5 Penyebab Hamil Muda Tidak Mau Makan Nasi



5 Penyebab Hamil Muda Tidak Mau Makan Nasi

Hamil muda tidak mau makan nasi? Ternyata ada 5 penyebab yang menjadi faktor pemicunya. Yuk, ketahui penyebabnya supaya bisa diatasi dengan tepat.

Apa Penyebab Nafsu Makan Menurun Saat Hamil?

Untuk mengatasi hal ini, ibu harus mengetahui penyebab hilangnya nafsu makan saat hamil muda agar dapat menemukan jalan keluar yang tepat.

1. Mual

Menurut American Pregnancy Association, lebih dari separuh wanita yang hamil muda mengalami mual sehingga menyebabkan berkurangnya nafsu makan. Rasa mual yang umumnya terjadi di pagi hari membuat ibu malas sarapan yang mengakibatkan tubuh menjadi lemah sepanjang hari dan nafsu makan pun tak kunjung bangkit lagi. Umumnya rasa mual ini hilang saat kandungan menginjak usia 12 minggu, namun ada juga beberapa wanita yang terus mengalaminya hingga akhir masa kehamilan.

2. Perubahan hormon

Saat hamil muda, tubuh beradaptasi akan kehadiran embrio dengan meningkatkan produksi hormon progesteron yang membuat lapisan pada saluran uterus semakin tebal. Efek samping dari meningkatnya produksi hormon progesteron adalah melambatnya aktivitas sistem pencernaan yang membuat ibu kehilangan nafsu makan.

3. Penciuman sensitif

Pernahkah ibu merasa mual saat mencium bau tertentu ketika hamil muda? Indra penciuman yang semakin sensitif memang banyak dialami oleh ibu hamil yang menyebabkan hilangnya nafsu makan saat mencium aroma masakan tertentu. Jika ibu menyadari hal ini terjadi di awal kehamilan, segeralah temui dokter kandungan untuk mendapatkan solusi yang tepat agar pola makan tidak sampai terganggu.

4. Konstipasi

Banyak wanita yang hamil muda mengalami konstipasi karena peningkatan hormon progesteron dalam tubuh dan adanya asupan zat besi tambahan dari suplemen yang dikonsumsi. Konstipasi menyebabkan feses mengeras sehingga sulit dikeluarkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut yang membuat ibu jadi malas makan.

Baca Juga:  Bijak Memilih Makanan Selama Hamil

5. Tumbuhnya janin

Pada saat hamil muda, uterus yang menjadi tempat tumbuhnya janin menekan saluran pencernaan sehingga membuat perut terasa penuh walau tidak mengonsumsi makanan apapun. Semakin besar ukuran janin, tekanan terhadap saluran pencernaan juga semakin terasa sehingga membuat ibu kehilangan nafsu makan, sebab ketika perut terisi sedikit saja akan timbul rasa sakit, mual, dan bahkan bisa menyebabkan muntah.

Sekarang ibu sudah tahu kan, penyebab hilangnya nafsu makan saat hamil muda? Meski sedang tidak ingin mengonsumsi apapun, janin tetap membutuhkan asupan nutrisi untuk tumbuh kembangnya sehingga ibu harus tetap makan secara teratur. Jika nafsu makan tidak juga timbul setelah beberapa waktu, mintalah nasihat dokter agar ibu bisa kembali berselera menyantap hidangan bergizi untuk kesehatan calon anak yang dinanti.

Selama kehamilan, ibu memerlukan tambahan energi, protein, dan nutrisi penting lainnya untuk mendukung kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin yang sehat dan optimal. Selain mengonsumsi makanan bergizi, ibu juga perlu mengonsumsi susu ibu hamil yang mengandung tinggi DHA untuk mendukung perkembangan otak janin, 9 Asam Amino Esensial (AAE), yaitu protein penting yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus didapat dari makanan setiap harinya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal serta 9 nutrisi penting lainnya seperti tinggi asam folat, omega 3 (ALA), Omega 6 (LA), tinggi zat besi, serat pangan inulin, tinggi vitamin C, protein, tinggi kalsium, dan tinggi seng untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh ibu selama periode kehamilan.

Penyebab hilangnya nafsu makan saat hamil muda memang dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk tetap menjaga pola makan yang seimbang dan bergizi agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Selain itu, ibu juga perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan panduan makan yang tepat selama kehamilan.

Baca Juga:  Berikan Porsi Karbohidran yang Tepat Untuk Balita

Konsultasi dengan ahli gizi dapat membantu ibu hamil dalam merencanakan menu makan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi ibu dan janin. Ahli gizi juga dapat memberikan tips dan saran dalam mengatasi masalah nafsu makan yang menurun saat hamil muda. Dengan bantuan ahli gizi, ibu hamil dapat memperoleh informasi yang akurat dan dapat diandalkan mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi untuk mendapatkan panduan makan yang tepat selama hamil muda. Dengan menjaga pola makan yang seimbang dan berkualitas, ibu hamil dapat menjaga kesehatan diri sendiri dan janin yang dikandungnya. Semoga informasi ini bermanfaat dan ibu hamil dapat tetap sehat selama masa kehamilan.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com