Rekomendasi Bidan di Indonesia dan Kisaran Biaya Melahirkan

Untuk Bunda yang sedang merencanakan melahirkan di bidan, ada beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan Anda. Melahirkan di bidan masih menjadi pilihan banyak ibu hamil lainnya, terutama bagi mereka yang kondisi kehamilannya normal dan tidak disertai dengan faktor penyulit. Selain itu, biaya melahirkan di bidan juga lebih terjangkau dibandingkan di rumah sakit.

Biaya melahirkan di bidan memang jauh lebih terjangkau dibandingkan di rumah sakit. Seperti halnya dokter kandungan, bidan juga bertugas melakukan pemeriksaan ginekologi, memberi induksi persalinan atau obat penghilang nyeri, rutin memantau kondisi janin, resusitasi bayi, hingga mengelola perdarahan pasca persalinan. Namun, bidan hanya bisa melakukan tindakan secara normal serta tindakan episiotomi. Jika ada komplikasi, bidan tidak diperkenankan melakukan operasi caesar dan tindakan lainnya. Apabila kondisi pasien berisiko, bidan akan segera merujuk pasien untuk beralih ke dokter kandungan demi keselamatan ibu dan bayi.

Biasanya, biaya melahirkan di bidan dipatok sekitar Rp800.000 – Rp3.000.000 dan biasanya biaya tersebut sudah termasuk dengan perawatan lainnya, seperti pengecekan pasca persalinan, obat-obatan, dan juga vitamin. Ada beberapa bidan yang menawarkan paket harga per hari, per minggu, hingga per bulan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Berikut beberapa rekomendasi bidan di Indonesia dan kisaran harganya!

1. Bidan Kita

Bidan Kita merupakan salah satu bidan yang direkomendasikan di Indonesia. Mereka berlokasi di Jl. Piere Tendean No. 20 RT I RW VII Sikenong, Sidowayah, Klaten Tengah, Klaten, Jawa Tengah. Untuk konsultasi, mereka mematok harga sebesar Rp85.000 dan untuk pemeriksaan kehamilan lengkap dengan USG 2D, mereka mematok harga sebesar Rp165.000. Sedangkan untuk harga bersalin, mereka memulai dari Rp4.500.000.

2. Klinik Bidan Nova

Klinik Bidan Nova juga merupakan salah satu rekomendasi bidan di Indonesia. Mereka berlokasi di Jl. Citayam Parung Perumahan Java, Citayam Residence Blok A1, Kampung Bambon RT 01/RW 07, Desa Ragajaya, Bojonggede, Bogor. Untuk konsultasi, mereka menawarkan harga mulai dari Rp35.000 hingga Rp100.000. Sedangkan untuk harga bersalin, mereka memulai dari Rp2.500.000.

Baca Juga:  6 Alasan Kenapa Baby Walker Tidak Disarankan Untuk Anak

3. Bidan Anriati Sjachril

Bidan Anriati Sjachril juga merupakan salah satu bidan terpercaya di Indonesia. Mereka berlokasi di Jalan Pulo Indah II No.32, RT.007/RW.05, Petukangan Selatan, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Untuk konsultasi kehamilan, mereka mematok harga sebesar Rp150.000 tanpa USG. Sedangkan untuk harga bersalin, mereka menawarkan paket perawatan tiga hari ibu dan anak sebesar Rp3.000.000 plus vitamin.

4. Rumah Bidan Andalanta

Rumah Bidan Andalanta juga menjadi salah satu rekomendasi bidan di Indonesia. Mereka berlokasi di Jalan Paccerakkang Ruko Poros YPPKG, Daya, Makassar. Untuk konsultasi kehamilan, mereka menawarkan harga sebesar Rp50.000 dengan bidan dan Rp200.000 dengan dokter. Sedangkan untuk harga bersalin, mereka mematok harga sebesar Rp2.500.000.

5. BidanTa

BidanTa juga merupakan salah satu bidan terpercaya di Indonesia. Mereka berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan 12 Lorong 1 No. 148, Tamalanrea RT/RW 004, Pai, Biringkanaya, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi nomor telepon 0853-9409-8834.

Itulah beberapa rekomendasi bidan di Indonesia beserta kisaran harganya. Anda dapat memilih bidan yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga lokasi yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Melahirkan di bidan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan melahirkan di rumah sakit. Selain biayanya yang lebih terjangkau, melahirkan di bidan juga memberikan suasana yang lebih intim dan personal. Anda akan merasa lebih nyaman dan tenang karena Anda akan ditemani oleh bidan yang sudah terbiasa dengan proses persalinan. Selain itu, bidan juga dapat memberikan perawatan yang lebih individu sesuai dengan kebutuhan ibu dan bayi.

Namun, perlu diingat bahwa melahirkan di bidan hanya dianjurkan bagi ibu hamil yang kondisinya normal dan tidak disertai dengan faktor penyulit. Jika Anda memiliki kondisi kehamilan yang berisiko, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan memastikan keselamatan Anda dan bayi.

Baca Juga:  9 Penyebab Munculnya Bintik Merah pada Bayi

Jadi, bagi Bunda yang sedang merencanakan melahirkan di bidan, Anda dapat mempertimbangkan beberapa rekomendasi bidan di atas. Pastikan Anda memilih bidan yang terpercaya dan memiliki pengalaman dalam bidangnya. Selalu lakukan konsultasi dengan bidan sebelum melahirkan untuk memastikan bahwa Anda dan bayi dalam kondisi yang sehat dan aman.

Selamat melahirkan dan semoga proses persalinan berjalan lancar serta memberikan kebahagiaan bagi Anda dan keluarga.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com