Manfaat Watercoloring Terutama di Kala Pandemi


Mengajak kita untuk slow down

Melukis atau mewarnai dengan cat air bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat kita melambat dan menenangkan pikiran kita. Di tengah pandemi yang penuh kecemasan dan ketidakpastian, seringkali kita merasa terjebak dalam rutinitas dan tekanan yang terus berpacu. Dengan melukis menggunakan cat air, kita diajak untuk melupakan sejenak semua kerungsingan yang ada dan fokus pada proses melukis itu sendiri.

Melukis dengan cat air membutuhkan pemikiran yang cermat dan konsentrasi yang tinggi. Kita harus memikirkan warna apa yang akan digunakan, bagaimana menggabungkan warna-warna tersebut, dan bagaimana menerapkan cat air dengan tepat di kertas. Semua hal ini membuat kita terpaksa untuk melambat dan memikirkan dengan lebih seksama setiap gerakan yang kita lakukan.

Proses melukis dengan cat air juga mengajarkan kita untuk menghargai setiap detail dan keindahan yang ada di sekitar kita. Kita belajar untuk melihat dengan lebih teliti dan memperhatikan setiap warna, bentuk, dan bayangan yang ada. Hal ini bisa menjadi pengingat bagi kita bahwa keindahan tidak hanya ada dalam hasil akhir, tetapi juga dalam setiap prosesnya.

Manfaat watercoloring adalah menemukan kreativitas di dalam diri

Seiring bertambahnya usia, seringkali potensi kreativitas kita sebagai orang dewasa terkubur di dalam rutinitas dan tuntutan kehidupan sehari-hari. Kita sibuk dengan pekerjaan, tanggung jawab keluarga, dan berbagai aktivitas lainnya, sehingga tidak ada waktu untuk mengembangkan kreativitas kita.

Namun, dengan melukis atau mewarnai menggunakan cat air, kita dapat menghidupkan kembali potensi kreativitas yang terkubur itu. Tidak perlu takut jika kita tidak memiliki kemampuan menggambar yang baik, karena kreativitas tidak mengenal batas atau aturan. Melukis dengan cat air memungkinkan kita untuk berekspresi dengan bebas dan menghubungkan kembali dengan jiwa artis yang ada di dalam diri kita.

Baca Juga:  Hal-hal yang Perlu Diperhatikan oleh Suami Sebelum Promil

Melukis atau mewarnai dengan cat air juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan emosi dan perasaan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Ketika kita melukis, kita dapat mengekspresikan apa yang ada di dalam hati kita melalui warna, bentuk, dan komposisi yang kita buat. Hal ini dapat membantu kita untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik dan menghadapi berbagai tantangan dalam hidup dengan lebih positif.

Teurapetik tapi fokus

Salah satu manfaat melukis atau mewarnai dengan cat air adalah efek terapeutik yang dapat kita rasakan. Ketika kita melukis, kita dapat merasakan rasa tenang dan rileks yang mengalir dalam diri kita. Proses melukis dengan cat air membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam menerapkan cat air di kertas, sehingga kita harus fokus pada setiap gerakan yang kita lakukan.

Namun, meskipun memberikan efek terapeutik, melukis atau mewarnai dengan cat air juga membantu kita tetap fokus pada tugas yang sedang kita lakukan. Ketika kita melukis, pikiran kita tidak teralihkan pada hal-hal lain, melainkan fokus pada gambar yang sedang kita buat. Hal ini dapat membantu kita untuk menghilangkan stres dan kecemasan yang ada dalam pikiran kita.

Merangsang sikap optimis

Melukis atau mewarnai dengan cat air bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Dibutuhkan ketekunan, kesabaran, dan kemampuan untuk menghadapi kegagalan demi kegagalan sebelum akhirnya mencapai hasil yang memuaskan. Namun, ketika kita berhasil membuat sebuah karya yang bagus, rasa bangga dan bahagia yang kita rasakan tidak tergantikan.

Ketika kita melihat hasil karya kita sendiri, kita merasa dihargai dan diakui atas usaha dan dedikasi yang kita berikan. Hal ini dapat meningkatkan harga diri kita dan memberikan dorongan untuk terus mengembangkan keterampilan melukis kita. Selain itu, hasil karya yang bagus juga dapat menginspirasi orang lain untuk mencoba melukis atau mewarnai dengan cat air dan mengembangkan keterampilan mereka sendiri.

Baca Juga:  Usia Ideal Anak Belajar Menulis & Membaca

Membangun kesehatan mental yang kuat

Melukis atau mewarnai dengan cat air dapat menjadi cara yang efektif untuk membangun kesehatan mental yang kuat. Ketika kita melukis, kita terlibat dalam aktivitas yang menyenangkan dan membuat kita merasa bahagia. Proses melukis dengan cat air dapat membantu kita untuk mengurangi stres, kecemasan, dan depresi.

Selain itu, melukis atau mewarnai dengan cat air juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan emosi dan perasaan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Ketika kita melukis, kita dapat mengekspresikan apa yang ada di dalam hati kita dengan bebas dan tanpa batasan. Hal ini dapat membantu kita untuk mengatasi berbagai masalah dan trauma yang kita alami dalam hidup.

Mengasah daya ingat

Melukis atau mewarnai dengan cat air dapat menjadi cara yang efektif untuk mengasah daya ingat kita. Ketika kita melukis, kita harus mengingat dan menerapkan berbagai teknik, warna, dan komposisi yang telah kita pelajari sebelumnya. Hal ini dapat mempertajam pikiran kita melalui proses visualisasi dan implementasi konseptual.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang sering menggunakan saluran kreatif, seperti menulis, melukis, mewarnai, dan menggambar, memiliki lebih sedikit kesempatan untuk mengembangkan penyakit Alzheimer ketika mereka bertambah tua. Melukis atau mewarnai dengan cat air dapat menjadi cara yang efektif untuk menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit-penyakit degeneratif yang terkait dengan penuaan.

Kesimpulan

Melukis atau mewarnai dengan cat air bukan hanya sekadar hobi atau kegiatan yang menyenangkan. Aktivitas ini memiliki banyak manfaat yang dapat kita rasakan, baik dari segi kesehatan mental maupun perkembangan kreativitas dan daya ingat kita. Melalui melukis dengan cat air, kita dapat membantu melambatkan pikiran kita, menemukan kreativitas yang terkubur di dalam diri kita, merasa lebih rileks dan bahagia, membangun kesehatan mental yang kuat, dan meningkatkan daya ingat kita. Jadi, tunggu apa lagi? Mari mencoba watercoloring dan rasakan sendiri manfaatnya!

Baca Juga:  6 Cara Efektif Mencegah Diare pada Bayi


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com