Resep Playdough Homemade yang Tahan Lama

Resep Playdough Tahan Lama dan Tidak Cepat Kering

Bahan:

Playdough homemade yang tahan lama ini membutuhkan beberapa bahan yang mudah ditemukan di dapur Anda. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1. 100 gr tepung terigu
Tepung terigu digunakan sebagai bahan dasar utama dalam pembuatan playdough ini. Pastikan menggunakan tepung terigu yang halus agar adonan playdough menjadi lembut dan mudah diolah.

2. 50 gr garam halus
Garam halus berfungsi untuk memberikan kelembutan pada playdough dan juga sebagai pengawet alami. Pastikan menggunakan garam halus agar tidak ada butiran garam yang terasa saat bermain dengan playdough.

3. 5-6 sendok maizena/tepung kanji sesuai kebutuhan
Maizena atau tepung kanji digunakan untuk mengatur kepadatan playdough. Semakin banyak maizena yang digunakan, maka playdough akan semakin padat. Anda bisa menyesuaikan jumlah maizena sesuai dengan keinginan.

4. 2-3 sendok makan minyak goreng
Minyak goreng berfungsi untuk memberikan kelembutan pada playdough. Pilih minyak goreng yang tidak berbau atau berwarna agar tidak mengganggu aroma dan warna playdough.

5. 2 sendok teh cuka masak
Cuka masak digunakan sebagai pengawet alami agar playdough tidak mudah berjamur. Selain itu, cuka masak juga memberikan kelembutan pada adonan playdough.

6. Air secukupnya, sampai adonan kalis
Air digunakan untuk mengikat semua bahan menjadi adonan yang kalis. Tambahkan air sedikit-sedikit sampai adonan playdough dapat dengan mudah diuleni tanpa lengket.

7. Pewarna makanan
Pewarna makanan digunakan untuk memberikan warna pada playdough. Anda bisa menggunakan pewarna makanan cair atau gel sesuai dengan selera.

Cara Membuat:

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat playdough tahan lama yang tidak cepat kering:

1. Campurkan tepung terigu, garam, cuka masak, dan minyak goreng dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Baca Juga:  100 Nama Bayi Laki-laki Terinspirasi dari Sahabat Nabi, Pilih yang Cocok untuk Si Kecil

2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis. Jika adonan terlalu lembek, tambahkan maizena sedikit-sedikit hingga adonan menjadi padat dan tidak lengket.

3. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah warna yang ingin Anda buat. Tambahkan pewarna makanan pada masing-masing bagian adonan dan uleni hingga warna tercampur merata.

4. Setelah adonan tercampur dengan baik, playdough siap digunakan atau disimpan. Untuk menyimpannya, masukkan adonan playdough ke dalam wadah kedap udara agar tidak kering, tidak berjamur, dan tidak berbau basi.

Dengan mengikuti resep ini, Anda akan mendapatkan playdough homemade yang tahan lama dan tidak cepat kering. Playdough ini dapat digunakan berkali-kali dan aman untuk dimainkan oleh anak-anak karena terbuat dari bahan makanan yang aman.

Apabila playdough sudah mulai mengering setelah beberapa waktu, Anda dapat menambahkan sedikit air dan memanaskannya di atas kompor sambil terus diaduk hingga playdough menjadi lembut kembali. Setelah itu, simpan kembali playdough di dalam wadah kedap udara agar tetap awet dan siap digunakan kembali.

Dengan menggunakan resep playdough ini, Anda tidak perlu lagi membeli Playdoh di toko yang harganya cukup mahal. Selain lebih hemat, membuat playdough sendiri juga bisa menjadi kegiatan quality time bersama anak. Anda dapat melibatkan anak dalam proses pembuatan playdough ini, sehingga mereka dapat belajar tentang bahan-bahan yang digunakan dan juga mengembangkan kreativitas mereka dalam menciptakan berbagai bentuk dan warna.

Playdough tidak hanya sebagai mainan yang menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat bagi perkembangan anak. Bermain dengan playdough dapat melatih motorik halus anak, membantu mengembangkan imajinasi dan kreativitas, serta menjadi sarana untuk mengajarkan konsep warna dan bentuk.

Baca Juga:  Buumi Playscape, Playground Lengkap Sebagai Pendukung Tumbuh Kembang Anak

Dengan adanya playdough homemade yang tahan lama ini, Anda dapat menghadirkan keseruan dan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak di rumah. Selamat mencoba!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com