Sekoteng Susu Jahe

Sekoteng Susu Jahe

Sekoteng Susu Jahe merupakan minuman tradisional Indonesia yang terkenal dengan cita rasanya yang hangat dan nikmat. Minuman ini terbuat dari campuran beberapa bahan seperti jahe, sereh, daun pandan, gula batu, kacang tanah, koling merah, dan kacang merah rebus. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara detail mengenai bahan-bahan dan cara membuat Sekoteng Susu Jahe yang lezat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sekoteng Susu Jahe antara lain adalah:

1. Air (250 ml)
2. Jahe (3 cm), kupas dan memarkan
3. Sereh (1 batang), memarkan
4. Daun pandan (2 lembar)
5. Gula batu (50 gr)

Selain itu, untuk isi Sekoteng Susu Jahe, Anda akan membutuhkan:

1. Kacang tanah kupas kulit, sangrai (1 sdm)
2. Koling merah (2 sdm)
3. Kacang merah rebus (2 sdm)

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Sekoteng Susu Jahe:

1. Pertama, didihkan air dalam sebuah panci. Tambahkan jahe yang sudah dikupas dan dimarkan, sereh yang sudah dimarkan, dan daun pandan. Masak hingga air mendidih dan harum.
2. Setelah itu, tambahkan gula batu ke dalam air jahe yang sedang mendidih. Aduk hingga gula batu larut sepenuhnya.
3. Selanjutnya, masukkan bahan isi seperti kacang tanah yang sudah dikupas kulit dan disangrai, koling merah, serta kacang merah yang sudah direbus ke dalam gelas saji.
4. Tuangkan air jahe yang sudah matang ke dalam gelas saji yang berisi bahan isi. Pastikan air jahe mencakup semua bahan isi.
5. Sekoteng Susu Jahe siap disajikan. Nikmati Sekoteng Susu Jahe hangat sebagai minuman penutup yang lezat.

Sekoteng Susu Jahe adalah minuman yang cocok disajikan pada saat cuaca sedang dingin atau setelah makan malam. Rasanya yang hangat dan aroma jahe yang khas akan memberikan sensasi kehangatan dan kenyamanan bagi tubuh Anda.

Baca Juga:  7 Manfaat Ajak Anak Bermain Agar Tumbuh Kembangnya Optimal

Jahe yang merupakan salah satu bahan utama dalam Sekoteng Susu Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jahe mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Selain itu, jahe juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperbaiki pencernaan.

Sereh dan daun pandan yang juga digunakan dalam pembuatan Sekoteng Susu Jahe memiliki aroma yang harum dan menyegarkan. Sereh memiliki manfaat sebagai antiseptik alami dan dapat membantu mengurangi rasa sakit pada sendi. Sedangkan daun pandan memiliki khasiat sebagai penawar racun dan dapat membantu mengurangi gejala diabetes.

Gula batu yang digunakan dalam Sekoteng Susu Jahe memberikan rasa manis yang pas dan sehat. Gula batu lebih alami dibandingkan dengan gula pasir, sehingga lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Selain bahan-bahan utama, tambahan kacang tanah, koling merah, dan kacang merah pada Sekoteng Susu Jahe memberikan variasi tekstur dan rasa yang menarik. Kacang tanah yang sudah dikupas kulit dan disangrai memberikan rasa gurih dan renyah. Koling merah memberikan rasa manis dan kacang merah yang sudah direbus memberikan rasa lembut dan kaya protein.

Sekoteng Susu Jahe dapat disajikan sebagai minuman penutup setelah makan malam atau sebagai camilan di tengah hari. Rasanya yang hangat dan khas Indonesia pasti akan membuat Anda merasa nyaman dan terasa segar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas dalam pembuatan Sekoteng Susu Jahe. Selain itu, jangan lupa untuk mencicipi dan menyesuaikan rasa sesuai dengan preferensi pribadi Anda.

Sekoteng Susu Jahe juga dapat disajikan dalam acara keluarga atau pertemuan dengan teman-teman. Minuman ini akan menjadi perbincangan yang menarik dan akan meningkatkan kehangatan suasana.

Baca Juga:  Ini 4 Manfaat Berkebun untuk si Kecil

Tidak hanya rasanya yang nikmat, Sekoteng Susu Jahe juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Jahe, sereh, dan daun pandan yang digunakan dalam minuman ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Selain itu, kandungan gula batu, kacang tanah, koling merah, dan kacang merah pada Sekoteng Susu Jahe memberikan nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan serat. Nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memberikan energi yang dibutuhkan.

Sekoteng Susu Jahe juga dapat menjadi alternatif minuman yang sehat dan alami dibandingkan dengan minuman-minuman bersoda atau beralkohol. Anda dapat menikmati minuman ini tanpa khawatir akan efek samping yang tidak diinginkan.

Dalam menyajikan Sekoteng Susu Jahe, Anda dapat menambahkan hiasan seperti daun pandan atau irisan jahe sebagai penambah aroma dan tampilan yang menarik. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan jumlah gula batu sesuai dengan selera Anda sendiri.

Dalam mengonsumsi Sekoteng Susu Jahe, sebaiknya tidak berlebihan karena mengandung gula batu. Meskipun gula batu memiliki manfaat yang lebih alami dibandingkan dengan gula pasir, tetap perlu mengontrol jumlah konsumsi gula agar tetap sehat.

Untuk menjaga kualitas dan kebersihan Sekoteng Susu Jahe, pastikan semua bahan digunakan dalam kondisi yang baik dan bersih. Selalu mencuci tangan sebelum memasak dan menggunakan bahan-bahan yang segar untuk menghasilkan minuman yang sehat dan enak.

Dengan mengikuti resep dan langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat Sekoteng Susu Jahe sendiri di rumah. Nikmati sensasi hangatnya minuman tradisional ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat. Selamat mencoba!

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com