Rekomendasi Panti Jompo dan Senior Living di Jabodetabek, Serta Biayanya


Punya orang tua yang berencana tinggal di panti jompo atau senior living? Ini beberapa rekomendasi panti jompo dan senior living di Jabodetabek.

Ada banyak alasan orang tua lebih memilih untuk tinggal di panti jompo atau senior living. Beberapa alasannya adalah atas keinginan sendiri, ingin berkumpul dan bersosialisasi dengan yang seusia, banyak kegiatan seru jadi tidak bosan kalau di rumah saja, hingga karena anak sibuk kerja, dan alasan lainnya.

Jika Bunda memiliki orang tua yang ingin tinggal di panti jompo atau senior living, atau bahkan Bunda dan Daddies sendiri punya keinginan tinggal di panti jompo atau senior living di masa tua nanti, ini beberapa rekomendasi panti jompo dan senior living yang bisa dicek, beserta harganya di tahun 2023.

Rekomendasi Panti Jompo

Panti Wreda Salam Sejahtera

Panti Wreda Salam Sejahtera (PWSS) adalah salah satu pilihan yang bisa Bunda pertimbangkan. Panti ini memiliki kamar untuk tinggal sendiri dan juga fasilitas untuk kegiatan para lansia. Mulai dari perpustakaan, taman untuk bersantai, ruang ibadah, hingga ruang serbaguna. Para lansia juga bisa mengikuti berbagai kegiatan seru seperti senam, membuat kerajinan tangan, bermain kartu, berkebun, karaoke, hingga melukis bersama. Lokasinya berada di Jl. Raya Pajajaran No. 38B, Bantarjati, Bogor, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda dapat menghubungi nomor telepon (0251) 8385929 atau mengunjungi akun Instagram @pwsalamsejahtera. Biaya tinggal di panti ini adalah Rp5 juta per bulan, sudah termasuk makan 3 kali sehari dan snack 2 kali sehari.

Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan

Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan juga merupakan salah satu pilihan yang dapat dipertimbangkan. Panti ini memiliki berbagai jenis kamar yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan lansia. Selain itu, di sini para lansia juga dapat melakukan berbagai kegiatan seperti senam, berjemur setiap pagi, makan bersama, nonton bersama, bernyanyi, melukis, merangkai bunga, dan masih banyak lagi. Terdapat juga layanan kesehatan dan fisioterapi. Alamat Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan berada di Jl. Pusdika No.8, Cibubur, Jakarta Timur. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda dapat menghubungi nomor telepon (021) 87753203 atau mengunjungi akun Instagram @stw_ria_pembangunan. Biaya tinggal di panti ini bervariasi, tergantung jenis kamar yang dipilih. Untuk kamar reguler, biayanya adalah Rp4 juta per bulan, belum termasuk listrik dan AC. Untuk kamar VIP Pratama, biayanya adalah Rp5,5 juta per bulan, sudah termasuk listrik dan AC. Dan untuk kamar VVIP, biayanya adalah Rp6,5 juta per bulan, sudah termasuk listrik dan AC.

Baca Juga:  Apa itu Upacara Nginjek Tanah? Ini Penjelasannya

Panti Jompo Kidung Salomo Agape

Panti jompo Kidung Salomo Agape juga menjadi salah satu pilihan yang bisa Bunda pertimbangkan. Panti ini melayani lansia mandiri dan memiliki berbagai kegiatan seru. Namun, karena kamarnya selalu penuh, Bunda harus masuk waiting list terlebih dahulu untuk dapat tinggal di panti ini. Pengecekan kesehatan juga dilakukan secara rutin di panti ini untuk memastikan para lansia selalu dalam keadaan baik dan sehat. Alamat Panti Jompo Kidung Salomo Agape berada di Jl. Utama I No.83, Pondok Karya, Tangerang Selatan, Banten. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda dapat menghubungi nomor telepon 08161154740. Biaya tinggal di panti ini bervariasi, tergantung dari jenis kamar yang dipilih. Untuk kamar dengan kamar mandi di luar, biayanya adalah Rp3,5 juta per bulan. Sedangkan untuk kamar dengan kamar mandi di dalam, biayanya adalah Rp4 juta per bulan.

Rekomendasi Senior Living

RUKUN Senior Living

RUKUN Senior Living adalah salah satu pilihan terbaik untuk para lansia yang ingin tinggal di lingkungan yang nyaman dan aman. Di RUKUN, para lansia dapat memilih untuk tetap tinggal di rumah dan hanya ikut kegiatan Senior Club (Klub Lansia) atau dapat juga tinggal di kawasan RUKUN. Di sini, para senior dapat menikmati berbagai kegiatan seperti senam, karaoke sore, melukis, membuat prakarya, main game, berenang, dan masih banyak kegiatan lainnya. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap, mulai dari restoran, ruang bermain, ruang olahraga, ruang seni, kolam renang, klinik fisioterapi, gazebo untuk bersantai, dan lain-lain. Alamat RUKUN Senior Living berada di Kawasan Darmawan Park, Jl. Babakan Madang No. 99, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda dapat menghubungi nomor telepon (021) 87951525 atau melalui WhatsApp di nomor 08787391578. Biaya tinggal di RUKUN Senior Living bervariasi, tergantung dari jenis kamar dan tipe hunian yang dipilih. Untuk Ideal Suite Single Occupancy, biayanya adalah Rp750.000 per hari, Rp19.500.000 per bulan, dan Rp204.400.000 per tahun. Untuk Ideal Suite Couple Occupancy, biayanya adalah Rp1.000.000 per hari, Rp27.000.000 per bulan, dan Rp292.000.000 per tahun. Untuk Deluxe Suite Single Occupancy, biayanya adalah Rp900.000 per hari, Rp24.300.000 per bulan, dan Rp262.800.000 per tahun. Untuk Deluxe Suite Couple Occupancy, biayanya adalah Rp1.200.000 per hari, Rp32.400.000 per bulan, dan Rp350.400.000 per tahun. Untuk Supreme Suite Single Occupancy, biayanya adalah Rp1.200.000 per hari, Rp33.000.000 per bulan, dan Rp383.250.000 per tahun. Untuk Supreme Suite Couple Occupancy, biayanya adalah Rp1.500.000 per hari, Rp40.500.000 per bulan, dan Rp438.000.000 per tahun.

Baca Juga:  Ibu Bisa Melatih Empati Si Kecil dengan 7 Cara Ini

Senior Club Indonesia

Senior Club Indonesia adalah day care atau klub eksklusif harian untuk lansia. Di sini, para lansia dapat melakukan berbagai kegiatan seperti bersosialisasi dan berinteraksi dengan rekan sebaya, senam pagi, membaca di perpustakaan, menonton film, bermain musik dan bernyanyi bersama, dan masih banyak kegiatan lainnya. Setiap hari, kegiatan dimulai dari jam 8 pagi hingga 3 sore. Alamat Senior Club Indonesia berada di Jl. Pantai Indah Utara 3 Blok U1, Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Untuk informasi lebih lanjut, Bunda dapat menghubungi nomor telepon (021) 55966000. Biaya yang harus dikeluarkan untuk menjadi anggota Senior Club Indonesia adalah Rp5 juta. Jika ingin mandiri tanpa pendamping, biayanya adalah Rp4,6 juta. Jika ingin mandiri dengan pendamping, biayanya adalah Rp6 juta. Terdapat juga voucher trial untuk mencoba kegiatan di Senior Club Indonesia. Voucher trial 5x berharga Rp2,5 juta dengan masa berlaku 2 minggu, sedangkan voucher trial 10x berharga Rp5 juta dengan masa berlaku 1 tahun.

Itulah beberapa rekomendasi panti jompo dan senior living di Jabodetabek yang bisa Bunda pertimbangkan. Setiap pilihan memiliki keunggulan dan fasilitas yang berbeda, jadi Bunda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi orang tua atau diri sendiri. Pastikan juga untuk melakukan kunjungan ke panti-panti tersebut dan berbicara dengan pihak pengelola untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan detail. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Bunda dalam memilih panti jompo atau senior living yang terbaik.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com