Apa Itu Metode Glenn Doman? Yuk, Cari Tahu di Sini, Bu!

Apa Itu Metode Glenn Doman? Yuk, Cari Tahu di Sini, Bu!

Metode Glenn Doman merupakan sebuah metode pembelajaran yang dipercaya memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan anak. Dalam metode ini, anak diajarkan untuk membaca sejak usia dini dengan menggunakan kartu-kartu kata yang ditempelkan di dinding atau tempat-tempat yang mudah terlihat oleh anak. Metode ini dikembangkan oleh Glenn Doman, seorang ahli pendidikan asal Amerika Serikat.

Sebelum menerapkan metode ini, penting bagi kita untuk memahami secara lengkap mengenai apa itu metode Glenn Doman dan bagaimana cara menerapkannya dengan benar. Dalam artikel ini, kita akan membahasnya secara detail agar kita dapat mengambil keputusan yang tepat dalam menerapkan metode ini untuk anak-anak kita.

Pada tahap awal, kita perlu memahami apa itu metode Glenn Doman dan bagaimana cara kerjanya. Metode ini didasarkan pada prinsip bahwa anak-anak memiliki potensi yang besar untuk belajar sejak usia dini. Dengan memberikan rangsangan yang tepat, anak-anak dapat mengembangkan kemampuan membaca mereka sejak dini.

Salah satu hal yang menjadi fokus utama dalam metode ini adalah penggunaan kartu-kartu kata. Kartu-kartu ini berisi kata-kata yang ditulis dalam huruf-huruf besar yang jelas dan mudah dibaca oleh anak-anak. Kartu-kartu ini kemudian ditempelkan di dinding atau tempat-tempat yang mudah terlihat oleh anak-anak.

Dalam metode ini, kita perlu mengajarkan anak-anak untuk mengenal dan mengucapkan kata-kata yang ada di kartu-kartu tersebut. Kita dapat melakukannya dengan cara menunjukkan kartu-kartu tersebut pada anak-anak sambil mengucapkan kata-kata tersebut dengan suara yang jelas dan intonasi yang sesuai. Penting untuk diingat bahwa kita tidak perlu memberikan penjelasan lebih lanjut pada anak-anak mengenai kata-kata tersebut.

Baca Juga:  4 Ide Makanan Pengganti Nasi untuk Anak. Lezat dan Bernutrisi!

Pada tahap awal, kita perlu membatasi jumlah kata yang diajarkan kepada anak-anak. Glenn Doman menyarankan untuk menggunakan hanya 15 kata tunggal dalam metode ini. Pilihlah kata-kata yang akrab bagi anak-anak dan buatlah kartu-kartu tersebut dengan ukuran yang besar agar mudah terlihat oleh anak-anak.

Setelah anak-anak mengenal dan menguasai kata-kata tersebut, kita dapat melanjutkan ke tahapan selanjutnya dalam metode ini. Tahapan selanjutnya adalah mengajarkan anak-anak untuk membaca frasa atau kalimat sederhana. Kita dapat menggunakan kartu-kartu yang berisi frasa atau kalimat-kalimat sederhana yang mudah dimengerti oleh anak-anak.

Dalam metode ini, penting bagi kita untuk mengikuti prinsip bahwa pelajaran harus dibuat singkat dan dihentikan sebelum anak-anak ingin menghentikannya. Ini karena pada usia 18 bulan, anak-anak cenderung memiliki mobilitas yang tinggi dan sulit untuk berdiam diri dalam waktu yang lama.

Selain itu, dalam penerapan metode Glenn Doman, kita juga perlu memperhatikan asupan gizi anak-anak. Selama masa tumbuh kembangnya, anak-anak membutuhkan hormon pertumbuhan yang penting untuk perkembangan otak dan otot mereka. Salah satu zat yang penting untuk hormon pertumbuhan adalah 9AAE (9 Asam Amino Esensial).

Kekurangan 9AAE dapat berdampak negatif pada pertumbuhan anak-anak. Bahkan kekurangan 1 dari 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan anak hingga 34%, sedangkan kekurangan semua jenis 9AAE dapat menurunkan potensi tinggi badan hingga 50%. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan asupan gizi yang cukup, termasuk 9AAE, dalam makanan mereka.

Selain itu, kebutuhan akan DHA (Asam Docosahexaenoic) juga perlu diperhatikan dalam penerapan metode Glenn Doman. DHA adalah salah satu jenis asam lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak anak-anak. DHA tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri, sehingga penting bagi kita untuk memastikan bahwa anak-anak mendapatkan asupan DHA yang cukup melalui makanan.

Baca Juga:  Bu, Ini 11 Fakta Anak Pertama Perempuan dan Laki-laki

Dalam metode Glenn Doman, kita juga perlu memperhatikan perkembangan anak secara menyeluruh. Selain membantu anak-anak dalam hal membaca, penting juga bagi kita untuk memberikan rangsangan dalam bidang-bidang lain seperti matematika, sains, seni, dan sebagainya. Hal ini akan membantu anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Dalam penerapan metode Glenn Doman, konsistensi adalah kunci utama. Kita perlu meluangkan waktu setiap hari untuk melaksanakan sesi pembelajaran dengan anak-anak. Konsistensi dalam penerapan metode ini akan membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan membaca mereka dengan lebih baik.

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai apa itu metode Glenn Doman dan bagaimana cara menerapkannya dengan benar. Metode ini merupakan metode pembelajaran yang bermanfaat bagi perkembangan anak-anak, terutama dalam hal membaca. Dengan penerapan yang tepat dan konsisten, kita dapat membantu anak-anak kita untuk mengembangkan kemampuan membaca mereka sejak usia dini.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com