Manfaat Susu Bubuk Pertumbuhan bagi Kesehatan Tulang Anak

Manfaat Susu Bagi Masa Pertumbuhan Anak Kini dan Nanti

Manfaat susu bagi pertumbuhan tulang anak sangatlah penting. Susu mengandung nutrisi yang memberikan banyak manfaat penting untuk tumbuh kembang anak. Tulang anak sedang dalam masa pertumbuhan yang membutuhkan asupan gizi yang cukup untuk optimal. Salah satu manfaat susu yang tidak kalah penting adalah memperkuat kesehatan tulang anak.

Kesehatan tulang pada anak harus dijaga sejak dini. Sehingga perkembangan tulang anak semakin optimal di masa depannya nanti. Demi menjaga kesehatan tulang anak di masa pertumbuhannya, ibu-ibu harus menjaga kebutuhan kalsium harian anak, dengan rutin memberikan susu sebagai pelengkap nutrisi dalam membantu pertumbuhan tulang anak yang optimal. Namun, asupan makanan bergizi anak juga perlu dijaga.

Manfaat Susu Bagi Masa Pertumbuhan Anak Kini dan Nanti

Manfaat susu pada anak sebenarnya sudah dapat dirasakan sejak anak baru lahir. Dari ASI yang disarankan untuk dikonsumsi di usia 0-6 bulan, menjadi bukti bahwa susu termasuk ASI memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang anak. Manfaat susu ASI pada bayi sudah tidak perlu diragukan lagi, ASI mengandung banyak manfaat untuk perkembangan tulang anak usia 0-6 bulan. Setelah itu, kebutuhan nutrisi anak terus bertambah seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu, memasuki masa MPASI anak disarankan untuk diberikan asupan susu untuk pelengkap kebutuhan nutrisi tulang dan tumbuh kembangnya. Lalu, apa saja kira-kira manfaat susu bagi pertumbuhan anak kini dan nanti? Berikut ini beberapa manfaat susu untuk para ibu ketahui, agar bisa selalu mencukupi kelengkapan nutrisi untuk tumbuh kembang anak.

Manfaat Tulang dan Gigi Sehat

Manfaat susu yang pertama adalah baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Oleh sebab itu, susu dipercaya sebagai sumber kalsium terbesar untuk tubuh manusia terutama pertumbuhan anak-anak. Mengkonsumsi susu menjadi sebuah kewajiban untuk anak baru lahir hingga dewasa nanti. Hal tersebut karena kombinasi nutrisi yang terkandung dalam susu termasuk kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K2.

Semua nutrisi pada susu memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tulang anak kini dan nanti. Bahkan tidak hanya tulang yang terjaga kesehatannya, gigi juga turut ikut terjaga kesehatannya. Mengoptimalkan nutrisi tubuh tidak hanya dengan makanan bergizi, susu dinobatkan sebagai pelengkap nutrisi untuk tulang sehat anak kini dan nanti. Jadi, jangan ragu dengan manfaat susu sebagai nutrisi baik untuk mengoptimalkan kesehatan tulang anak.

Terhindar dari Penyakit

Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, manfaat susu juga dirasa dapat menjaga kesehatan jantung serta daya tahan tubuh anak. Minum susu ini dilakukan untuk menjaga tekanan darah tetap sehat dan mengurangi risiko stroke. Jadi, memang pada dasarnya susu tidak hanya dikonsumsi untuk anak-anak, namun orang dewasa juga dianjurkan untuk mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga:  Bu, Ini 7 Jenis Ruam Pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Menjaga daya tahan tubuh anak agar terhindar dari penyakit dengan memanfaatkan susu. Susu tidak hanya mengandung kalsium untuk tulang, tapi juga ada kandung susu yang menjaga kesehatan tubuh lainnya. Seperti, kandung protein pada susu dan vitamin-vitamin yang terdapat pada susu. Oleh sebab itu, anak yang rutin minum susu akan terjaga daya tahan tubuhnya dari penyakit yang tidak diinginkan.

Mendukung Kecerdasan Otak Anak

Manfaat susu selanjutnya adalah bisa mendukung kecerdasan otak anak. Kandungan DHA dan AA dalam susu, bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan perkembangan kecerdasan otak anak sejak dini. Tidak hanya DHA dan AA, nutrisi lain yang terdapat pada susu juga berguna untuk menjaga saraf otak anak untuk berkembang optimal sesuai dengan usianya. Namun, dengan begitu anak juga harus distimulasi dengan makanan bergizi yang dapat meningkatkan kinerja kecerdasan otaknya. Manfaat susu bisa sebagai pelengkap dalam menyempurnakan kecerdasan anak.

Membantu Mencegah Kenaikan Berat Badan

Manfaat susu berikutnya yaitu bisa mencegah berat badan berlebih pada anak. Susu mengandung berbagai komponen yang dapat berpartisipasi pada penurunan berat badan dan mencegah obesitas pada anak. Bunda-ibu tidak perlu khawatir dengan minum susu, anak menjaga kegemukan. Karena nutrisi kalsium pada susu mengurangi risiko obesitas yang lebih rendah pada anak. Selain itu, kalsium pada susu juga dapat meningkatkan pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh. Jadi, ibu-ibu pilihlah susu dengan kandungan yang pas untuk kebutuhan tumbuh kembang anak.

Anak Menjadi Lebih Aktif dan Kreatif

Kandungan gizi yang lengkap pada susu membuat banyak anak menyukai susu. Nah, jika susu dikonsumsi secara rutin selain sebagai pelengkap nutrisi gizi anak, tubuh si kecil juga akan terasa lebih bugar dan sehat. Dengan begitu, anak akan menjadi lebih aktif dan kreatif dalam kesehariannya. Anak-anak akan lebih inisiatif dalam berfikir kreatif dan aktif. Oleh sebab itu, anak akan lebih senang mengajak Ayah dan Bunda untuk bermain di luar atau beraktivitas lebih banyak dari biasanya. Hal tersebut adalah hal normal, karena anak sedang dalam masa pertumbuhan yang seharusnya sebagai orang tua mendukung kegiatan aktif dan kreatif anak. Tidak hanya dalam hal itu, dalam asupan gizi anak ayah dan Bunda juga harus perhatikan baik-baik. Seimbang antara pola makanan bergizi dan dilengkapi susu sebagai nutrisi tambahan. Jadi Bunda tak perlu ragu akan manfaat susu pada tumbuh kembang si Kecil.

Kandungan serta Manfaat Susu yang Baik untuk Anak

Baca Juga:  Manfaat Pijat Perineum

Selain itu, ada juga beberapa kandungan susu yang perlu ibu-ibu ketahui, agar manfaat susu untuk pertumbuhan tulang anak bisa sampai secara optimal. Berikut ini informasi kandungan susu untuk para ibu:

Kalsium
Kalsium adalah mineral dalam tubuh yang bertugas untuk mengoptimalkan kekuatan serta kepadatan tulang dan gigi anak. Sejatinya kalsium sudah dimiliki oleh setiap manusia dan akan diambil dari tubuh. Proses ini disebut dengan nama remodeling process atau proses renovasi tulang. Jika tubuh anak terus mengeluarkan sejumlah kalsium, tetapi asupan kalsium pada tubuh anak tidak optimal, tentu lama-kelamaan dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan tidak berkembang dengan sempurna. Untuk itu diperlukan asupan gizi yang kaya kalsium agar mencukupi kebutuhannya.

Sumber asupan gizi yang kaya akan kalsium tidak hanya dari makanan saja, susu juga merupakan salah satu sumber asupan kalsium yang paling besar untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak. Selain itu kalsium juga masih memiliki manfaat lainnya, yaitu untuk penghantar transmisi impuls saraf dan pembekuan darah. Yayasan Osteoporosis Amerika Serikat merekomendasikan untuk mengkonsumsi kalsium antara 1,000 hingga 1,200 mg per hari. Selain susu, sumber kalsium lainnya bisa ditemukan pada produk susu seperti yogurt dan keju.

Fosfor
Kandungan susu dikenal banyak memberikan manfaat untuk kebutuhan tulang anak. Oleh karena itu, dalam memilih susu terbaik untuk Anak, Bunda harus memilih susu dengan kandungan fosfor. Kandungan fosfor pada susu berguna untuk menyeimbangkan asam basa pada tubuh yang akan mendukung proses pembentukan struktur tulang dan gigi. Hal tersebut dibutuhkan agar tulang dan gigi anak mempunyai kadar kekuatan yang normal.

Zat baik fosfor yang terkandung pada susu ini, jika bertemu dengan zat baik lainnya seperti kalsium, makan akan terbentuk senyawa kalsium fosfat yang berperan besar dalam pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada anak. Jadi, jangan salah pilih yah Ayah dan Bunda. Kandungan susu dengan zat-zat baik seperti Fosfor ini harus menjadi prioritas Bunda dalam memilih susu pertumbuhan untuk Anak. Agar tulang dan gigi anak bisa tumbuh secara optimal.

Vitamin D
Manfaat susu selanjutnya adalah untuk kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin D di dalam susu. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari, tapi juga bisa ditemukan di berbagai sumber makanan lainnya, termasuk susu. Vitamin ini sangat dibutuhkan di masa-masa pertumbuhan anak, terutama untuk tulangnya. Bila tubuh kekurangan vitamin D, maka pertumbuhan pun jadi tidak berjalan dengan maksimal. Bahkan dalam kondisi sangat kekurangan vitamin D bisa menyebabkan penyakit rakhitis pada anak.

Rakhitis masih sering ditemui di negara-negara berkembang dan paling sering menyerang anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun. Ini adalah sebuah kelainan yang mengakibatkan tulang menjadi lemah dan lunak sehingga bentuk tulang bisa berubah dan menyebabkan pertumbuhan jadi terhambat. Vitamin D bekerja sama dengan kalsium dan fosfat dalam proses pertumbuhan tulang yang kuat dan sehat di masa tumbuh kembang anak. Selain rutin minum susu, Bunda juga sebaiknya memberikan berbagai jenis makanan sumber vitamin D. Diantaranya adalah hati sapi, kuning telur, salmon, tuna, makarel, sarden, minyak ikan cod, keju, yogurt, dan jamur kancing.

Baca Juga:  Kisah Sukses 4 Pejuang Diet Ketofastosis

Probiotik dan Prebiotik
Kandungan susu yang tak kalah penting untuk pertumbuhan anak adalah probiotik dan prebiotik. Probiotik adalah semacam jenis bakteri baik yang hidup secara alami di dalam usus manusia yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Manfaat susu yang terbilang sangat penting adalah adanya probiotik yang bisa memperkuat imunitas tubuh anak, melawan infeksi penyebab diare, dan mencegah gastroenteritis. Dengan begitu, probiotik ini banyak digunakan untuk mengobati penyakit diare kronis yang diderita anak-anak. Kandungan susu membantu jumlah probiotik di dalam usus tercukupi dalam menjaga kesehatan pencernaan, sehingga bisa berdampak baik pada pertumbuhan yang optimal pada anak.

Selain probiotik, ada juga prebiotik yang juga zat dalam kandungan susu yang baik untuk anak. Bedanya dengan probiotik, prebiotik merupakan senyawa natural dalam makanan yang tidak bisa dicerna oleh usus. Jadi, prebiotik ini berfungsi sebagai suplemen yang membantu pertumbuhan mikroorganisme baik pada sistem pencernaan. Jika mikroorganisme dalam tubuh sudah tercukupi, maka sistem pencernaan ikut sehat dan sekaligus meningkatkan penyerapan kalsium yang berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain di kandungan susu, prebiotic juga ditemukan di beberapa sumber makanan seperti bawang-bawangan, gandum, pisang, dan kacang polong.

Dengan mengetahui manfaat susu bagi pertumbuhan tulang anak, ibu-ibu diharapkan bisa memberikan asupan nutrisi yang baik untuk anak-anaknya. Memberikan susu sebagai pelengkap nutrisi adalah salah satu cara yang efektif untuk memastikan pertumbuhan tulang anak optimal. Selain itu, perlu diingat bahwa susu harus dikonsumsi secara rutin dan dalam porsi yang sesuai dengan kebutuhan anak. Dengan demikian, anak-anak akan tumbuh dengan tulang yang kuat dan sehat, serta terhindar dari berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan tulang.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com