Pentingnya Mendapat Kebutuhan Vitamin C Per Hari yang Tepat

Pentingnya Mendapat Kebutuhan Vitamin C Per Hari yang Tepat

Sumber Vitamin C Terbaik

Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik yang dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Sebuah jambu biji ukuran sedang mengandung sekitar 125 mg vitamin C, yang setara dengan 140% dari kebutuhan harian Anda. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung berbagai nutrisi lainnya seperti protein, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, zinc, kalium, dan vitamin B kompleks.

Jeruk

Jeruk merupakan buah yang sangat populer dan juga kaya akan vitamin C. Sebuah jeruk ukuran sedang mengandung sekitar 70 mg vitamin C, yang sudah mencukupi sebagian besar kebutuhan harian Anda. Selain itu, jeruk juga mengandung nutrisi lain seperti protein, serat, zat besi, vitamin B6, vitamin D, vitamin B12, magnesium, dan lainnya.

Pepaya

Pepaya juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Sebuah mangkuk saji pepaya yang berisi sekitar 250 gram mengandung sekitar 90 mg vitamin C, yang sudah mencukupi sebagian besar kebutuhan harian Anda. Selain vitamin C, pepaya juga mengandung nutrisi lain seperti protein, serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin D, vitamin E, vitamin K, zat besi, zinc, magnesium, selenium, dan lainnya.

Kiwi

Kiwi merupakan buah yang memiliki rasa manis dan asam yang segar. Buah ini juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Sebuah kiwi berukuran sedang mengandung sekitar 64 mg vitamin C. Selain itu, kiwi juga mengandung nutrisi lain seperti protein, serat, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, zinc, fosfor, dan kolin.

Mangga

Mangga juga merupakan buah yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Setengah buah mangga berukuran sedang mengandung sekitar 65 mg vitamin C. Selain itu, mangga juga kaya akan serat dan fitokimia seperti karotenoid dan polifenol, yang memiliki potensi untuk menurunkan risiko kanker usus besar.

Baca Juga:  Jangan Terlewat, Ini Pentingnya Imunisasi Campak untuk Bayi

Stroberi

Stroberi adalah buah lain yang kaya akan vitamin C. Dalam sebuah mangkuk saji stroberi yang berisi sekitar 150 gram, terdapat sekitar 90 mg vitamin C. Selain itu, stroberi juga mengandung antioksidan tinggi berupa antosianin, yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Nanas

Nanas juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Sebuah buah nanas berukuran besar mengandung sekitar 79 mg vitamin C. Nanas juga mengandung bromelain, sebuah enzim pencernaan yang dapat membantu memecah protein dalam makanan, mengurangi perut kembung, dan berfungsi sebagai antiradang.

Lemon

Lemon juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Sebuah lemon utuh mengandung sekitar 80 mg vitamin C. Lemon juga mengandung antioksidan seperti serat dan zat fitokimia, yang penting untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda. Sebuah semangkuk brokoli mengandung sekitar 85 mg vitamin C. Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya seperti protein, serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin K, kalsium, kalium, fosfor, magnesium, dan sodium.

Kembang Kol

Kembang kol juga merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C. Sebuah semangkuk kembang kol mentah mengandung sekitar 60 mg vitamin C. Selain itu, kembang kol juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin B6, vitamin B12, vitamin D, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan natrium.

Bayam

Bayam juga merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C. Dalam sebuah semangkuk bayam, terdapat sekitar 8,5 mg vitamin C. Meskipun kandungan vitamin C pada bayam tidak sebanyak pada buah-buahan atau sayuran lainnya, bayam tetap mengandung berbagai nutrisi penting seperti serat, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium, dan zinc.

Baca Juga:  [7 Cara Belajar] yang Menyenangkan Selama Sekolah Online

Dengan mengonsumsi berbagai sumber vitamin C di atas, Anda dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda dan menjaga kesehatan tubuh Anda. Penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C secara teratur agar tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan gaya hidup yang sehat agar tubuh Anda tetap bugar dan berenergi sepanjang hari.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com