School Review: SD Lentera Insan Depok


Satu lagi SD Swasta berbasis Islam di Depok yang menerima Anak Berkebutuhan Khusus.

SD Lentera Insan adalah sebuah sekolah swasta berbasis Islam yang terletak di Depok. Sekolah ini memiliki keunikan karena menerima anak-anak berkebutuhan khusus. Saya telah lama mendengar tentang sekolah ini sebelum saya menyadari bahwa anak saya, Rimba, memiliki Sensory Processing Disorder. Awalnya, saya mengira bahwa gedung SD Lentera Insan terletak di tempat yang sama dengan gedung Taman Kanak-Kanaknya. Namun, ternyata keduanya berlokasi di tempat yang berbeda, dan cukup jauh satu sama lainnya. TK Lentera Insan berada di pinggir jalan besar Kelapa Dua, Depok, sedangkan SD-nya terletak di kompleks perumahan Permata Puri I, di Jl. Radar Auri, Depok. Keberadaannya di dalam kompleks membuat SD Lentera Insan terasa aman dan nyaman.

Tergabung Dalam JSIT

SD Lentera Insan merupakan salah satu sekolah yang tergabung dalam Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). JSIT adalah organisasi yang terdiri dari sekolah-sekolah Islam yang memadukan nilai dan ajaran agama Islam dalam kurikulum mereka. Melalui pendekatan pembelajaran yang efektif, sekolah-sekolah JSIT melibatkan orangtua dan guru secara optimal. Selain Lentera Insan, Nurul Fikri juga termasuk dalam jaringan JSIT.

Kelas Reguler & Khusus

SD Lentera Insan menerima semua anak, termasuk anak-anak dengan gangguan perkembangan dan anak-anak yang tergolong cerdas istimewa. Sekolah ini memiliki dua jenis kelas, yaitu kelas reguler dan kelas khusus. Kelas reguler diikuti oleh sejumlah siswa reguler dan beberapa siswa ABK yang telah memenuhi syarat penerimaan murid baru. Prosedur penerimaan murid baru melibatkan pemeriksaan dan tes psikologi. Jika terdapat hambatan perkembangan yang perlu ditangani lebih intensif, murid tersebut akan ditempatkan di kelas khusus.

Baca Juga:  Ketahui Manfaat Protein Agar Anak Terhindar dari Risiko Penyakit

Psikolog yang mendukung SD Lentera Insan adalah Hj. Fitriani F Syahrul, M.Si.Psi, yang merupakan penerima Inclusif Education Award dari Kemdikbud RI tahun 2012. Saat saya mengunjungi sekolah ini, saya melihat bahwa jumlah siswa di kelas tidak banyak. Sekitar 15-20 anak yang di-handle oleh 2 orang guru. Penanganan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus di sini terlihat sangat optimal. Setiap siswa akan memiliki jadwal konsultasi dengan tim pelayanan psikologi setiap tahunnya. Jadwal dan jumlah pertemuan akan disesuaikan dengan kondisi anak. Berdasarkan konsultasi tersebut, sekolah akan berdiskusi dengan orangtua mengenai cara mengatasi masalah atau hambatan yang mungkin dihadapi. Hal ini sangat memberikan rasa nyaman bagi orangtua.

Proses Belajar & Biaya

Proses belajar di SD Lentera Insan memberikan peluang yang besar bagi murid untuk berani berpendapat dan mengemukakan ide. Melalui aktivitas sharing pengalaman pribadi atau mengemukakan pendapat terhadap suatu tema yang dipelajari, murid diajarkan untuk menjadi lebih percaya diri dan berani mengungkapkan pendapatnya. Biaya masuk untuk tahun ajaran 2016/2017 sebesar Rp 23 juta rupiah, dengan uang SPP sekitar Rp 1.200.000 per bulan. Namun, bagi ABK yang membutuhkan shadow teacher dan penanganan khusus lainnya, biaya SPP bisa berkisar antara Rp 3-4 juta per bulan.

Susah Masuknya

Proses penerimaan di SD Lentera Insan berbeda dengan sekolah umum lainnya. Pendaftaran tidak memiliki periode yang jelas, kecuali akhir periode pendaftaran pada bulan Februari. Beberapa orang bahkan sudah mendaftar dua tahun sebelumnya, persis seperti SD Karakter. Setelah Rimba mengikuti proses penerimaan pada bulan Oktober 2016, pihak sekolah belum bisa memastikan apakah Rimba diterima atau tidak. Hal ini disebabkan oleh prioritas sekolah yang lebih mengutamakan siswa-siswa TK Lentera Insan yang ingin melanjutkan ke SD. Jumlah kuota setiap tahun juga terbatas, sehingga hampir semua siswa TK Lentera Insan melanjutkan ke SD-nya. Ini menyisakan sedikit kuota untuk anak-anak dari sekolah lain. Oleh karena itu, saya merasa agak percuma untuk mendaftarkan Rimba di sini, mengingat Rimba tidak terdaftar sebagai murid TK Lentera Insan.

Baca Juga:  Kembali ke Berat Badan Semula

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa SD Lentera Insan merupakan salah satu SD swasta berbasis Islam di Depok yang menerima anak-anak berkebutuhan khusus. Sekolah ini tergabung dalam JSIT dan memiliki kelas reguler dan khusus. Penanganan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah ini sangat optimal, dengan adanya dukungan dari seorang psikolog yang berpengalaman. Proses belajar di SD Lentera Insan memberikan peluang bagi murid untuk berani berpendapat dan mengemukakan ide. Namun, masuk ke sekolah ini tidaklah mudah karena proses penerimaan yang berbeda dengan sekolah umum lainnya. Meskipun demikian, SD Lentera Insan tetap menjadi salah satu pilihan yang menarik bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com