Menghadapi Review Pekerjaan, Apa yang Harus Dipersiapkan?


Pada artikel ini, kita akan membahas tentang persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghadapi review pekerjaan. Seperti yang kita ketahui, sebagai pribadi yang bekerja, kita tidak akan pernah lepas dari penilaian lingkungan. Penilaian itu bisa bersifat informal, seperti penilaian dari rekan kerja atau atasan, atau penilaian formal yang dilakukan melalui proses performance appraisal atau performance evaluation.

Dalam proses penilaian kinerja, mommies akan bertemu dan berdiskusi langsung dengan atasan. Oleh karena itu, persiapan yang matang sebelum bertemu dengan atasan sangatlah penting. Persiapan ini akan membantu mommies menghadapi sesi penilaian dengan lebih optimal dan mengoptimalkan hasil dari review pekerjaan tersebut.

Pertama-tama, mommies perlu memiliki sikap yang terbuka dalam menerima penilaian kinerja dari atasan. Keterbukaan ini akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi mommies dan juga proses penilaian secara keseluruhan. Dengan memiliki sikap yang terbuka, mommies akan lebih mampu menerima umpan balik atau masukan dari atasan. Mommy pun tetap bisa mengutarakan pendapat atas masukan atau rencana yang dibuat oleh atasan. Dalam menjalani sesi penilaian ini, mommies juga dapat mengutarakan pendapat atau saran terkait dengan masukan yang diterima.

Selanjutnya, sebelum bertemu dengan atasan, mommies juga perlu mengevaluasi kinerja pribadi mommies terkait dengan target yang telah ditetapkan. Evaluasi pencapaian pribadi ini akan sangat membantu mommies dalam mengembangkan keterbukaan akan masukan orang lain. Dengan mengevaluasi kinerja pribadi mommies, mommies juga dapat menyusun rencana tindak lanjutnya sebelum bertemu dengan atasan secara langsung. Dalam menyusun rencana tindak lanjut ini, mommies dapat mempertimbangkan masukan atau saran yang telah diterima dari atasan.

Selama bekerja, mommies tentu tidak lepas dari berbagai hambatan yang menghalangi pencapaian target kerja. Oleh karena itu, penting bagi mommies untuk mencatat hambatan-hambatan tersebut serta menyusun alternatif solusi yang dapat dilakukan. Dengan mencatat hambatan-hambatan ini, mommies tidak hanya menyampaikan masalah namun juga menyampaikan peluang perbaikan. Hal ini tentunya akan memberikan nilai tambah pada diri mommies sebagai pekerja. Dalam sesi penilaian ini, mommies dapat mengutarakan hambatan-hambatan yang dihadapi dan juga solusi-solusi yang telah disusun.

Baca Juga:  [10 Kesalahan] Pola Asuh Anak yang Wajib Dihindari Orang Tua

Terakhir, mommies juga perlu memikirkan dan menetapkan aspirasi serta minat pengembangan diri mommies. Setiap individu tentunya memiliki aspirasi dan keinginan untuk mengembangkan diri. Saat sesi penilaian kinerja, mommies dapat menyampaikan aspirasi dan minat pengembangan diri mommies baik dalam hal pengembangan karir maupun pengembangan diri lainnya. Dalam diskusi dengan atasan, mommies dapat mencari tahu langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai tujuan pengembangan diri tersebut.

Dalam menghadapi review pekerjaan, persiapan yang matang tentunya akan membantu mommies melewati proses tersebut dengan lebih baik. Namun, dalam melihat sesi penilaian kinerja, mommies juga perlu menyadari bahwa maksud dan tujuan dari review pekerjaan ini adalah untuk pengembangan diri di masa mendatang. Oleh karena itu, mommies perlu memiliki sikap yang positif dan menikmati sesi penilaian ini.

Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai persiapan yang perlu dilakukan sebelum menghadapi review pekerjaan. Persiapan ini meliputi memiliki sikap yang terbuka dalam menerima penilaian, evaluasi pencapaian pribadi, mencatat hambatan dalam bekerja, dan memikirkan serta menetapkan aspirasi dan minat pengembangan diri. Dengan melakukan persiapan yang matang sebelum bertemu dengan atasan, mommies akan lebih mampu menghadapi sesi penilaian dengan lebih optimal dan mengoptimalkan hasil dari review pekerjaan tersebut.

Artikel ini ditulis oleh Yuyun D. Sulistiani, seorang lulusan Psikologi Universitas Padjajaran yang berparas manis. Ia telah menjadi Senior Consultant di Experd sejak Tahun 2014 dan telah menyelami dunia HR sejak tahun 1997.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com