Website & Aplikasi Edukatif untuk Anak Belajar Menulis Huruf

Website & Aplikasi Edukatif untuk Anak Belajar Menulis Huruf

Keberadaan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat sangat membantu manusia dalam mempelajari banyak hal. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun bisa memanfaatkan teknologi untuk belajar apa saja, salah satunya adalah belajar menulis huruf.

Bagi Bunda yang sedang mengajari buah hati belajar menulis bisa memanfaatkan website dan aplikasi edukatif yang khusus mengajari anak-anak menulis dengan metode yang menyenangkan. Melalui website, anak tidak akan cepat merasa bosan karena didalamnya terdapat berbagai macam fitur menarik dan menghibur sehingga menjadikan suasana belajar jadi menyenangkan. Tertarik untuk mengajari buah hati dengan metode ini, Bu? Catat daftar rekomendasi website dan aplikasinya berikut:

Marbel: Kids Learn to Write
Anak juga bisa belajar menulis huruf di smartphone atau tablet melalui aplikasi Marbel: Kids Learn to Write. Aplikasi buatan dalam negeri ini ditujukan untuk anak berusia 5-8 tahun ini memiliki grafis yang menarik dengan karakter hewan yang lucu-lucu. Dari aplikasi ini, anak bisa belajar menulis dari langkah yang paling dasar, seperti menulis garis, huruf, dan angka. Selain itu, anak juga bisa belajar tentang warna serta aneka bentuk. Jadi, dari satu aplikasi anak dapat mempelajari banyak hal di mana saja dan kapan saja karena bisa dengan mudah diakses melalui smartphone Bunda.

PBS Kids
PBS Kids merupakan sebuah website di mana anak dapat mempelajari banyak ilmu baru sekaligus mencari hiburan berupa menonton video edukatif dan bermain game. Dari website ini, anak bisa belajar menulis, berhitung, serta bernyanyi melalui berbagai karakter yang khusus diciptakan untuk website ini. Enaknya lagi, Bunda tak perlu membayar untuk bisa mengaksesnya sehingga akan sangat menguntungkan untuk mengajari buah hati.

Nick Jr.
Bunda pasti sudah sangat familiar dengan Nickelodeon, bukan? Jaringan TV kabel asal Amerika ini memiliki beberapa film kartun yang populer di seluruh dunia, seperti Rugrats dan Spongebob Squarepants yang mungkin juga disukai oleh buah hati. Jika ia merupakan salah satu penggemarnya, maka ia juga pasti akan menyukai website Nick Jr.

Melalui website edukatif ini anak bisa menyusun puzzle bentuk huruf dan angka, musik, dan aneka kreativitas lainnya. Bahkan hasil kreativitasnya bisa dicetak sebagai kenang-kenangan, lho. Memiliki gambar lucu yang bagus disertai dengan warna-warna yang cerah akan membuat waktu belajarnya jadi terasa menyenangkan.

Starfall
Sudah dibuka sejak tahun 2002, Starfall adalah website edukatif yang bisa Bunda gunakan untuk mengajari anak belajar menulis huruf dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Tampilannya yang colorful disertai dengan aneka karakter lucu akan menjadi media belajar yang tidak akan membuat anak merasa bosan. Pada website ini terdapat dua kategori, yaitu anak usia TK dan kelas 1-3. Tidak hanya belajar menulis, anak juga bisa belajar keterampilannya, seperti membaca, bernyanyi, mengenal angka, warna, bentuk, dan membaca. Penggunaannya pun sangat mudah dan pastinya gratis. Anak hanya tinggal memilih menu yang diinginkan, maka akan muncul video pembelajaran yang lucu dan seru.

Baca Juga:  I (Don’t) Hate Monday

Boci Trace Alphabet
Dikembangkan oleh developer asli Indonesia, Rolling Glory, Boci Trace Alphabet dibuat khusus sebagai alat bantu bagi para orang tua mengajarkan buah hatinya belajar menulis huruf A hingga Z. Pada aplikasi ini, anak bisa belajar menulis menggunakan mainan favoritnya yang dipercaya dapat lebih mempermudah ia dalam menyerap ilmu yang ditampilkan melalui video.

Tampilan visual dan animasinya memiliki warna cerah yang eye catching. Ada juga metode gameplay yang seru untuk dimainkan oleh anak. Melalui karakter ciptaan khusus bernama Boci yang ditemani Kato dan The Cat, anak akan diajak bermain dan menaiki kendaraan yang bisa dipilih sekaligus belajar menulis.

Belajar Menulis Huruf
Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan media pembelajaran bagi anak untuk belajar menulis huruf. Namun tidak hanya huruf saja, anak juga dapat belajar menulis angka. Tampilan visual dan fitur dari aplikasi ini cukup sederhana, tapi metode pembelajarannya sangat mudah untuk diikuti oleh anak. Agar dapat menulis dengan benar, terdapat tanda panah yang harus diikuti secara berurutan. Setelah lelah belajar, anak juga bisa bermain permainan yang sudah tersedia di dalamnya.

The Kidz Page
Website The Kidz Page memiliki lebih dari 5000 halaman permainan yang bisa dimainkan oleh anak. Namun website ini tidak sekedar sebagai tempat bermain saja, Bu. Anak-anak juga bisa menggunakannya untuk belajar karena didalamnya terdapat aktivitas edukasi, seperti bermain kata dan mewarnai. Dengan begitu, The Kidz Page juga dapat menjadi tempat bagi anak mengenal angka dan belajar menulis huruf.

Cukup banyak kan, Bu, website dan aplikasi yang bisa Bunda pilih untuk mengajari buah hati belajar menulis huruf dengan cara yang mudah? Pastikan Bunda selalu mendampingi di kala anak menggunakannya agar ia lebih cepat menguasai keterampilan menulis. Selamat bermain sambil belajar bersama buah hati ya, Bu.

Baca Juga:  Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Antara Infeksi Saluran Kemih dengan Gangguan Ginjal Akut

Baca Juga: Ajarkan 5 Langkah Mudah Cuci Tangan yang Benar Ini Pada si Kecil!

Laman Tanya Pakar dapat menjadi tempat untuk Bunda berkonsultasi langsung dengan pakar, termasuk soal tanak. Untuk bisa menggunakan fitur tersebut, jangan lupa untuk registrasi dulu ya, Bu.

Sumber:

TheAsianParent, Dicoding

Sekarang, mari kita bahas lebih detail setiap “Heading 2” dan “Heading 3” yang telah disebutkan di atas.

Heading 2: Marbel: Kids Learn to Write
Aplikasi Marbel: Kids Learn to Write merupakan salah satu aplikasi edukatif yang dapat membantu anak-anak belajar menulis huruf. Aplikasi ini ditujukan untuk anak usia 5-8 tahun dan memiliki grafis yang menarik dengan karakter hewan yang lucu-lucu. Melalui aplikasi ini, anak dapat belajar menulis huruf dan angka dari langkah yang paling dasar. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur belajar mengenal warna dan bentuk. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kemudahannya dalam diakses melalui smartphone, sehingga anak dapat belajar kapan saja dan di mana saja.

Heading 2: PBS Kids
PBS Kids adalah sebuah website yang menyediakan berbagai video edukatif dan game untuk anak-anak. Melalui website ini, anak-anak dapat belajar menulis huruf, berhitung, dan bernyanyi dengan cara yang menyenangkan. Website ini juga dilengkapi dengan karakter-karakter yang khusus dibuat untuk pembelajaran. Kelebihan dari website ini adalah bisa diakses secara gratis, sehingga sangat menguntungkan bagi orang tua yang ingin mengajari anak-anak belajar menulis huruf.

Heading 2: Nick Jr.
Nick Jr. adalah sebuah website yang menyediakan berbagai aktivitas edukatif untuk anak-anak. Melalui website ini, anak-anak dapat bermain puzzle bentuk huruf dan angka, membuat musik, dan berkreasi dengan berbagai kreativitas lainnya. Hasil kreativitas anak-anak juga dapat dicetak sebagai kenang-kenangan. Kelebihan dari website ini adalah tampilan yang lucu dan cerah, sehingga membuat waktu belajar menjadi lebih menyenangkan.

Heading 2: Starfall
Starfall adalah website edukatif yang sudah berdiri sejak tahun 2002. Website ini dapat digunakan untuk mengajari anak-anak belajar menulis huruf dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Tampilan website ini yang colorful dan karakter-karakter lucu membuat anak-anak tidak merasa bosan saat belajar. Pada website ini, terdapat dua kategori pembelajaran, yaitu untuk anak usia TK dan kelas 1-3. Selain belajar menulis huruf, anak-anak juga dapat belajar membaca, bernyanyi, mengenal angka, warna, bentuk, dan membaca. Kelebihan dari website ini adalah penggunaannya yang mudah dan gratis.

Baca Juga:  6 Risiko Duduk Terlalu Lama Saat Hamil yang Wajib Dihindari

Heading 2: Boci Trace Alphabet
Boci Trace Alphabet adalah aplikasi yang dikembangkan oleh developer asli Indonesia, Rolling Glory. Aplikasi ini dirancang khusus sebagai alat bantu bagi orang tua dalam mengajari anak-anak belajar menulis huruf A hingga Z. Melalui aplikasi ini, anak-anak dapat belajar menulis huruf menggunakan mainan favorit mereka. Aplikasi ini memiliki tampilan visual dan animasi yang menarik dengan warna cerah yang eye catching. Anak-anak juga dapat bermain permainan yang seru sambil belajar menulis huruf.

Heading 2: Belajar Menulis Huruf
Belajar Menulis Huruf adalah aplikasi pembelajaran untuk anak-anak belajar menulis huruf. Selain huruf, anak-anak juga dapat belajar menulis angka melalui aplikasi ini. Aplikasi ini memiliki tampilan visual yang sederhana namun metode pembelajarannya sangat mudah diikuti oleh anak-anak. Anak-anak harus mengikuti tanda panah dengan benar untuk dapat menulis huruf dengan baik. Setelah belajar, anak-anak juga dapat bermain permainan yang tersedia di dalam aplikasi ini.

Heading 2: The Kidz Page
The Kidz Page adalah sebuah website yang menyediakan lebih dari 5000 halaman permainan untuk anak-anak. Namun, website ini juga dapat digunakan sebagai tempat belajar bagi anak-anak. Di dalam website ini terdapat berbagai aktivitas edukatif, seperti bermain kata dan mewarnai. Dengan demikian, anak-anak dapat mengenal angka dan belajar menulis huruf melalui website ini.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak pilihan website dan aplikasi edukatif yang dapat membantu anak-anak belajar menulis huruf dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Dengan memanfaatkan teknologi, anak-anak dapat belajar menulis huruf kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua untuk mendampingi anak-anak saat menggunakan website dan aplikasi tersebut agar mereka dapat belajar dengan lebih efektif dan efisien.

Belajar menulis huruf merupakan keterampilan dasar yang penting bagi anak-anak. Dengan menguasai keterampilan menulis huruf, anak-anak akan lebih siap menghadapi pelajaran di sekolah dan mengembangkan kemampuan literasi mereka. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita harus memberikan dukungan dan bimbingan kepada anak-anak dalam belajar menulis huruf. Dengan memanfaatkan website dan aplikasi edukatif, proses belajar dapat menjadi lebih menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak.

Selamat mencoba dan semoga anak-anak dapat belajar menulis huruf dengan baik melalui website dan aplikasi edukatif yang telah disebutkan di atas.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com