Mengenal Jenis dan Manfaat Vitamin Ibu Menyusui

Mengenal Jenis dan Manfaat Vitamin Bunda Menyusui

Apa saja manfaat dan jenis-jenis vitamin Bunda menyusui? Cari tahu informasi lengkapnya di sini ya, Bu!

Jenis Vitamin Bunda Menyusui dan Manfaatnya

Berikut ini beberapa jenis vitamin Bunda menyusui yang dapat mendukung asupan gizi harian Bunda dan si Kecil, di antaranya:

Vitamin A

Vitamin Bunda menyusui yang pertama yaitu vitamin A. Nutrisi ini berperan untuk membantu meningkatkan daya tahan dan menjaga kesehatan mata. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin A dari ikan salmon, ikan makarel, minyak hati ikan kod, hati ayam, keju, telur rebus, dan telur ikan. Melansir NCBI, Bunda menyusui membutuhkan 1300 μg/hari vitamin A.

Perlu Bunda ketahui bahwa vitamin Bunda menyusui ini juga bisa didapatkan dari beberapa jenis tanaman yang mengandung beta karoten. Beta karoten merupakan zat pada tanaman yang dengan cepat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Tanaman yang mengandung beta karoten di antaranya ubi jalar, labu, sawi, wortel, dan bayam.

Vitamin B Kompleks

Vitamin Bunda menyusui selanjutnya adalah vitamin B kompleks. Perlu Bunda ketahui bahwa vitamin B kompleks terbagi ke dalam beberapa jenis, mulai dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12. Masing-masing vitamin tersebut memiliki peran dan manfaat yang penting untuk Bunda menyusui.

Vitamin B1 dan B2 termasuk vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat yang bermanfaat untuk menambah energi Bunda dan membantu meningkatkan perkembangan saraf dan otak si Kecil. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin B1 sebagai vitamin Bunda menyusui dari ayam, ikan, telur, kacang polong, susu, yoghurt, keju, sayuran hijau, dan sereal. Sementara, vitamin B2 bisa Bunda temukan dalam susu, roti, daging, telur, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Vitamin Bunda menyusui selanjutnya yang masuk ke dalam kategori vitamin B kompleks adalah vitamin B3 dan vitamin B6. Kedua vitamin ini berperan untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Beberapa sumber vitamin B3 sebagai vitamin Bunda menyusui diantaranya hati sapi, hati ayam, dada ayam, ikan tuna, ikan salmon, kacang tanah, alpukat, dan jamur. Sedangkan, sumber vitamin B6 di antaranya ikan, hati sapi, daging ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, kentang, alpukat, dan pisang.

Baca Juga:  Pricilla Irena Djemat, SH.,MH: “Anak-anak Memahami Kesibukan Saya Bekerja dan Mereka Tumbuh Menjadi Pribadi yang Mandiri”

Vitamin B kompleks lainnya yang tak kalah penting adalah vitamin B9 dan vitamin B12. Kedua nutrisi ini merupakan vitamin untuk ibu menyusui agar bayi gemuk dan sehat serta dapat meningkatkan kualitas ASI dan produksi sel darah merah. Beberapa sumber vitamin B9 di antaranya hati sapi, bayam, sereal, brokoli, kubis, lobak, selada, pepaya, pisang, alpukat, jeruk, lemon, kacang tanah, telur, dan ikan. Sementara, sumber vitamin B12 meliputi makanan laut (seafood), susu, daging sapi, daging ayam, telur, dan yoghurt.

Vitamin C

Manfaat vitamin C untuk Bunda menyusui memang tak perlu diragukan lagi ya, Bu? Nutrisi yang satu ini memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Vitamin C juga termasuk vitamin Bunda menyusui yang berperan sebagai antioksidan, mampu meningkatkan produksi dan kualitas ASI, memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan kulit, dan menjaga kesehatan tulang. Bunda bisa mendapatkan manfaat vitamin C untuk Bunda menyusui dari jeruk, lemon, jambu biji, stroberi, kiwi, pepaya, mangga, brokoli, dan bayam. Melansir NCBI, Bunda menyusui membutuhkan 120 mg/hari vitamin C.

Vitamin D

Vitamin D juga termasuk vitamin Bunda menyusui yang sayang untuk Bunda lewatkan. Sebab, vitamin D untuk Bunda menyusui berperan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh, guna mendukung pertumbuhan tulang dan gigi si Kecil. Beberapa sumber alami vitamin D untuk Bunda menyusui meliputi ikan salmon, ikan sarden, ikan tuna, udang, jamur, susu, disertai dengan paparan sinar matahari pagi.

Vitamin E

Vitamin Bunda menyusui yang tak kalah penting adalah vitamin E. Nutrisi ini berperan dalam membantu melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan, membantu memperkuat sistem imun tubuh, serta menjaga kesehatan kulit dan mata. Manfaat vitamin E bisa Bunda dapatkan dari bayam, brokoli, kacang almond, kacang kedelai, mangga, kiwi, alpukat, dan biji-bijian.

Vitamin K

Vitamin Bunda menyusui selanjutnya adalah vitamin K yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu, vitamin Bunda menyusui ini pun dapat membantu mempercepat proses pemulihan setelah melahirkan karena berfungsi untuk menggumpalkan darah. Sumber vitamin K meliputi ikan, hati ayam, hati sapi, telur, bayam, brokoli, kale, selada, dan kol.

Baca Juga:  Skincare dan Perawatan Wajah Terbaik untuk Usia 50-an, Rekomendasi Pakar!

Baca juga: 4 Fungsi Protein Untuk Bayi Bagi Tumbuh Kembangnya

Untuk meningkatkan kualitas ASI, konsumsi vitamin Bunda menyusui saja tidak cukup memenuhi asupan nutrisi harian Bunda. Oleh karena itu, Bunda membutuhkan asupan nutrisi penting lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan Bunda dan tumbuh kembang si Kecil. Berikut ini beberapa jenis nutrisi penting untuk Bunda menyusui:

Protein

Selain vitamin Bunda menyusui, protein termasuk nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Sebab, protein memiliki fungsi khas yang tidak bisa digantikan oleh zat gizi lain, yaitu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan, memelihara sel-sel dan jaringan tubuh, mengangkut zat gizi lain, dan sebagai sumber energi. Maka dari itu, bayi sangat membutuhkan asupan protein agar tumbuh kembangnya lebih optimal. Asupan protein bagi bayi yang berusia 0-6 bulan bisa dimaksimalkan dengan cara pemberian ASI eksklusif, sehingga penting bagi Bunda untuk mengonsumsi protein selama menyusui. Beberapa sumber protein berkualitas meliputi susu, telur, ikan, daging merah, daging putih, dan kacang-kacangan, serta hasil olahannya.

Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 termasuk nutrisi yang penting selain vitamin Bunda menyusui. Nutrisi ini penting bagi pertumbuhan dan perkembangan otak bayi. Kandungan asam lemak omega 3 pada ASI dapat berkurang jika Bunda menyusui tidak mencukupi kebutuhan nutrisi ini setiap hari. Beberapa sumber asam lemak omega 3 diantaranya berbagai jenis minyak, seperti minyak ikan, minyak nabati, minyak kanola dan minyak biji rami. Selain itu, omega 3 juga dapat ditemukan pada beragam jenis ikan seperti ikan sarden, ikan salmon, ikan patin dan ikan tuna.

Kalsium

Nutrisi selanjutnya yang penting bagi Bunda menyusui adalah kalsium. Kalsium penting untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, mengendalikan tekanan darah, serta mengoptimalkan kinerja sistem saraf. Manfaat kalsium juga penting bagi si Kecil dalam masa pertumbuhan. Sumber kalsium meliputi susu, keju, yoghurt, ikan, kacang kedelai, brokoli, dan tahu.

Baca Juga:  7 Manfaat Membantu Orang Tua bagi Perkembangan Si Kecil

Zat Besi

Nutrisi selanjutnya yang perlu Bunda penuhi selama menyusui adalah zat besi. Mineral ini bisa membuat Bunda terhindar dari risiko anemia. Beberapa sumber zat besi yang bisa Bunda konsumsi diantaranya daging merah, makanan laut (seafood), sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

Nutrisi dan vitamin Bunda menyusui wajib dipenuhi setiap hari. Dari beberapa jenis nutrisi dan vitamin yang telah disebutkan di atas, Bunda bisa mendapatkannya dari asupan makanan bernutrisi yang harus konsisten dikonsumsi setiap harinya.

Selain dari makanan, Bunda juga perlu mengonsumsi susu ibu menyusui yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak si Kecil, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil yang optimal di 1000 Hari Pertama Kehidupannya serta 9 nutrisi penting lainnya seperti; tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh Bunda selama periode menyusui dan mendukung produksi ASI.

Namun jika Bunda atau si Kecil mengalami kondisi yang tidak memungkinkan pemberian ASI, Bunda bisa memberikan susu pendamping ASI sesuai dengan anjuran tenaga kesehatan ya Bu. Pastikan Bunda memilih susu yang mengandung 9 protein asam amino esensial lengkap dan tinggi DHA, karena protein adalah komponen yang penting untuk mendukung tumbuh dan kembang bayi ya, Bu!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com