9 Nutrisi untuk Sumber Penambah Imunitas Anak

9 Nutrisi untuk Sumber Penambah Imunitas Anak

Pengenalan

Menjaga imunitas anak merupakan hal yang sangat penting, terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Sebagai seorang ibu, tentunya Anda tidak ingin melihat buah hati Anda jatuh sakit. Melihat tubuh mungil yang biasanya aktif menjadi lemas dan celoteh riangnya menghilang adalah hal yang sangat menyedihkan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa anak memiliki asupan nutrisi yang cukup dan seimbang untuk menjaga imunitasnya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 9 nutrisi yang dapat digunakan sebagai sumber penambah imunitas anak. Dengan memperhatikan asupan nutrisi ini, Anda dapat mencegah buah hati dari serangan penyakit dan menjaga kesehatannya dengan baik.

1. Protein

Protein merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga imunitas anak. Protein berfungsi sebagai bahan pembangun sel-sel dalam tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, protein juga berperan dalam meningkatkan sistem imun anak.

Protein terdiri dari asam amino, yang merupakan bahan pembangun sel. Ada sekitar 20 jenis asam amino, di mana 9 di antaranya merupakan asam amino esensial yang harus didapatkan dari makanan. Asam amino esensial ini sangat penting untuk membangun dan memelihara sel-sel dan jaringan tubuh anak. Kekurangan salah satu jenis asam amino esensial dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sumber protein yang baik untuk anak antara lain daging, ikan, telur, dan produk susu. Pastikan anak mendapatkan asupan protein yang cukup setiap harinya.

2. Omega 3

Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang sangat penting untuk menjaga kesehatan otak dan meningkatkan daya tahan tubuh anak. Omega 3 dapat ditemukan dalam minyak ikan, seperti salmon, tuna, sarden, dan makerel. Konsumsi makanan yang kaya akan omega 3 dapat membantu meningkatkan imunitas anak dan menjaga kesehatannya dengan baik.

Baca Juga:  Kenapa Orangtua Perlu Pillow Talk Juga Dengan Anak?

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi yang sangat penting untuk menjaga imunitas anak. Vitamin C berperan dalam meningkatkan produksi sel darah putih, yang bertugas melawan infeksi dalam tubuh. Sumber vitamin C yang baik antara lain jeruk, stroberi, kiwi, dan pepaya. Pastikan anak mendapatkan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya untuk menjaga kesehatannya dengan baik.

4. Seng

Seng merupakan mineral yang penting untuk menjaga imunitas anak. Seng berperan dalam meningkatkan perkembangan tubuh, meningkatkan kecerdasan, dan memperkuat sistem imun anak. Sumber seng yang baik antara lain daging, ikan, telur, dan produk kacang-kacangan. Pastikan anak mendapatkan asupan seng yang cukup setiap harinya.

5. Kalsium

Kalsium merupakan mineral yang penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi anak. Selain itu, kalsium juga berperan dalam menjaga sistem imun anak. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan sistem imun melemah dan anak rentan terhadap infeksi. Sumber kalsium yang baik antara lain susu, keju, yoghurt, dan sayuran berdaun hijau. Pastikan anak mendapatkan asupan kalsium yang cukup setiap harinya.

6. Madu

Madu merupakan sumber nutrisi yang baik untuk meningkatkan imunitas anak. Madu mengandung zat antibiotik alami yang dapat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Namun, perlu diingat bahwa madu tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi di bawah usia 1 tahun, karena dapat menyebabkan botulisme.

7. Prebiotik inulin

Prebiotik inulin merupakan serat makanan yang dapat menumbuhkan bakteri baik dalam sistem pencernaan anak. Prebiotik inulin berperan dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan dan meningkatkan sistem imun anak. Sumber prebiotik inulin yang baik antara lain bawang putih, bawang bombay, dan pisang.

8. Meniran

Meniran merupakan tanaman herbal yang telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan imunitas anak. Meniran memiliki efek imunomodulator, yaitu dapat meningkatkan aktivitas sistem imun anak. Meniran dapat dikonsumsi dalam bentuk teh atau suplemen.

Baca Juga:  Mengapa Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Penting?

9. Flavonoid

Flavonoid merupakan senyawa yang ditemukan dalam makanan seperti biji kedelai. Flavonoid memiliki efek antioksidan dan dapat meningkatkan sistem imun anak. Sumber flavonoid yang baik antara lain biji kedelai, teh hijau, dan anggur.

Kesimpulan

Menggunakan 9 nutrisi di atas sebagai sumber penambah imunitas anak dapat membantu menjaga kesehatannya dengan baik. Pastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang setiap harinya agar sistem imunnya dapat bekerja dengan baik. Selain itu, penting juga untuk mengajarkan anak pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang tidak sehat. Dengan memperhatikan nutrisi dan pola makan yang baik, Anda dapat membantu menjaga kesehatan anak dan mencegahnya dari serangan penyakit.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com