6 Perubahan yang Terjadi Pada Anak usia 5 Tahun

6 Perubahan yang Terjadi Pada Anak Usia 5 Tahun

Bunda yang memiliki anak usia 5 tahun mungkin pernah merasakan bahwa perilaku dan kebiasaan si Kecil berbeda dari biasanya. Mungkin si Kecil menjadi lebih aktif bahkan kadang susah dikontrol. Jangan khawatir, itu semua adalah perubahan yang wajar terjadi pada anak usia 5 tahun. Pada usia ini, si Kecil sedang mengalami banyak perubahan dalam perkembangannya. Dalam tulisan ini, kita akan membahas 6 perubahan yang terjadi pada anak usia 5 tahun yang perlu Bunda ketahui.

1. Pertumbuhan Tinggi dan Berat Badan yang Lebih Cepat

Usia 5 tahun adalah usia di mana pertumbuhan tinggi dan berat badan anak berlangsung dengan cepat. Bunda mungkin akan melihat bahwa si Kecil menjadi lebih tinggi dan berat badannya bertambah. Menurut Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan ideal untuk anak usia 5 tahun berkisar antara 99,9-118,9 cm untuk anak perempuan dan 100,7-119,2 cm untuk anak laki-laki. Sedangkan berat badan ideal berkisar antara 13,7-24,2 kg. Untuk memantau pertumbuhan tinggi dan berat badan si Kecil, Bunda dapat secara berkala mengukur tinggi dan berat badannya dan menuliskannya di sudut tembok kamar si Kecil. Ini juga dapat melibatkan si Kecil dalam proses ini, sehingga dapat melatih kemampuan berhitung dan menulisnya.

2. Pertumbuhan Gigi Permanen

Pada usia 5 tahun, si Kecil akan mengalami pertumbuhan gigi permanen yang mulai tumbuh dan menggantikan gigi susunya. Mungkin Bunda akan melihat bahwa gigi si Kecil mulai goyang dan akhirnya tanggal. Proses ini biasanya disertai dengan keluhan sakit atau nyeri di area gusi. Bunda tidak perlu khawatir, ini adalah proses alami dalam pertumbuhan gigi anak. Bunda dapat memberikan penjelasan pada si Kecil bahwa gigi susunya akan digantikan dengan gigi permanen yang baru. Penting juga bagi Bunda untuk mengajari si Kecil kebiasaan menyikat gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan giginya.

Baca Juga:  Cara Mengajarkan si Kecil Membersihkan Alat Kelaminnya pada Balita

3. Penyuka Bertanya dan Bicara

Di usia 5 tahun, si Kecil akan mulai menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi. Bunda mungkin akan mendapati bahwa si Kecil sering bertanya tentang hal-hal di sekitarnya. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan si Kecil mungkin terkesan unik dan tidak terduga. Bunda dapat memberikan penjelasan singkat tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menggunakan kalimat yang mudah dimengerti oleh si Kecil. Ini adalah kesempatan bagi si Kecil untuk belajar dan menambah pengetahuannya.

4. Lebih Suka Bermain dengan Teman

Pada usia 5 tahun, si Kecil mulai merasakan keinginan untuk berinteraksi lebih banyak dengan teman sebayanya. Bunda mungkin akan melihat bahwa si Kecil lebih sering bermain di luar bersama teman-temannya. Pada fase ini, si Kecil juga mulai mengenal hubungan pertemanan dan persahabatan. Meskipun persahabatan pada usia ini mungkin singkat, si Kecil tetap menikmati proses tersebut dan merasa senang ketika dapat menjalin hubungan dengan teman sebayanya. Penting bagi Bunda untuk mengawasi pergaulan si Kecil agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Energi yang Tidak Habis

Pada usia 5 tahun, si Kecil memiliki energi yang tidak habis-habisnya. Bunda mungkin akan melihat bahwa si Kecil menjadi sangat aktif dan melakukan aktivitas fisik sepanjang hari. Aktivitas fisik yang dilakukan oleh si Kecil bervariasi, mulai dari berlari-lari di dalam rumah, melompat-lompat, atau bermain sepeda. Aktivitas fisik ini sangat baik untuk perkembangan otak si Kecil. Namun, Bunda perlu mengawasi agar si Kecil tidak berlebihan dalam beraktivitas fisik dan menghindari cedera.

6. Mungkin Lebih Sering Melanggar Aturan

Di usia 5 tahun, si Kecil mungkin akan menunjukkan perilaku yang sedikit memberontak dan sering melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Bunda. Misalnya, si Kecil mungkin akan menolak untuk makan atau menyikat gigi ketika mandi. Jika Bunda menghadapi situasi seperti ini, penting untuk memberikan pendekatan yang tepat pada si Kecil. Jangan memaksa, tetapi berikan penjelasan singkat tentang manfaat dari aturan atau rutinitas yang perlu dilakukan agar si Kecil merasa nyaman dan tidak tantrum.

Baca Juga:  Tips Menggunakan Ruang Menyusui

Itulah 6 perubahan yang terjadi pada anak usia 5 tahun. Semua perubahan ini adalah bagian dari perkembangan normal si Kecil. Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, jadi tidak perlu khawatir jika si Kecil belum menunjukkan semua perubahan tersebut. Tetaplah memantau perkembangan si Kecil dan jika perlu, konsultasikan dengan dokter anak untuk mendapatkan informasi dan saran yang lebih spesifik.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com