14 Manfaat Daun Kelor untuk Bayi, Sudah Coba Bu?

14 Manfaat Daun Kelor untuk Bayi, Sudah Coba Bu?

Daun kelor memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan bayi. Salah satunya adalah kemampuannya dalam mengeluarkan racun dari tubuh. Selain itu, daun kelor juga memiliki banyak nutrisi yang diperlukan oleh bayi untuk tumbuh kembang dengan baik. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih detail tentang manfaat daun kelor untuk bayi.

1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Nutrisi

Daun kelor mengandung banyak nutrisi yang sangat penting bagi bayi. Dalam satu gram daun kelor saja sudah terkandung vitamin C yang 7 kali lebih banyak dari jeruk, kalsium 4 kali lebih banyak dari susu, vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel, dan potasium 3 kali lebih banyak dari pisang. Selain itu, daun kelor juga mengandung serat, zat besi, dan mineral yang baik untuk kesehatan bayi.

2. Mencegah Penyakit Anemia

Manfaat daun kelor berikutnya adalah untuk mencegah penyakit anemia. Kandungan zat besi dalam daun kelor dapat membantu menghantarkan oksigen oleh sel darah merah ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas dan kurang fokus.

3. Menyehatkan Penglihatan

Daun kelor mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam daun kelor 4 kali lebih banyak dari wortel. Dengan mengonsumsi daun kelor, bayi akan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami masalah penglihatan seperti rabun mata, silinder, atau kelainan mata lainnya. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam daun kelor juga dapat membantu perbaikan sel-sel di mata bayi.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bayi memiliki metabolisme yang tinggi saat masa tumbuh kembangnya. Namun, bayi juga rentan terhadap berbagai penyakit. Maka dari itu, penting bagi bayi untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan mineral. Daun kelor mengandung banyak mineral yang baik untuk tubuh bayi. Dengan mengonsumsi daun kelor, metabolisme tubuh bayi akan meningkat.

Baca Juga:  Busana Ibu Hamil yang Nyaman Namun Tetap Modis

5. Memperlancar Pencernaan

Saat bayi mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, daun kelor dapat menjadi solusi yang baik. Daun kelor mengandung banyak serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan bayi. Selain itu, kandungan vitamin, mineral, dan kalsium dalam daun kelor juga dapat membantu nutrisi terserap dengan baik melalui pencernaan.

6. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang

Daun kelor mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang. Kandungan kalsium dalam daun kelor 4 kali lebih tinggi dari susu. Dengan mengonsumsi daun kelor, pertumbuhan tulang bayi dapat dioptimalkan.

7. Meningkatkan Massa Otot

Massa otot bayi berpengaruh pada metabolisme aerobik dan anaerobik serta pemulihan energi bayi. Asam amino esensial yang terkandung dalam daun kelor dapat membantu meningkatkan massa otot bayi. Dengan meningkatkan massa otot, bayi akan lebih aktif dan cepat pulih setelah beraktivitas.

8. Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Daun kelor mengandung banyak antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengeluarkan racun dan bakteri penyebab penyakit dari tubuh. Dengan mengonsumsi daun kelor, bayi akan lebih cepat sembuh dan sehat lagi.

9. Mengembangkan Struktur Sel

Asam amino esensial yang terkandung dalam daun kelor sangat baik untuk mengembangkan struktur sel. Struktur sel yang baik akan berkontribusi pada pertumbuhan dan aktivitas bayi. Dengan mengonsumsi daun kelor, struktur sel bayi akan berkembang dengan baik.

10. Untuk Pertumbuhan Rambut

Daun kelor mengandung vitamin B, vitamin C, dan asam amino yang baik untuk pertumbuhan rambut. Dengan mengonsumsi daun kelor, bayi akan memiliki rambut yang lebat dan sehat.

11. Mencerdaskan Otak

Daun kelor mengandung asam amino dan asam folat yang penting untuk perkembangan otak bayi. Dengan mengonsumsi daun kelor, otak bayi akan menjadi lebih cerdas dan berfungsi dengan lebih baik.

Baca Juga:  Rekomendasi Kalung Air Purifier untuk Dipakai Anak ke Sekolah, Mulai Rp60 Ribu

12. Menjaga Kelembaban Kulit

Daun kelor mengandung vitamin E yang baik untuk menjaga kelembaban kulit bayi. Dengan mengonsumsi daun kelor, kulit bayi akan tetap lembab dan lembut. Ketika bayi mengalami ruam, daun kelor juga dapat membantu mengobatinya.

13. Memperbaiki Suasana Hati

Perubahan hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi suasana hati bayi. Daun kelor dapat membantu mengatasi masalah suasana hati bayi karena kandungan serotonin dan dopamin dalam daun kelor. Dengan mengonsumsi daun kelor, suasana hati bayi akan menjadi lebih baik dan risiko stres pada bayi dapat dikurangi.

14. Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun kelor dapat digunakan untuk mengobati luka pada bayi. Tanaman ini memiliki sifat yang dapat mempercepat penyembuhan luka dan mencegah bekas luka. Jadi, jika bayi terluka, daun kelor dapat menjadi solusi yang baik.

Itulah beberapa manfaat daun kelor untuk bayi. Dengan memberikan daun kelor kepada bayi, kita dapat membantu meningkatkan kesehatan dan pertumbuhan bayi secara alami. Namun, tetaplah berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum memberikan daun kelor kepada bayi. Selalu perhatikan dosis yang tepat dan pastikan daun kelor yang diberikan dalam kondisi segar dan bersih.

Selain memberikan daun kelor, penting juga untuk memberikan ASI secara rutin kepada bayi. ASI memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi. Jika tidak memungkinkan untuk memberikan ASI, pilihlah susu formula yang sesuai dengan anjuran tenaga medis. Pastikan susu formula yang dipilih mengandung nutrisi penting seperti protein, asam amino, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh bayi.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat daun kelor untuk bayi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda. Selamat mencoba dan selamat menjaga kesehatan bayi Anda!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com

Baca Juga:  Testimoni Sidik Jari Cerdas