Rasa Sakit yang Ampuh Disembuhkan oleh Sentuhan Ibu

Rasa Sakit yang Ampuh Disembuhkan oleh Sentuhan Bunda: Studi Mengenai Potensi Analgesik Sentuhan pada Bayi

Bunda merupakan sosok yang sangat penting dalam kehidupan seorang anak. Selain memberikan kasih sayang, perhatian, dan nutrisi yang dibutuhkan, ternyata sentuhan ibu juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kenyamanan si kecil. Sebuah studi yang dilakukan oleh Rebeccah Slater, seorang profesor ilmu saraf pediatrik di University of Oxford, menemukan bahwa sentuhan memiliki potensi analgesik atau penghilang rasa sakit tanpa efek samping pada bayi.

Studi ini juga menemukan bahwa membelai bayi dengan kecepatan sekitar 3 cm per detik dapat mengurangi rasa sakit yang dialami oleh bayi. Kecepatan membelai ini dikatakan sebagai kecepatan optimal yang akan mengaktifkan kelas neuron sensorik di kulit yang disebut “C-tactile afferents”. Kelas neuron ini telah terbukti mengurangi rasa sakit pada orang dewasa. Dengan demikian, sentuhan ibu tidak hanya memberikan kenyamanan emosional, tetapi juga dapat meredakan rasa sakit secara fisik.

Selain itu, sentuhan juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi kesehatan si kecil. Sentuhan ibu dapat mengatur suhu tubuh bayi, memperbaiki pernapasan, meningkatkan detak jantung, serta meningkatkan kekebalan tubuh bayi. Dengan memberikan sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang, ibu dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan perkembangan si kecil.

Tidak hanya pada bayi yang lahir secara normal, bayi yang lahir prematur juga lebih banyak mendapatkan manfaat dari sentuhan ibu. Bayi prematur biasanya lahir dengan kondisi yang lebih lemah dan sensitif. Mereka juga lebih rentan mengalami rasa sakit yang tidak terjangkit pada bayi biasa. Oleh karena itu, sentuhan ibu sangat penting bagi bayi prematur. Dengan memberikan sentuhan, belaian, dan pelukan yang lebih sering kepada bayi prematur, mereka memiliki peluang yang lebih besar untuk tumbuh dan berkembang dengan lebih sehat dan kuat.

Baca Juga:  Agar Anak Antusias dalam Belajar

Selanjutnya, mari kita bahas lebih detail mengenai beberapa manfaat sentuhan ibu yang telah disebutkan di atas.

1. Menurunkan Demam Bayi
Sentuhan tangan ibu ke kening bayi dapat mengalirkan energi ibu ke tubuh bayi. Bunda dapat memberikan sentuhan selama 5-10 menit atau lebih. Selain di area kening, sentuhan pada bagian tubuh lainnya juga dapat meredakan sedikit demam pada bayi. Selain sentuhan, ibu juga dapat melakukan skin-to-skin contact dengan bayi. Terapi skin-to-skin pada bayi dipercaya dapat meredakan demam karena kulit ibu mampu menyerap panas pada tubuhnya. Jangan khawatir, ibu tidak akan tertular karena permukaan kulit ibu jauh lebih luas sehingga panas akan disebarkan ke seluruh permukaan tubuh. Selain itu, skin-to-skin contact juga memberikan efek tenang dan nyaman pada bayi. Bunda dapat melakukannya sambil menggendong atau mendekap si kecil di dada. Pada saat melakukan skin-to-skin contact, usahakan ibu menggunakan baju dengan bukaan di bagian dada dan bayi bertelanjang dada. Ini akan memudahkan proses kulit bayi bertemu langsung dengan kulit ibu.

2. Mengurangi Batuk dan Pilek
Sentuhan juga dipercaya dapat memperbaiki sirkulasi darah dan pernapasan pada bayi. Berikan usapan lembut di bagian hidung, dada, dan kepala bayi yang terserang flu. Rasa hangat pada tangan ibu juga akan mengalirkan energi yang akan memberikan kenyamanan kepada si kecil.

3. Mengurangi Rasa Sakit Luka
Sentuhan memang tidak berpengaruh langsung terhadap sembuhnya luka si kecil. Namun di balik sentuhan ibu ada rasa tenang dan energi positif yang membuat bayi lupa sejenak dengan rasa sakit yang dirasakannya.

4. Menenangkan Bayi Kolik
Kolik adalah kondisi ketika bayi menangis tanpa penyebab yang jelas selama berhari-hari. Metode penyembuhan kolik yang efektif memang belum ditemukan. Namun, ibu dapat menenangkan bayi dengan memberikan sentuhan lembut di bagian perut atau punggung bayi. Pijatan-pijatan lembut di bagian tubuh bayi juga dapat membuatnya lebih tenang.

Baca Juga:  Aturan dan Larangan Pungutan dan Sumbangan Sekolah, Orang Tua Wajib Tahu!

5. Menenangkan Bayi Tantrum
Tangisan bayi tantrum umumnya disebabkan oleh emosi yang tidak stabil. Bunda dapat memberikan sentuhan kasih sayang, membelai, atau memeluk si kecil untuk membuatnya terasa nyaman. Berikan juga kata-kata positif dan nyanyian untuk lebih menenangkannya.

6. Meredakan Ketakutan
Rasa takut merupakan hal yang wajar dirasakan oleh bayi. Orang lain yang tidak pernah dilihat sebelumnya saja bisa menimbulkan rasa takut pada si kecil. Untuk meredakan rasa takutnya, si kecil hanya memerlukan ibu sebagai obatnya. Gendong si kecil, peluk dia, dan berikan elusan lembut di bagian tubuhnya akan memberikan ketenangan dengan sangat cepat.

7. Mengatasi Stress
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Oxford dan Liverpool John Moores University menunjukkan bahwa sentuhan dan belaian sebelum dilakukan tes darah pada bayi dapat mengurangi rasa nyeri yang dirasakan oleh bayi. Rasa stres pada bayi dapat memperburuk rasa sakit fisik yang dirasakannya. Dengan memberikan sentuhan kepada bayi sebelum dan sesudah tes darah, ibu dapat mengurangi risiko stres pada bayi dan sekaligus mengurangi rasa sakit fisik yang dialami oleh bayi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sentuhan ibu memiliki potensi analgesik atau penghilang rasa sakit pada bayi. Sentuhan ibu dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kenyamanan si kecil. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk memberikan sentuhan yang lembut, penuh kasih sayang, dan rutin kepada bayi. Namun, penting juga untuk diingat bahwa sentuhan ibu bukanlah satu-satunya perawatan yang diperlukan oleh bayi. Bunda tetap perlu memberikan perawatan lain dan membawa bayi ke dokter untuk kesembuhan total dan mencegah munculnya penyakit lain yang lebih parah.

Baca Juga:  Flek Paru Apakah Berarti TB?

Dengan memberikan sentuhan yang tepat dan penuh kasih sayang, ibu dapat membantu bayi tumbuh dan berkembang dengan sehat dan kuat. Sentuhan ibu adalah salah satu bentuk cinta dan perhatian yang tak ternilai harganya bagi si kecil. Mari kita selalu memberikan sentuhan yang lembut dan penuh kasih sayang kepada bayi kita, karena sentuhan ibu adalah obat terbaik untuk si kecil.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com