10 Rekomendasi Sekolah Montessori di Tangerang Selatan


Mengapa Montessori?

Metode pembelajaran Montessori memiliki ciri khas yang sangat menarik bagi saya sebagai seorang ibu. Metode ini tidak hanya menekankan pada pemberian materi pelajaran kepada anak, tetapi juga pada pengembangan kesadaran diri, pembelajaran langsung, dan permainan kolaboratif. Saya percaya bahwa dengan memperkenalkan anak saya pada metode Montessori sejak dini, ia akan memiliki fondasi yang kuat dalam belajar dan mengembangkan potensinya.

Salah satu hal yang membuat metode Montessori begitu istimewa adalah kebebasan yang diberikan pada anak-anak dalam menentukan apa yang ingin mereka pelajari. Anak-anak diberikan kebebasan untuk memilih aktivitas yang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Dalam lingkungan Montessori, guru berperan sebagai pengamat dan pembimbing, bukan sebagai pemberi instruksi yang ketat.

Anak, guru, dan lingkungan adalah tiga elemen dasar dalam metode Montessori. Anak diajarkan untuk menjadi mandiri dan bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri. Mereka diberikan kebebasan untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar mereka dan menggunakan alat dan bahan yang tersedia untuk membantu mereka belajar dan berkembang. Guru, di sisi lain, bertugas untuk mengamati perkembangan anak dan memberikan bimbingan yang diperlukan.

Metode Montessori mencakup lima area pembelajaran, yaitu sensori, matematika, sains dan budaya, bahasa, dan life skills. Dalam area sensori, anak diajarkan untuk mengembangkan panca indera mereka melalui berbagai aktivitas sensorik. Mereka belajar untuk memperhatikan, mengamati, dan merespons lingkungan sekitar mereka dengan menggunakan indera mereka.

Dalam area matematika, anak-anak Montessori belajar melalui penggunaan alat peraga dan menitikberatkan pada konsep, bukan menghafal. Mereka diberikan kesempatan untuk mempelajari konsep matematika secara konkret dan berpikir kritis. Mereka belajar untuk menghitung, mengurutkan, dan memahami hubungan antara angka.

Baca Juga:  Psikologi Anak: Tips Agar Anak Tidak Takut Dokter Gigi

Dalam area sains dan budaya, anak-anak Montessori diajarkan tentang berbagai konsep sains dan budaya melalui pengalaman langsung. Mereka diberikan kesempatan untuk melakukan eksperimen, mengamati fenomena alam, dan mempelajari budaya-budaya dari berbagai negara.

Dalam area bahasa, anak-anak Montessori belajar menggunakan metode phonics atau bunyi-bunyian. Mereka diajarkan untuk mengenali suara-suara huruf dan menghubungkannya dengan huruf tertentu. Mereka juga diajarkan menggunakan kata-kata yang bermakna dalam konteks yang relevan.

Selain itu, metode Montessori juga sangat memperhatikan pengembangan life skills atau kebiasaan hidup sehari-hari. Anak-anak Montessori diajarkan untuk menjadi mandiri dan bertanggung jawab atas tugas-tugas sehari-hari mereka, seperti toilet training, belajar antri, mencuci tangan, mengambil makanan sendiri, dan merapikan piring makan sendiri. Melalui kegiatan-kegiatan ini, anak-anak belajar untuk memiliki kebiasaan hidup yang disiplin dan mandiri.

TK Montessori di Tangerang Selatan

Bagi para ibu di Tangerang Selatan yang tertarik untuk mendaftarkan anak mereka ke TK Montessori, berikut ini adalah beberapa rekomendasi TK Montessori di wilayah tersebut:

1. Hikari Montessori School
TK Montessori ini terletak di Jl. Bintaro Utama 9 Blok HB 19 No. 15-19 Sektor 9, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor 0811889499. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka, hikarimontessori.sch.id.

2. Tesa Montessori
TK Montessori ini terletak di Jl. Bintaro Utama 3, No.40 Blok AM, Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor (021) 735 3250 atau 081288595849.

3. Living Seed School Bintaro
TK Montessori ini terletak di Jl. Perkutut Raya Blok. U3 No.30, Bintaro. Untuk informasi lebih lanjut, mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor 0878-8527-8728. Informasi juga dapat ditemukan di website mereka, livingseedschool.com.

Baca Juga:  Ragam Manfaat Telur Rebus dan Goreng yang Belum Ibu Ketahui

4. Kidea Bintaro
TK Montessori ini terletak di Jalan Camar Blok BS No 21-22, Bintaro Sektor 3. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor (021) 73883832 atau melalui email di [email protected]. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka, Kidea Bintaro.

5. Palm Trees Montessori School
TK Montessori ini terletak di Jl. Pesantren No. 35 RT002/RW001, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor (021) 53153658 atau 0817590098. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka, palmtreesmontessori.com.

6. Kidea BSD
TK Montessori ini terletak di Jl. Rawa Buntu Utara, Griya Loka Blok M No.1, BSD City, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor 087880803259. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka, Kidea BSD.

7. Rumah Montessori
TK Montessori ini terletak di Jl. Kencana Raya J5/7 Kencana Loka BSD City Sektor 12, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor 08122395704 atau 085101777005. Informasi juga dapat ditemukan melalui email di [email protected]. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka, rumahmontessori.

8. Thumbkin Montessori
TK Montessori ini terletak di Jl. Regensi Melati Mas No.1 Blok F4, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor 5372656 atau 5378309.

9. Bunayya Islamic Lab School
TK Montessori ini terletak di Jl. Gn. Raya No. 1C, Cireundeu, Ciputat, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon atau WhatsApp di nomor 0857 8140 4816. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di website mereka, Bunayya Islamic Lab School.

10. Rumah Aruna
TK Montessori ini terletak di Komplek Ruko Victory Square, Jl. Srikandi No. RT03/02, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan. Mereka dapat dihubungi melalui telepon di nomor 08872000004.

Baca Juga:  4 Penyebab Perut Bayi Bunyi dan Cara Mencegahnya

Meskipun semua sekolah di atas memiliki pendekatan Montessori, tetap saja setiap sekolah memiliki keunikan dan keistimewaannya masing-masing. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para ibu untuk datang langsung ke sekolah-sekolah tersebut untuk melakukan survei dan mengajukan jadwal trial bagi anak-anak mereka.

Kesimpulan

Metode Montessori adalah metode pembelajaran yang sangat menarik dan inovatif. Metode ini memberikan kebebasan pada anak-anak untuk belajar dan berkembang sesuai dengan minat dan kemampuan mereka. Dalam metode Montessori, anak-anak diajarkan untuk menjadi mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki keteraturan dalam hidup mereka.

Bagi para ibu di Tangerang Selatan, terdapat beberapa TK Montessori yang dapat dipertimbangkan untuk mendaftarkan anak-anak mereka. Setiap sekolah memiliki keunikan dan keistimewaannya sendiri, oleh karena itu sangat penting untuk datang langsung ke sekolah-sekolah tersebut untuk melihat dan merasakan atmosfer pembelajaran yang ada. Dengan memilih TK Montessori yang tepat, diharapkan anak-anak dapat memiliki pengalaman belajar yang menyenangkan dan berkualitas.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com