Si Kecil Selalu Takut dengan Orang di Sekitarnya

Si Kecil Selalu Takut dengan Orang di Sekitarnya

Saat sedang berkumpul bersama sanak saudara,Om yang baru tiba dari luar kota datang menghampiri si Kecil untuk mengajaknya bermain bersama.  Tak disangka, si Kecil malah menangis keras dan memeluk Bunda dengan erat. Aduh, ini kenapa ya?

Menurut Heidi Murkoff, penulis dari buku What to Expect When You’re Expecting, kondisi psikologi anak seperti ini bisa ditemukan ketika ia memasuki usia 12-24 bulan. Rasa takut ini sebenarnya wajar, Bu. Setelah dari awal kelahirannya, ia selalu berada dalam pelukan dan bimbingan Bunda, wajah asing yang dilihat si Kecil mungkin terasa menyeramkan baginya. Apalagi, tampilan fisik orang dewasa mungkin masih terlihat “aneh” bagi si Kecil, misalnya ada saudara Bunda yang memiliki janggut tebal atau rambut keriting yang panjang.

Sifatnya ini pun berhubungan erat dengan proses tumbuh kembang otak si Kecil. Otak memiliki bagian yang disebut sebagai amigdala. Bagian tersebut berperan penting dalam perasaan dan emosi manusia. Saat dewasa, hubungan antar amigdala dengan lobus frontal (bagian otak yang bertugas melakukan proses pikiran) sudah terjalin erat sehingga kita bisa mengontrol emosi dengan baik. Namun, si Kecil tentunya masih membutuhkan waktu lebih untuk mengembangkan hal tersebut.

Dalam mengatasi rasa takutnya yang berlebihan, ada beberapa langkah yang bisa Bunda lakukan:

Berikan si Kecil Dukungan Emosional
Walaupun reaksinya berlebihan, tapi jangan memaksakan si Kecil untuk lepas dari pelukan Bunda dan segera menghampiri sosok yang ditakutinya tersebut. Sebaliknya, biarkan ia menenangkan diri bersama Bunda untuk membiasakan diri bersama mereka.

Biasakan si Kecil Berada di Antara Orang Banyak
Ketakutannya ini bisa saja terjadi karena ia belum terbiasa melihat orang yang tidak dikenalinya, untuk itu, cobalah untuk membiasakan si Kecil bermain dan berwisata di tempat publik seperti museum, kebun binatang, atau taman bermain.

Selalu Berada Dekat Dengannya
Bu, ingatlah kalau kehadiran Bunda, sebagai sosok terdekatnya, merupakan kunci utama dari rasa nyaman dan aman si Kecil saat ini. Maka dari itu, tetaplah berada di dalam jangkauannya sementara ia beradaptasi dengan lingkungan dan orang-orang yang belum dikenalnya. Hal ini juga bisa Bunda lakukan saat hendak menitipkan si Kecil ke rumah Nenek atau anggota keluarga lain. Sebelum meninggalkannya, Bunda sebaiknya meluangkan waktu untuk menemani si Kecil bermain bersama mereka terlebih dahulu.

Cari Tahu Penyebabnya
Jika si Kecil selalu takut saat berada bersama anggota keluarga lain atau pengasuhnya, coba cari tahu penyebabnya, Bu. Mungkin saja si Kecil pernah mengalami kejadian yang tidak mengenakkan bersama mereka dan trauma akan hal itu. Hindari memaksa si Kecil untuk bersama mereka karena ini tidak baik bagi psikologi anak seusianya.

Walaupun terkadang meresahkan, dalam artikelnya di Everydayfamily.com, penulis dan praktisi medis dari California, Dr. Anna Kaplan menjelaskan bahwa perasaan takut si Kecil terhadap orang asing merupakan tanda perkembangan psikologi anak yang positif, ia sudah belajar membedakan mana orang yang dekat dengannya dan yang tidak.  Perasaaan was-was si Kecil terhadap orang asing juga tentu diperlukan agar ia terhindar dari ancaman orang asing yang berniat jahat kepadanya. Oleh sebab itu, cobalah untuk membekali si Kecil untuk menjaga dirinya dengan cara:

Baca Juga:  6 Penyebab Stretch Mark dan Cara Mengatasinya

Memberitahukan kepadanya, walaupun ia harus menghormati orang dewasa, tapi jika merasa terancam, si Kecil berhak untuk  mengatakan “Tidak!”.
Memberikan jaminan pada si Kecil bahwa Bunda akan selalu mencintainya dan ia bisa menceritakan apa saja kepada Bunda dan Ayah.
Memberikan pengetahuan pada si Kecil tentang batas-batas yang boleh dilakukan orang dewasa kepadanya dan memastikan kalau area pribadinya merupakan daerah terlarang yang tidak boleh disentuh orang lain.

Semoga tips kami bisa bermanfaat ya, Bu!

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Kesehatan dan nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Makanan yang dikonsumsi si Kecil dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memastikan bahwa si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Namun, terkadang Bunda mungkin menghadapi tantangan dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi bagi si Kecil. Mungkin si Kecil tidak mau makan sayur atau susah makan makanan yang mengandung protein. Atau mungkin Bunda bingung dengan pilihan makanan yang tepat untuk si Kecil.

Untuk membantu Bunda mengatasi masalah ini, kami menawarkan konsultasi gratis dengan ahli gizi. Bunda dapat berkonsultasi secara online dengan ahli gizi kami untuk mendapatkan saran dan tips mengenai nutrisi yang tepat untuk si Kecil. Ahli gizi kami akan membantu Bunda merencanakan menu makanan yang sehat dan bergizi untuk si Kecil, serta memberikan solusi untuk mengatasi masalah makan si Kecil.

Selain itu, Bunda juga akan mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan nutrisi anak dan berbagai artikel menarik seputar kesehatan dan gizi anak. Kami akan mengirimkan informasi ini secara berkala melalui email kepada Bunda.

Untuk mendapatkan konsultasi gratis dengan ahli gizi, Bunda hanya perlu mengisi formulir yang tersedia di halaman kami. Isilah data diri Bunda dengan lengkap dan benar, termasuk nama lengkap, nomor handphone, email, dan password. Bunda juga diminta untuk mengisi informasi mengenai susu yang dikonsumsi anak saat ini atau susu Bunda jika Bunda sedang hamil.

Setelah mengisi formulir, Bunda akan menerima konfirmasi melalui email yang berisi jadwal konsultasi dengan ahli gizi kami. Konsultasi dapat dilakukan secara online melalui aplikasi pesan instan atau video call. Bunda akan memiliki kesempatan untuk bertanya mengenai masalah makan si Kecil dan mendapatkan saran yang spesifik untuk kasus Bunda.

Selain konsultasi gratis, Bunda juga akan mendapatkan hadiah spesial dari Bunda & Balita. Hadiah ini dapat berupa voucher belanja, produk nutrisi anak, atau hadiah menarik lainnya. Hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat Bunda setelah konsultasi selesai.

Baca Juga:  Apa itu Upacara Nginjek Tanah? Ini Penjelasannya

Kami berharap dengan adanya konsultasi gratis ini, Bunda dapat lebih mudah dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi bagi si Kecil. Nutrisi yang baik akan membantu si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta mencegah terjadinya masalah kesehatan yang berhubungan dengan gizi.

Jadi, jangan ragu untuk mengisi formulir konsultasi gratis sekarang juga! Dapatkan saran dan tips dari ahli gizi kami untuk memberikan nutrisi terbaik bagi si Kecil.

Pantau Tumbuh Kembang Lewat Posyandu Online

Posyandu merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memantau tumbuh kembang anak secara berkala. Melalui posyandu, Bunda dapat memantau pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, serta mendapatkan informasi mengenai kesehatan dan gizi anak.

Namun, terkadang Bunda mungkin kesulitan untuk mengikuti program posyandu secara rutin. Mungkin karena jadwal yang padat atau karena kesibukan lainnya. Oleh karena itu, kami menyediakan layanan posyandu online yang dapat membantu Bunda memantau tumbuh kembang si Kecil dengan mudah dan praktis.

Dengan posyandu online, Bunda tidak perlu repot-repot pergi ke pusat posyandu. Bunda dapat melakukan pemantauan tumbuh kembang si Kecil melalui aplikasi yang dapat diunduh di smartphone atau tablet. Melalui aplikasi ini, Bunda dapat memasukkan data mengenai pertumbuhan dan perkembangan si Kecil, seperti berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala.

Setelah memasukkan data, aplikasi akan menghasilkan grafik pertumbuhan si Kecil. Bunda dapat melihat apakah pertumbuhan si Kecil sesuai dengan standar yang ditetapkan. Jika ada perbedaan yang signifikan, Bunda dapat berkonsultasi dengan petugas posyandu melalui fitur konsultasi online yang tersedia di aplikasi.

Selain itu, Bunda juga akan mendapatkan informasi mengenai kesehatan dan gizi anak melalui aplikasi. Bunda akan menerima artikel dan tips terbaru mengenai tumbuh kembang anak, serta informasi mengenai vaksinasi dan imunisasi yang perlu diberikan kepada si Kecil.

Untuk menggunakan layanan posyandu online, Bunda hanya perlu mengunduh aplikasi kami melalui App Store atau Google Play Store. Setelah mengunduh aplikasi, Bunda dapat membuat akun dengan mengisi data diri Bunda dan si Kecil. Isilah data dengan lengkap dan benar, termasuk nama lengkap, tanggal lahir, dan jenis kelamin si Kecil.

Setelah membuat akun, Bunda dapat mulai memasukkan data pertumbuhan dan perkembangan si Kecil. Pastikan data yang dimasukkan akurat dan teratur, agar grafik pertumbuhan yang dihasilkan dapat memberikan informasi yang akurat pula.

Dengan posyandu online, Bunda tidak perlu khawatir lagi tentang pemantauan tumbuh kembang si Kecil. Bunda dapat melakukannya dengan mudah dan praktis melalui smartphone atau tablet. Jadi, segera unduh aplikasi kami sekarang juga dan mulailah memantau tumbuh kembang si Kecil dengan lebih mudah.

Konsultasi Gratis dengan Ahli Gizi

Baca Juga:  Dos & Dont's Pesta Ulang Tahun Anak yang Wajib Dipahami Orangtua

Kesehatan dan nutrisi merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang si Kecil. Makanan yang dikonsumsi si Kecil dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting bagi Bunda untuk memastikan bahwa si Kecil mendapatkan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Namun, terkadang Bunda mungkin menghadapi tantangan dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi bagi si Kecil. Mungkin si Kecil tidak mau makan sayur atau susah makan makanan yang mengandung protein. Atau mungkin Bunda bingung dengan pilihan makanan yang tepat untuk si Kecil.

Untuk membantu Bunda mengatasi masalah ini, kami menawarkan konsultasi gratis dengan ahli gizi. Bunda dapat berkonsultasi secara online dengan ahli gizi kami untuk mendapatkan saran dan tips mengenai nutrisi yang tepat untuk si Kecil. Ahli gizi kami akan membantu Bunda merencanakan menu makanan yang sehat dan bergizi untuk si Kecil, serta memberikan solusi untuk mengatasi masalah makan si Kecil.

Selain itu, Bunda juga akan mendapatkan informasi terbaru mengenai perkembangan nutrisi anak dan berbagai artikel menarik seputar kesehatan dan gizi anak. Kami akan mengirimkan informasi ini secara berkala melalui email kepada Bunda.

Untuk mendapatkan konsultasi gratis dengan ahli gizi, Bunda hanya perlu mengisi formulir yang tersedia di halaman kami. Isilah data diri Bunda dengan lengkap dan benar, termasuk nama lengkap, nomor handphone, email, dan password. Bunda juga diminta untuk mengisi informasi mengenai susu yang dikonsumsi anak saat ini atau susu Bunda jika Bunda sedang hamil.

Setelah mengisi formulir, Bunda akan menerima konfirmasi melalui email yang berisi jadwal konsultasi dengan ahli gizi kami. Konsultasi dapat dilakukan secara online melalui aplikasi pesan instan atau video call. Bunda akan memiliki kesempatan untuk bertanya mengenai masalah makan si Kecil dan mendapatkan saran yang spesifik untuk kasus Bunda.

Selain konsultasi gratis, Bunda juga akan mendapatkan hadiah spesial dari Bunda & Balita. Hadiah ini dapat berupa voucher belanja, produk nutrisi anak, atau hadiah menarik lainnya. Hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat Bunda setelah konsultasi selesai.

Kami berharap dengan adanya konsultasi gratis ini, Bunda dapat lebih mudah dalam memberikan makanan yang sehat dan bergizi bagi si Kecil. Nutrisi yang baik akan membantu si Kecil tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta mencegah terjadinya masalah kesehatan yang berhubungan dengan gizi.

Jadi, jangan ragu untuk mengisi formulir konsultasi gratis sekarang juga! Dapatkan saran dan tips dari ahli gizi kami untuk memberikan nutrisi terbaik bagi si Kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com