Yuk, Ajarkan Si Kecil Mengenal Anggota Tubuhnya!

Yuk, Ajarkan Si Kecil Mengenal Anggota Tubuhnya!

Pada saat anak saya berusia sekitar 3 tahun, dia pernah menangis karena terjatuh saat bermain dengan mainan. Sambil menangis, dia mengeluhkan sakit pada lututnya. Saya merasa lega bahwa lututnya tidak sampai memar. Namun dari kejadian itu, saya menyadari ada hal menarik yang bisa saya pelajari. Meskipun masih terbata-bata, anak saya sudah bisa menyebutkan salah satu bagian tubuhnya, yaitu lutut. Saya merasa bangga dengan perkembangan kemampuan bicara anak saya.

Kemampuan bicara anak usia 2-3 tahun terus meningkat. Kata-kata yang diucapkannya pun semakin dapat dimengerti oleh orang dewasa di sekitarnya. Sebagai orang tua, kita bisa membantu anak kita belajar kosakata baru. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengenalkan nama-nama anggota tubuh yang lebih detail, seperti rambut, jari, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Ajak Bermain
Bermain dengan anak tidak selalu harus menggunakan permainan yang mahal. Anda bisa menggunakan permainan sederhana seperti bernyanyi dan bermain tebak-tebakan. Misalnya, Anda bisa berpura-pura sedang mengunyah makanan dan bertanya kepada anak, “Kalau makan pakai apa?” Biarkan anak menjawab, “Mulut!” Setelah beberapa minggu bermain seperti itu, Anda bisa melakukan tes kecil dengan bertanya, “Bagian tubuh mana yang digunakan untuk berjalan?” atau “Kalau menulis, pakai tangan yang mana?”

2. Aplikasikan Dalam Aktivitas Sehari-hari
Untuk membantu anak lebih cepat menghafal nama-nama anggota tubuhnya, Anda bisa mengenalkannya melalui aktivitas sehari-hari. Misalnya, saat menjelang makan siang, Anda bisa mengatakan, “Perut Mama sudah lapar. Yuk, kita makan bersama!” sambil mengusap perut. Saat mandi, Anda bisa memberikan penjelasan seperti, “Sekarang, Mama akan membersihkan rambutmu.” atau “Ayo, coba kamu membersihkan jari-jarimu menggunakan sabun.” Dengan cara ini, anak akan terbiasa mendengar nama-nama anggota tubuhnya.

Baca Juga:  Ragam Camilan Sehat Khas Indonesia yang Baik untuk si Kecil

3. Jangan Bosan Mengulang
Anda mungkin berpikir bahwa anak akan bosan jika terus-menerus mengulangi permainan yang sama. Namun, menurut Dr. Jessica Hourst dari Sussex University, dalam setiap pengulangan permainan, anak sebenarnya terus mendapatkan informasi baru yang membantu mereka mengingat hal-hal baru yang diajarkan. Anak juga senang melakukan hal yang sama berulang kali karena ini adalah cara mereka untuk menguasai dan memahami hal baru tersebut. Itulah mengapa lagu anak-anak sering mengulang lirik atau bagian tertentu. Jadi, jangan bosan untuk mengulang permainan yang sama agar anak semakin mengenal anggota tubuhnya.

Tidak sulit, bukan? Yang terpenting adalah tetap sabar dan konsisten dalam melakukannya serta memberikan pujian setiap kali anak berhasil menghafal nama anggota tubuhnya. Sebagai tambahan, pastikan anak mendapatkan nutrisi yang tepat setiap hari untuk menjaga daya tahan tubuhnya, salah satunya dengan memenuhi kebutuhan Selenium. Zat ini berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak dan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel dan DNA tubuh. Selenium dapat ditemukan dalam sereal, kacang-kacangan, ikan tuna, dan makanan lainnya.

Dengan mengenalkan anak pada anggota tubuhnya, Anda tidak hanya membantu mereka belajar kosakata baru, tetapi juga mengembangkan kemampuan bicara dan pemahaman mereka. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com