Ketahui Penyebab Mata Bintitan pada Anak [+Cara Mengobati]

Ketahui Penyebab Mata Bintitan pada Anak [+Cara Mengobati]

Bintitan pada kelopak mata sering mengganggu, terutama pada anak-anak. Bintitan dapat membuat mata terasa tidak nyaman dan membuat anak menjadi rewel. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua untuk mengetahui penyebab mata bintitan pada anak agar dapat mengobatinya dengan tepat. Berikut ini adalah informasi mengenai penyebab mata bintitan pada anak beserta cara mengobatinya.

1. Infeksi Bakteri pada Kelenjar Mata

Salah satu penyebab utama mata bintitan pada anak adalah infeksi bakteri pada kelenjar yang memproduksi minyak dan berfungsi menjaga kelembaban bola mata bersama air mata. Infeksi ini disebut dengan hordeolum. Ketika bakteri masuk ke dalam kelenjar mata, kelenjar tersebut akan terinfeksi dan menyebabkan bintitan. Bintitan ini dapat terlihat sebagai bintil kecil atau menyerupai bisul berwarna merah, bengkak, dan lunak jika diraba.

2. Ketidakbersihan Tangan

Salah satu faktor risiko terjadinya bintitan pada anak adalah ketidakbersihan tangan. Anak-anak seringkali tidak sadar akan kebersihan tangan mereka dan seringkali menyentuh wajah atau mata dengan tangan yang kotor. Hal ini dapat menyebabkan infeksi bakteri pada kelenjar mata dan akhirnya menyebabkan mata bintitan. Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya mencuci tangan secara teratur dan menjaga kebersihan tangan mereka.

3. Penyebaran Infeksi dari Orang Lain

Bintitan juga dapat disebabkan oleh penyebaran infeksi dari orang lain. Jika ada anggota keluarga atau teman sekelas yang memiliki mata bintitan, maka kemungkinan anak kita juga dapat tertular infeksi tersebut. Oleh karena itu, kita perlu mengajarkan anak-anak untuk tidak menggunakan handuk atau alat makan yang sama dengan orang lain yang sedang mengalami bintitan. Selain itu, kita juga perlu mengajarkan anak-anak untuk tidak menyentuh mata mereka dengan tangan yang kotor dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Baca Juga:  Bu, Begini Cara Merawat Bayi 6 Bulan yang Baik dan Benar

4. Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Pada beberapa kasus, mata bintitan pada anak dapat disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh anak tidak berfungsi dengan baik, maka bakteri atau infeksi lainnya lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan bintitan. Jika anak kita sering mengalami bintitan atau infeksi pada mata, sebaiknya kita berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah ada masalah pada sistem kekebalan tubuh anak.

Cara Mengobati Mata Bintitan pada Anak

Setelah mengetahui penyebab mata bintitan pada anak, berikut ini adalah beberapa cara mengobati mata bintitan pada anak:

1. Kompres dengan Air Hangat

Untuk membantu meredakan bintitan dan mengurangi pembengkakan, kita dapat melakukan kompres dengan menggunakan kapas yang telah dicelupkan dalam air hangat. Kompreslah bagian kelopak mata yang bintitan dengan kapas tersebut selama beberapa menit beberapa kali sehari. Hal ini dapat membantu membuka saluran kelenjar yang tersumbat dan mempercepat proses penyembuhan.

2. Jangan Memencet Bintitan

Meskipun terasa mengganggu, sebaiknya kita tidak memencet bintitan pada mata anak. Memencet bintitan dapat menyebabkan infeksi semakin parah dan menyebabkan luka pada mata. Biarkan bintitan tersebut mengering dengan sendirinya dan hindari menggaruk atau menggosok mata yang bintitan.

3. Gunakan Obat Tetes atau Salep Mata

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan obat tetes atau salep mata untuk mengobati mata bintitan pada anak. Obat ini biasanya mengandung antibiotik yang dapat membantu mengatasi infeksi bakteri pada mata. Namun, penggunaan obat tetes atau salep mata sebaiknya dilakukan sesuai dengan petunjuk dokter.

4. Perhatikan Kebersihan Tangan dan Lingkungan

Selain mengobati mata bintitan, kita juga perlu menjaga kebersihan tangan anak dan lingkungan sekitarnya. Ajarkan anak-anak tentang pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum menyentuh mata. Selain itu, kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan, seperti menjaga kebersihan handuk, alat makan, dan mainan anak-anak.

Baca Juga:  Tahukah Ibu, Pentingnya Imunisasi Rotavirus untuk si Kecil?

5. Konsultasikan dengan Dokter

Jika mata bintitan anak tidak kunjung sembuh dalam beberapa hari atau terjadi gejala lain seperti demam atau sakit kepala, sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan pengobatan yang sesuai. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada dokter jika ada hal yang tidak jelas atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kondisi mata anak.

Dengan mengenali penyebab mata bintitan pada anak dan mengobatinya dengan tepat, kita dapat membantu anak kita merasa lebih nyaman dan sehat. Selain itu, penting bagi kita untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan dan lingkungan agar mereka dapat terhindar dari infeksi mata. Jaga kesehatan mata anak dengan baik dan segera konsultasikan dengan dokter jika diperlukan.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com