan permainan yang beragam, yang dapat membantu anak-anak dalam belajar matematika, bahasa, membaca, menulis, dan perkembangan sosial-emosional. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar melalui permainan yang menarik dan interaktif. Mereka akan belajar dengan cara yang menyenangkan dan mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda. Game ini juga dilengkapi dengan fitur penilaian yang dapat membantu orang tua dalam memantau perkembangan anak-anak mereka dalam belajar.

3. Logic Games for Kids – Marbel

Logic Games for Kids – Marbel adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 3 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk bermain peran dalam 7 kerajaan yang berbeda. Masing-masing kerajaan memiliki puluhan level dan kostum yang menarik. Anak-anak akan diajak untuk berpikir kritis, kreatif, dan berkolaborasi dalam menyelesaikan setiap level permainan. Dengan cara ini, mereka akan belajar melalui pengalaman bermain yang menyenangkan dan interaktif.

4. Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle adalah game edukasi yang cocok untuk anak-anak di semua usia. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk menyusun puzzle dengan gambar-gambar hewan yang lucu. Tingkat kesulitan puzzle akan disesuaikan dengan usia anak-anak. Misalnya, untuk anak usia 3-5 tahun, puzzle akan terdiri dari 12-50 keping, sedangkan untuk anak usia 5-6 tahun, puzzle akan terdiri dari 50-100 keping, dan seterusnya. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar mengenal berbagai bentuk dan hewan dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga:  ASI untuk Bayi, Manfaat Baik dan Informasi Nutrisi

5. Doctor Kids

Doctor Kids adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk menjadi seorang dokter dan mengeksplorasi dunia medis. Mereka akan belajar mengenai berbagai jenis pekerjaan dalam dunia medis, seperti memeriksa gigi, mata, dan menggunakan mikroskop. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar mengenai pentingnya kesehatan dan dunia medis dengan cara yang menyenangkan.

6. Cooking Mama: Let’s Cook!

Cooking Mama: Let’s Cook! adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar memasak melalui susunan resep yang harus mereka buat. Mereka akan belajar berpikir cepat, kritis, dan mengasah daya ingat melalui permainan ini. Game ini tidak hanya cocok untuk anak perempuan, tetapi juga bisa dimainkan oleh anak laki-laki. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar memasak dengan cara yang menyenangkan.

7. Barefoot World Atlas

Barefoot World Atlas adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk mengenal budaya dunia dan geografi. Mereka akan dapat menjelajahi berbagai negara dan menyelesaikan kuis-kuis menarik yang berkaitan dengan budaya dan geografi. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar mengenai berbagai budaya dunia dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang geografi dengan cara yang menyenangkan.

8. Mazaam – The Musical Genius

Mazaam – The Musical Genius adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar mengenai musik. Mereka akan belajar mengenai tempo, nada, dan harmoni melalui permainan yang menarik dan interaktif. Dalam game ini, anak-anak juga akan diajak untuk bermain berbagai alat musik. Dengan cara ini, anak-anak dapat mengasah bakat musik mereka sejak dini dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga:  Kenali Jenis Kelas Prenatal Sebelum Melahirkan

9. Kahoot! DragonBox Numbers

Kahoot! DragonBox Numbers adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 4 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar matematika melalui permainan yang menyenangkan. Dalam game ini, anak-anak akan belajar mengenai angka dan operasi matematika dasar melalui interaksi dengan karakter-karakter yang lucu dan menarik. Dengan cara ini, anak-anak akan belajar matematika dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

10. Candy Crush Saga

Candy Crush Saga adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 5 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan belajar mengenal warna dan menyusunnya untuk mendapatkan poin serta menuntaskan misi. Mereka akan belajar berpikir kreatif dengan cepat dalam menyelesaikan setiap level permainan. Dalam game ini, anak-anak juga akan diajak untuk berpikir strategis dalam menyusun pergerakan mereka. Dengan cara ini, anak-anak dapat mengasah keterampilan berpikir mereka dengan cara yang menyenangkan.

11. ScratchJr

ScratchJr adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 5 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar coding melalui permainan yang menyenangkan. Dalam game ini, anak-anak dapat membuat program dan kode untuk cerita serta permainan mereka sendiri. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar coding dengan cara yang menyenangkan dan kreatif.

12. DuoLingo ABC

DuoLingo ABC adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 3-7 tahun. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar mengenal abjad melalui berbagai permainan yang menarik. Dalam game ini, anak-anak akan mengenal abjad melalui interaksi dengan karakter-karakter yang lucu dan menarik. Dalam game ini, anak-anak juga akan diajak untuk mendengarkan dan berbicara dalam bahasa yang mereka pelajari. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar mengenal abjad dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

13. Educational Games. Memory

Educational Games. Memory adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 3-10 tahun. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk mengasah daya ingat mereka melalui berbagai permainan. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk mencoba 3 level permainan, yaitu easy, medium, dan hard. Dalam setiap level permainan, anak-anak akan diajak untuk mencari gambar-gambar yang berbeda, mengingat barang, dan lainnya. Dengan cara ini, anak-anak dapat mengasah daya ingat mereka dengan cara yang menyenangkan.

Baca Juga:  Bermanfaatkah Penggunaan Stagen Setelah Melahirkan?

14. Kids Brain Trainer

Kids Brain Trainer adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 6-11 tahun. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk berpikir logis dan kreatif melalui berbagai permainan. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk berhitung, mencocokkan gambar, dan mengoleksi gambar. Dalam game ini, anak-anak juga akan diajak untuk mengembangkan keterampilan motorik mereka. Dengan cara ini, anak-anak dapat mengasah berbagai keterampilan mereka dengan cara yang menyenangkan.

15. DuoLingo

DuoLingo adalah game edukasi yang cocok untuk anak usia 7 tahun ke atas. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar bahasa asing melalui permainan yang menyenangkan. Game ini menyediakan pilihan 40 bahasa yang berbeda, mulai dari bahasa Inggris, Korea, Jepang, dan lainnya. Dalam game ini, anak-anak akan diajak untuk belajar kosa kata, tata bahasa, dan percakapan dalam bahasa yang mereka pelajari. Dengan cara ini, anak-anak dapat belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Dalam memilih game edukasi untuk anak-anak, penting bagi kita sebagai orang tua untuk memperhatikan faktor keamanan. Pastikan game yang dipilih tidak mengandung konten yang tidak sesuai untuk anak-anak dan tidak mempengaruhi perkembangan mereka secara negatif. Selain itu, kita juga perlu membatasi waktu bermain game anak agar mereka tidak terpapar terlalu lama dengan game online. Dengan memilih game edukasi yang aman dan tepat, kita dapat membantu anak-anak dalam belajar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com