Manfaat Calendula untuk Kulit dan Produk Rekomendasinya


Calendula, bahan alami yang sering digunakan dalam produk skincare, memiliki banyak manfaat untuk kulit. Bunga calendula, yang merupakan perpaduan antara bunga marigold dan bunga matahari, telah digunakan dalam berbagai jenis produk skincare belakangan ini. Klaimnya pun bermacam-macam, termasuk kemampuannya untuk memperbaiki kulit yang bermasalah. Namun, sebelum memilih produk skincare yang mengandung calendula, penting untuk mengetahui manfaat apa saja yang dimiliki oleh bahan alami ini.

Salah satu manfaat calendula yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk mengatasi jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Menurut laporan dari SehatQ.com, minyak calendula dapat membantu mengatasi dan mencegah jerawat. Minyak calendula juga mengandung senyawa antiradang dan antioksidan yang dapat membantu menjaga kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Anda dapat menggunakan minyak calendula dalam bentuk pembersih wajah, krim, atau masker wajah untuk mengatasi jerawat dan peradangan pada kulit.

Selain itu, calendula juga dapat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari. Sebuah studi laboratorium yang dilakukan oleh Journal of Young Pharm pada tahun 2012 menemukan bahwa minyak calendula memiliki kandungan SPF sebagai campuran krim. Meskipun demikian, masih perlu lebih banyak bukti untuk mendukung klaim ini, dan sebaiknya tidak menggunakan krim atau minyak calendula sebagai pengganti sunscreen. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan produk sunscreen yang mengandung calendula untuk mendapatkan perlindungan terhadap sinar matahari.

Manfaat lain dari calendula adalah kemampuannya untuk membuat kulit terlihat halus, bercahaya, dan segar. Kelopak bunga calendula dan ekstraknya dapat membantu kulit melawan tanda-tanda awal penuaan, seperti kulit kusam, garis-garis halus, dan warna serta tekstur kulit yang tidak merata. Banyak brand skincare yang menggunakan puluhan bahkan ratusan potongan kelopak bunga calendula dalam produknya karena diyakini dapat memberikan manfaat ini pada kulit.

Baca Juga:  Rekomendasi Skincare Dengan Kandungan Kolagen, Cocok Untuk Umur 40-an

Setelah mengetahui manfaat calendula, Anda mungkin tertarik untuk mencoba produk skincare yang mengandung bahan alami ini. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk skincare dengan calendula:

1. Kiehl’s Calendula Deep Cleansing Foaming Wash
Produk ini memiliki formula gel tanpa sabun yang krimi dan menghasilkan busa yang padat ketika dicampur dengan air. Produk ini aman digunakan bahkan untuk kulit sensitif. Mengandung dua surfaktan berbasis asam amino dan sayuran yang efektif membersihkan kulit dengan lembut, serta gliserin yang membantu mengembalikan kelembapan kulit.

2. The Aubree Botanical Calendula Toner
Salah satu brand lokal yang terkenal dengan harga yang terjangkau dan sering dianggap sebagai produk favorit. Toner ini berfungsi melembapkan kulit setelah dibersihkan dan mempersiapkan kulit untuk menyerap produk skincare lainnya secara optimal. Selain mengandung kelopak bunga calendula, juga mengandung sodium hyaluronate, allantoin, dan sodium PCA yang membuat kulit terasa lebih segar dan kenyal.

3. Skinoia Calendula Light Cleansing Oil
Selain ekstrak calendula, produk ini juga mengandung minyak apricot, minyak almond, minyak kedelai, dan minyak blackcurrant. Produk ini cocok untuk pemilik kulit sensitif karena tidak memerlukan penggunaan kapas yang biasanya dapat menyebabkan gesekan pada kulit wajah. Selain itu, produk ini juga memberikan kelembapan, tidak menyumbat pori-pori, dan efektif mengangkat kotoran dan makeup yang tahan air.

4. Bloomka Sugar Cane + Calendula Exfoliating Face Toner
Brand lokal ini terkenal dengan produk skincare berbahan alami yang efektif digunakan dan mendapat banyak review positif. Jika Anda sedang mencari exfoliating toner, produk ini layak dicoba. Mengandung AHA dan bahan-bahan alami seperti bilberry, sugar cane, orange, lemon, sugar maple, serta calendula yang memberikan efek soothing pada kulit. Produk ini aman digunakan setiap hari.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Melahirkan di Rumah Sakit Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat

Itulah beberapa rekomendasi produk skincare dengan calendula. Dengan menggunakan produk yang mengandung bahan alami ini, Anda dapat memperoleh manfaat yang baik untuk kulit Anda. Namun, ingatlah untuk selalu melakukan tes pada kulit Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan produk baru, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif atau cenderung alergi. Selalu perhatikan juga instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan produk. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dalam memilih produk skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.


Subscribe, follow lembarkerjauntukanak.com