8 Perlengkapan Melahirkan yang Wajib Dibawa



8 Perlengkapan Melahirkan yang Wajib Dibawa

Persiapan menjelang kelahiran adalah tahap penting yang harus dilakukan oleh seorang ibu. Mulai dari persiapan fisik hingga persiapan perlengkapan yang akan dibawa saat persalinan. Memiliki daftar perlengkapan yang lengkap dan terorganisir adalah kunci untuk memastikan segala sesuatunya berjalan lancar saat momen kelahiran tiba.

1. Popok Bayi Baru Lahir
Popok adalah salah satu perlengkapan penting yang harus dibawa saat persalinan. Popok khusus bayi baru lahir biasanya digunakan setelah ibu dan bayi diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Sebelum membeli, sebaiknya ibu menanyakan kepada rumah sakit apakah mereka menyediakan perlengkapan ini atau tidak.

2. Pakaian Ganti Bayi
Saat pulang dari rumah sakit, bayi akan membutuhkan pakaian ganti yang nyaman. Sebaiknya ibu menyiapkan dua pasang pakaian ganti sebagai pilihan. Pastikan memilih pakaian yang sesuai dengan cuaca dan nyaman untuk bayi, seperti baju lengan pendek atau panjang, celana panjang dengan atau tanpa tutup kaki, sepatu, dan kaus kaki.

3. Selimut Bayi
Selimut dengan bahan tipis dan lembut seperti katun sangat diperlukan sebagai perlengkapan tidur bayi. Selimut ini akan membantu bayi merasa hangat dan nyaman saat tidur. Pastikan selimut memiliki permukaan yang berlubang agar tidak menutupi wajah bayi.

4. Kereta Bayi atau Stroller
Kereta bayi atau stroller adalah perlengkapan yang sangat berguna untuk membawa bayi saat sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit. Jika ibu tidak ingin membeli, saat ini banyak tempat yang menyewakan stroller dengan harga terjangkau.

5. Celana Dalam, Bra Menyusui, dan Breast Pad
Setelah melahirkan, ibu perlu mempersiapkan diri untuk menyusui bayi. Celana dalam, bra menyusui, dan breast pad adalah perlengkapan yang harus ada. Breast pad adalah bantalan penyerap ASI yang diletakkan di antara bra dan payudara untuk mencegah rembesan ASI.

Baca Juga:  7 Manfaat Buah Naga untuk Bayi Tumbuh Optimal

6. Pakaian Ganti untuk Bunda
Selain perlengkapan bayi, ibu juga perlu mempersiapkan pakaian ganti untuk dirinya sendiri. Saat pulang dari rumah sakit, tubuh ibu mungkin belum sepenuhnya pulih dan kembali normal. Pilihlah pakaian yang nyaman dan muat untuk ibu, seperti baju yang digunakan saat trimester kedua atau daster yang longgar.

7. Alat Mandi
Selama menginap di rumah sakit, ibu juga perlu mempersiapkan alat mandi seperti handuk, sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi. Ini akan memudahkan ibu dalam menjaga kebersihan diri selama masa pemulihan setelah persalinan.

8. Gurita
Gurita adalah perlengkapan yang sangat berguna untuk ibu setelah melahirkan. Gurita digunakan dengan cara diikatkan pada bagian perut untuk membantu mengencangkan kembali perut yang kendur setelah persalinan. Jika ibu melahirkan secara caesar, sebaiknya menggunakan gurita setelah bekas jahitan di perut sudah tidak terlalu basah.

Itulah beberapa perlengkapan melahirkan yang wajib dibawa saat persalinan. Pastikan untuk mempersiapkan semua perlengkapan ini dengan baik agar momen kelahiran dapat berjalan lancar dan nyaman. Selamat menjalani proses persalinan dan selamat datang di dunia, si kecil!


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com