Kenali Manfaat Kacang Merah Bagi Ibu Hamil dan Janin

Kenali Manfaat Kacang Merah Bagi Bunda Hamil dan Janin

Manfaat kacang merah bagi ibu hamil ternyata cukup banyak lho, Bu. Salah satunya adalah dapat mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Saat hamil, sangat penting bagi ibu untuk menjaga asupan kebutuhan nutrisi. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan tetap terjaga, serta mencegah ibu dan janin dari berbagai risiko gangguan kesehatan.

Berbagai pilihan makanan bisa dikonsumsi saat hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, salah satunya adalah kacang merah. Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi penting. Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat kacang merah, ada baiknya jika ibu lebih dulu mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Dalam seporsi kacang merah yang sudah dimasak (sekitar 100 gram), terkandung 100–130 kalori dan beragam nutrisi, seperti 7–8,5 gram protein, 20–25 gram karbohidrat, 5,5–7 gram serat, 0,5–1 gram lemak, 80–90 milligram (mg) kalsium, 6–7 miligram zat besi, 300–1.400 miligram kalium, 4,5–5 miligram vitamin C, dan sekitar 400 mikrogram (mcg) folat.

Selain kandungan proteinnya, manfaat kacang merah juga berasal dari berbagai nutrisi yang mendukung berbagai fungsi fisiologis yang penting bagi kesehatan. Kacang merah kaya akan nutrisi penting lainnya seperti serat, zat besi, magnesium, fosfor, dan vitamin B9 (asam folat).

Berikut ini adalah berbagai manfaat kacang merah yang bisa diperoleh ibu hamil untuk mendukung kesehatan dan perkembangan janin.

1. Mengandung protein yang baik bagi ibu hamil
Protein sangat berperan penting dalam tumbuh kembang janin, kandungan ini yang menjadi manfaat kacang merah bagi ibu hamil. Satu setengah cangkir kacang merah, sudah bisa memenuhi kebutuhan protein untuk ibu hamil. Selain itu, manfaat kacang merah juga muncul karena adanya protein nabati yang membantu mengoptimalkan daya tahan tubuh dan memerangi berbagai penyakit dan infeksi selama kehamilan. Sehingga dengan mengonsumsi kacang merah selama kehamilan, tubuh ibu bisa lebih kuat melawan infeksi dan penyakit yang rentan menyerang selama kehamilan.

Baca Juga:  [3 Jenis] Gaya Belajar yang Menyenangkan Selama Anak di Rumah

2. Mendukung perkembangan saraf dan otak janin
Manfaat kacang merah selanjutnya berasal dari kandungan folat yang berada di kacang ini. Folat yang juga dikenal dengan vitamin B9 ini berperan penting dalam menunjang pembentukan dan perkembangan saraf dan otak janin. Folat juga penting untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada saraf dan otak janin, seperti spina bifida. Selain mengandung folat, kacang merah juga mengandung kolin yang berperan penting dalam menunjang perkembangan otak janin.

3. Mencegah anemia
Zat besi, folat, dan vitamin B12 merupakan jenis nutrisi penting yang berperan dalam produksi sel darah merah. Kandungan ini semua ada di dalam kacang merah yang menjadi manfaat kacang merah berikutnya. Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil akan memproduksi lebih banyak darah untuk menunjang kebutuhan nutrisi janin serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan berbagai organ tubuhnya. Oleh karena itu, ibu hamil perlu tambahan asupan zat besi, folat, dan vitamin B12 agar jumlah sel darah merah yang dihasilkan tercukupi. Kekurangan zat besi, folat, dan vitamin B12 bisa menyebabkan produksi sel darah merah dalam tubuh menjadi berkurang. Akibatnya, tubuh menjadi kekurangan darah dan berisiko terserang anemia.

4. Mendukung pertumbuhan jaringan dan organ tubuh janin
Kacang merah banyak mengandung protein, kalsium, dan karbohidrat kompleks yang menjadikan manfaat kacang merah berikutnya. Nutrisi tersebut berperan penting dalam pembentukan jaringan dan organ tubuh janin. Kalsium pada kacang merah juga berperan penting dalam membentuk jaringan tulang dan gigi janin, serta memastikan tulang ibu hamil tetap sehat dan kuat.

5. Menjaga tekanan darah tetap stabil
Manfaat kacang merah lainnya adalah menjaga tekanan darah tetap stabil. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan kalium yang cukup tinggi di dalam kacang merah. Kalium merupakan mineral yang berperan dalam mengatur tekanan darah agar tetap normal dan mengatur irama detak jantung. Kekurangan kalium selama masa kehamilan diketahui dapat menjadi salah satu penyebab ibu hamil merasa cepat lelah, lemas, atau bahkan mengalami masalah pada irama jantung.

Baca Juga:  Mitos yang Dipercaya Bisa Menentukan Jenis Kelamin Anak

6. Mengontrol gula darah
Manfaat kacang merah yang tak kalah penting yaitu dapat mengontrol gula darah dalam tubuh agar lebih stabil. Ini karena kacang merah memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengendalikan kadar gula darah dan efektivitas fungsi kerja insulin di dalam tubuh. Namun, ibu disarankan untuk merebus kacang merah sendiri agar manfaat kacang merah semakin optimal, serta hindari konsumsi kacang merah yang berbentuk kalengan karena biasanya mengandung garam yang cukup tinggi.

7. Mencegah pertumbuhan sel kanker
Manfaat selanjutnya dari kacang merah yaitu dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker, salah satunya adalah kanker usus besar. Manfaat ini berasal dari kandungan serat di dalamnya yang penting untuk menjaga kesehatan usus besar. Selain serat, manfaat ini juga berasal dari kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kacang merah.

Meskipun menyimpan banyak manfaat, tetapi kacang merah juga bisa memicu pembentukan gas berlebih pada usus. Gas ini bisa menyebabkan perut kembung dan terasa tidak nyaman. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi kacang merah sesuai batas normal dan tidak berlebihan.

Seberapa Penting Kandungan Protein Kacang Merah?

Seperti yang telah disebutkan, manfaat kacang merah bisa didapatkan berkat kandungan protein di dalamnya. Protein merupakan zat gizi makro yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Itulah sebabnya, ibu perlu mencukupi kebutuhan protein secara tepat.

Namun, yang perlu ibu ketahui bahwa protein di dalam kacang merah termasuk protein nabati, yaitu protein yang berasal dari tumbuhan. Artinya, protein nabati tidak mengandung asam amino esensial yang lengkap jika dibandingkan protein hewani. Padahal, asupan asam amino esensial harus dipenuhi dalam jumlah yang lengkap agar kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang janin tetap terjaga.

Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Alat Musik dari Barang Bekas di Rumah

Sedangkan, asupan asam amino esensial yang lengkap terdapat dalam sumber makanan protein hewani, seperti susu, telur, ikan, daging merah, dan daging putih. Asam amino esensial merupakan bentuk sederhana dari protein yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Asupan asam amino esensial sangat penting karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri, sehingga membutuhkan asupan protein hewani secara optimal.

Oleh karena itu, protein hewani lebih penting dibandingkan protein nabati yang terkandung di dalam kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Meskipun begitu, bukan berarti manfaat kacang merah tidak berguna bagi ibu hamil. Manfaat kacang merah dan jenis kacang-kacangan lain sangat dibutuhkan bagi ibu hamil karena mengandung beragam nutrisi penting lainnya, seperti zat besi, vitamin B9 (asam folat), serat, serta beragam vitamin dan mineral lain.

Selama masa kehamilan, ibu membutuhkan asupan zat besi dan vitamin B9 (asam folat) yang memadai karena kedua jenis nutrisi ini berperan penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang janin. Itulah sebabnya, ibu perlu mencukupi asupan nutrisi yang seimbang dari beragam variasi makanan sehat dan bergizi.

Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com